Pesona 5 Pakaian Adat Mandailing, Penjelasan serta Gambar

Posted on

Pesona 5 Pakaian adat mandailing sangat menarik jika kita lihat. Banyak di gunakan pada saat acara tertentu seperti acara pernikahan, penyambutan tamu dan lain sebagainya. Sama seperti kebanyakan daerah lainnya di tanah air. Pakaian adat merupakan simbol majunya suatu suku dalam berbusana. Biasanya pakaian adat ini akan di hiasi dengan berbagai pernah pernik lainnya. Seperti mahkota, kalung, gelang dan berbagai accesoris lainnya.

Bagi kamu yang pernah melihat prosesi pernikahan adat Mandailing pastinya sangat terkesan dengan pakaian yang di kenakan oleh mempelai wanita. Memang dalam suku apapun pakaian adat wanita pasti di buat sangat cantik dan indah untuk memperindah si pemakai pakaian tersebut. Terlebih lagi apabila yang mengenakan itu adalah anak dari raja atau bangsawan yang memiliki pengaruh di suku tersebut.

Maka makin banyaklah assesoris tambahan berupa emas, atau perak dan mahkota yang di kenakan oleh mempelai wanitanya. Namun ternyata tidak hanya untuk prosesi itu saja. Penyambutan tamu kehormatan kerajaan biasanya juga di tampilkan tarian khas daerah tersebut. Tentu saja para penari akan menggunakan pakaian adat khas Mandailing yang sudah di persiapkan untuk setiap acara – acara istimewa tersebut.

Inilah nama pakaian adat Mandailing serta penjelasannya dan gambarnya :

1. Baju Godang

Baju Godang (modelbaju.id)

Baju pengantian pria mandailing berbentuk jas tutup berlengan panjang dan terbuat dari bahan beludru. Warna pakaian penagntian pria ini bisa bewarna hitam ataupun merah.  Biasanya masyarakat menyebut pakaian pengantin pria ini dengan sebutan baju godang atau baju kebesaran. Baju godang berpasangan dengan celana panjang berwarna senada dengan bajunya.

2. Kain Sesamping

Kain Sesamping via tokopedia

Kain sesamping adalah kain yang dibelitkan pada pinggang sampai lutut untuk menyempurnakan tampilan pakaian pengantin pria pada adat mandailing. Kain Sesamping biasanya terbuat dari songket atau tenun dengan motif khas mandailing. sebagai pelengkapnya akan digunakan ikat pinggang warna keemasan atau disebut Bobar .

Loading...

3. Ampu

Ampu via Bukalapak

Dahulu kala ampu ini adalah mahkota yang biasa dipakai oleh raja mandailing. Ampu memiliki bentuk yang unik dan terbuat dari kain beludru bewarna hitam. Warna hitam dan emas pada ampu memililki makna filosofis tersendiri. Warna hitam pada Ampu erat kaitannya dengan fungsi magis. Sementara ornamen warna emas mengandung lambang kebesaran dan keagungan orang yang memakainya. Saat ini Ampu menjadi pelengkapan tampilan pengantin pria pada adat mandailing.

4. Baju Pengantin Wanita Mandailing

Baju Pengantin Wanita Mandailing via mindalubis.com

Baju pengantin wanita pada adat mandailing disebut dengan baju bulang. Baju bulang terdiri dari pakaian kemeja perempuan bewarna hitam atau merah yang terbuat dari bahan beludru. Kemeja ini akan dipadukan dengan kain songket sebagai rok atau bawahannya. Penamaan baju bulang itu sendiri dikaitkan dengan jenis hewan yang disembelihpada saat menjelang pesta adat pernikahan. 

Baju bulang ini juga menjadi lambang kebesaran dan kemuliaan sekaligus simbol dari status sosial seseorang, maka hiasan pada kening dan kepala pengantin wanita yang disebut ini memiliki aturan atau tingkatan teretentu. Bulang terdiri dari tiga macam, masing-masing bertingkat tiga disebut bulang barbo atau kepala kerbau, bertingkat dua atau disebut bulang bambeng (bulang kambing) dan tidak bertingkat.

5. Selendang

Selendang via tokopedia

Pakaian adat wanita mandailing akan dilengkapi dengan Aksesori berupa selendang yang diletakkan memanjang dari leher hingga kepinggang atau dari dada hingga kepinggang yang diletakkan secara menyilang. Selain itu untuk menambah semarak pada pakaian adat mandailing diberi aksesoris lain seperti gelang dan kuku yg terbuat dari bahan logam ringan.

Bagaimana cantik bukan? Nah setiap orang yang memakainya tidak harus orang Mandailing, apabila kamu berkunjung ke daerah Mandailing untuk liburan atau bertamu kamu bisa kok mencoba pakaian adat tersebut. Yah untuk sekedar foto shoot ataupun untuk di posting di instagram kamu pastinya seru deh. Apalagi bersama teman-teman berasa menjadi ratu deh.

Namun hal ini juga bisa kamu dapatkan bila misal kamu menikah dengan orang yang besuku Mandailing, karena suku Mandailing terkenal lekat dengan adat istiadat. Jadi pas nikahan kamu akan di suruh mengenakan pakaian adat Mandailing ini. Tapi walaupun demikian pakaian ini juga bagus jadi kamu jangan khawatir kalau pakaian ini tidak cocok dengan kamu.

Loading...

Karena pakaian ini bisa di variasikan dengan baju ataupun pakaian yang kamu pakai sekarang. Misal kamu pakai jilbab, nah kamu tidak perlu melepas jilbab kamu cukup di pakaikan mahkota dan selendang maupun aksesoris tambahan lainnya. Jadi kamu bisa tetap stylis walaupun dengan menggunakan pakaian adat daerah Mandailing.

Itulah tadi pakaian adat dari Mandailing yang bisa kamu ketahui, masih banyak informasi tentang suku Mandailing di website kami. Nah untuk mencari tahu lebih dalam tentang suku Mandailing kami telah menyiapkan di artikel sebelumya 5 bagian rumah adat Mandailing. Silahkan kunjungi dan bagikan jika menurut kamu bermanfaat.

Loading...

Leave a Reply