6 Rumah Makan Soto Di Kota Medan Yang Enak dan Perlu Di Coba

Posted on

Kuliner soto yang ada di kota Medan mempunyai ciri khas tersendiri jika Anda membandingkan dengan daerah – daerah yang lain di luar kota Medan. Ciri khas tersebut dapat terlihat dari kuah dan kekentalan serta aromanya yang luar biasa. Begitu juga dengan kelembutan daging mulai dari daging ayam, daging sapi, paru, dan babat. Keseruan dan sensasi makan soto akan semakin menjadi saat dicampur dengan beberapa makanan pendamping seperti emping, perkedel, dan sate kerang atau sate jengkol.

Mulai dari anak-anak sampai dengan orang dewasa dan orang tua suka dengan kuliner yang bernama soto ini. Bahkan sebagian dari mereka menjadikan soto sebagai menu pengganti makan pagi (sarapan). Uniknya soto yang ada di kota Medan tidak hanya dikonsumsi oleh orang Medan itu sendiri. Banyak para pendatang dari luar kota Medan yang berburu kuliner soto di tempat-tempat yang terkenal.

Harga per porsi atau satu mangkuk soto pun beraneka ragam mulai dari Rp10.000 sampai dengan Rp30.000. Sedangkan untuk membelinya, Anda bisa makan langsung di tempat atau beli dan bawa pulang dan bisa juga pesan antar (delivery) memakai sarana transportasi darat modern yang bernama ojek online (ojol).

Baiklah langsung saja kita perkenalkan satu persatu dimana saja makanan soto yang enak di kota Medan. Berikut informasinya.

1. Soto Haji Anwar Sulaiman

Menu Soto yang biasa di pesan oleh konsumen pada warung soto Haji Anwar Sulaiman (Google Image)

Warung ini beralamat di jalan Brigjen Katamso Nomor 43 buka mulai pukul 7.00 pagi dan tutup sampai dengan pukul Jam 21.00 malam.

Jika Anda menemukan sop atau kuahnya di warung soto lain yang begitu kental, beda dengan soto di Haji Anwar Sulaiman ini. Di mana menu sotonya mempunyai kuah yang bening. Meski bening namun rasanya begitu terasa dilidah. Ditambah lagi dengan dagingnya yang lembut dan teksturnya yang pas. Selain soto paru dan daging tersedia pula soto ayam dan soto udang. Untuk harga perporsinya mulai dari rp 17.000.

Loading...

Alasan kenapa sotonya mempunyai warna yang bening adalah karena memang soto disini tidak memakai santan sebagaimana lazimnya. Dipastikan Anda akan puas dan akan membeli kembali lagi kemari.

Baca: Tempat Makan Lontong Enak di Medan

2. Soto RM Sinar Pagi

Paket soto yang tersedia di RM Sinar Pagi dengan harga special (tripadvisor)

Soto di sini terkenal enak karena memang Rumah Makan Sinar pagi ini sebuah rumah makan Yang Legenda. Jika jika warna kuah soto Haji Anwar bening maka warna kuah soto Rumah Makan Sinar pagi ini berbeda yaitu berwarna kuning kehijau-hijauan. Hal ini disebabkan campuran dari santan dan rempah. Warna yang begini sangat membuat perut Langsung keroncongan.

Alamat Rumah Makan Sinar Pagi di Jalan Deli Nomor 2D Kecamatan Medan Barat, Kota Medan. Buka mulai pukul 7.00 pagi sampai dengan jam 15.00 sore hari.

Menu soto yang bisa Anda nikmati di sini adalah soto daging sapi, soto daging ayam, dan soto babat. Kemudian Anda juga bisa menikmati soto dengan makanan pendamping seperti perkedel, rempeyek dan dan makanan cemilan lainnya.

3. Soto Kesawan

Penampakan warung soto Kesawan di salah satu tempat diambil fotonya oleh netizen (makanmana)

Rumah makan yang terletak di Jalan Ahmad Yani atau berdekatan dengan beberapa kantor pemerintahan ini menyajikan makanan menu soto yang lezat dan ramai dan pengunjung. Soto yang khas adalah soto udang meski begitu juga tersedia soto dalam bentuk lainnya seperti daging sapi. Banyak pejabat yang datang kemari karena letaknya yang strategis.

Loading...

Anda bisa makan ditempat, bawa pulang atau juga bisa pesan antar.

Yang khas di sini adalah soto udangnya dibandingkan dengan soto – soto yang lain. Kuah sotonya tidak terlalu kental dan juga tidak terlalu encer. Inilah yang membedakan dengan soto lainnya intinya. Anda tidak akan lengkap jika ke Medan namu tidak menikmati soto udang Kesawan yang legendaris ini.

Berapa harga soto di kesawan? Menurut pengakuan pengunjung yang datang kemari, soto campur udang dengan daging cukup membayar Rp35.000 saja.

4. Soto Bilal

Nasi putih dan perkedel menemani soto siap untuk disantap di warung Soto Bilal (Medanfoodblog)

Soto Bilal ini bisa disebut letaknya dipinggir kota karena berbatasan dengan wilayah kabupaten Deli Serdang. Tepatnya di jalan Bilal Ujung nomor 181, Kecamatan Medan Timur, kota Medan, propinsi Sumatera Utara. Meski letaknya dipinggir kota Medan, namun untuk rasa bisa diadu dengan soto yang lain. Tersedia soto daging ayam, soto daging sapi, soto paru dan soto babat. Disantap dengan menu sampingan seperti sate dan pergedel serta cemilan emping rasanya semakin tiada tara.

Harga per porsinya mulai dari Rp20.000 sampai dengan Rp30.000. Usaha warung Soto Bilal meski tidak selama Soto yang lain, namun dapat dibilang sudah lintas generasi juga.

Baca: Minuman Khas Medan

Loading...

5. Soto Medan 1930

Sajian soto siap untuk dimakan di warung Soto Medan 1930 (Tasteatlas)

Warung Soto Medan 1930 ini beralamat di jalan Riau no 46 Gang Buntu, Kecamatan Medan Timur, Kota Medan, dibawah wilayah propinsi Sumatera Utara. Sejauh ini banyak pengunjung datang karena rasanya yang enak.

Merk 1930 dibuat adalah karena memang sotonya berdiri sejak tahun 1930. Jadi memang sudah cukup lama berdiri dan melayani para konsumen.

Yang unik di warung ini adalah kuahnya yang berwarna kuning kecoklatan. Ditambah lagi dengan aroma kapulaga yang terasa kuat dan dagingnya sendiri yang lembut sehingga lahap untuk disantap.

6. Soto Medan Srik

Tampak dari samping warung Soto Srik (Analisa)

Warung Soto ini beralamat di jalan Kolonel Yos Sudarso Pulo Brayan Kota Kecamatan Medan Barat Kota Medan Sumatera Utara.

Bedanya dengan soto – soto yang sebelumnya kita sampaikan, warung soto ini tidak begitu populer di internet. Apa karena tidak banyak pengguna internet yang mempublikasikannya di sosial media atau karena yang punya usaha tidak mempromosikannya komunikasi daring. Meski begitu komentar-komentar singkat yang ada di Google Map itu menyatakan bahwa rasa dari suatu ini lumayan enak dan Anda silahkan untuk mencobanya jika penasaran. Untuk harga yang pasti lebih murah dibandingkan dengan kuliner Medan yang lagi hits.

Jika nanti Anda mencobanya jangan lupa sampaikan testimoni di sosial media guna membantu warung soto ini lebih dikenal banyak orang.

Loading...

Baca: Tempat Nongkrong di kota Medan yang Murah

Untuk menemukan soto yang enak dan sesuai dengan lidah rasanya tidaklah sulit untuk sekarang ini. Media sosial banyak mengabarkan tempat kuliner atau rumah makan yang menyediakan soto enak di kota Medan. Yang jadi masalah adalah anggaran yang tidak semua orang sama. Untuk mereka yang suka dengan harga mahal tidak akan jadi masalah bagi kalangan menengah keatas. Sedang bagi mereka yang ekonomi dibawah menengah akan berpikir ulang untuk bisa makan soto di tempat berkelas atau warung soto yang di jual di lokasi strategis.

Terlepas dari semua itu, Anda sebagai pemburu kuliner yang akan memutuskan, mau makan soto di rumah makan yang mana. Selain halal, harus menyesuaikan dengan kemampuan ekonomi.

Khusus pendatang, Anda bisa jelajahi kuliner Medan dengan sewa bus pariwisata Medan atau rental mobil Medan sesuai dengan jumlah rombongan Anda.

Loading...

Leave a Reply