7 Nama Rumah Adat Sumatera Barat, Gambar dan Penjelasannya

Posted on

Nama rumah adat yang ada di Sumatera Barat merupakan bagian dari aset budaya Indonesia. Provinsi yang beribukotakan Padang ini mempunyai banyak sekali rumah – rumah khas tradisional yang sejatinya adalah warisan dari para leluhur di masa yang lampau. Banyak keunikan yang dimiliki oleh rumah – rumah adat tersebut, mulai dari warna, desain bahan – bahan yang digunakan untuk membuatnya, dan kegunaan daripada rumahnya.

Bicara tentang nama – nama rumah adat Sumatera Barat maka kita akan mengkoleksi beberapa rumah yang berasal dari daerah kabupaten kota yang ada. Apakah rumah itu berasal dari Bukittinggi, Pasaman, Padang Pariaman, Solok dan lain-lain.

Jadi, bisa saja bahasannya mencakup tentang rumah yang ada di Padang atau daerah kabupaten/kota yang termasuk dibawah wilayah propinsi Sumatera Barat. Jika tertulis rumah adat Padang, maka sudah mencakup semua daerah. Karena Padang adalah ibu kota Sumatera Barat. Namun beda halnya jika terkhusus kota Padang saja. Kedudukannya sama, mau dari Padang atau dari daerah kabupaten/kota yang lain. Sama – sama termasuk kebudayaan Indonesia dan harus kita kenali bersama.

Gambar dan penjelasan mengenai rumah adat Sumatera Barat ada yang lengkap namun ada juga yang masih butuh referensi atau rujukan lebih lanjut. Karena tidak semua bahan – bahan yang ada di publikasikan pada sarana komunikasi daring. Masih banyak yang masih terdokumentasi didalam buku dan jurnal edisi cetak.

Selain terkenal dengan makanan khas Sumatera Barat, daerah yang disebut Ranah Minang ini juga mempunyai banyak destinasi destinasi wisata yang terus mendapat perhatian dari para turis dan salah satu dinasti wisata itu adalah rumah adat Sumatera Barat, contohnya Rumah Gadang Pagaruyung.

Semoga saja rumah – rumah adat yang ada di Sumatera Barat ini terus mendapat perhatian dari berbagai pihak khususnya lembaga pemerintahan yang memang sudah selayaknya melestarikan menjadi sebuah cagar budaya. Tidak bisa dinilai dengan harta atau materi keberadaan cagar budaya ini.

Loading...

Bagi Anda yang ingin mengetahui apa saja nama – nama dari rumah adat Padang Sumatera Barat, berikut kami sampaikan informasinya.

1. Ganjong Sibak Baju

Ganjong Sibak Baju via Researchgate

Rumah tradisional Sumatera Barat ini memiliki ciri khas tersendiri yakni pada ciri pengukiran yang persis Sibak Baju atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan belahan baju. Hanya saja pada bangunan dasarnya tetap mengacu pada desain rumah Gajah Maharam.

2. Gonjong Anam

Rumah adat ini sejatinya berupa bentuk dasarnya adalah bangunan dari rumah gajah maharam yang telah mendapat perubahan dan kemudian diperkaya dengan ukiran – ukiran artistik. Dari bangunan ini kesan yang dimunculkan adalah bangunan beranjung padahal berdasarkan pengakuan tidaklah demikian.

Gonjong Anam (Silontong)

Bahannya memakai papan kemudian jendelanya dibuat lebih banyak supaya cahaya lebih banyak masuk ke dalam ruangan. Bisa dibilang bangunan rumah adat ini memiliki ciri khas yang modern. Asumsi yang muncul adalah rumah kunjungan para tamu merupakan Transformasi dari bentuk gajah maharam kepada bangunan Beranjung. Asumsi ini bisa saja benar dan bisa juga tidak.

3. Gadang Jenis Gajah

Rumah ini terbuat dari bahan kayu dan dan untuk atapnya terbuat dari bahan seng. Selalu saja rumah ini dibangun berhadapan ke arah utara. Gonjong sebanyak 5 buah, empat bagian atap dan sebuah di bagian depan yang berguna sebagai pelindung tangga ketika orang memasuki rumah.

Gadang Jenis Gajah (Situsbudaya)

Jenis kayu yang digunakan untuk membangunnya adalah jenis kayu Juar, Surian dan ruyung pada dinding Timur dan Selatan digunakan Sasak.

Loading...

Dipenuhi dengan ukiran – ukiran dengan motif flora membuat bangunan rumah adat ini tinggi cita rasa seninya. Pada umumnya ukiran tersebut terletak pada bagian depan rumah dan pada bagian dalam.

4. Rumah Gadang Gajah Maharam

Ciri khas pada bangunan ini ialah pintu masuk dari belakang dan ada pula yang membuatnya dari depan tidak ada aku aturan baku pada hal ini.

Sudah banyak melakukan modifikasi karena orang tidak suka masuk ke rumah dari pintu belakang. Ini alasan sebagian orang dipindahkan. Adapun alasan kenapa masuk dari belakang atau dapur ialah sebuah prinsip bahwa yang punya rumah sebenarnya perempuan, dan laki-laki atau menantu hanyalah numpang saja.

Model pada rumah adat ini yaitu berbanding 4 dan di Bukittinggi pada zaman kolonial penggunaan semen bertangga masuk dan keluar dengan di depan.

5. Rumah Gadang Batingkek

Makna dari Gadang Batingkek adalah rumah besar bertingkat jika merujuk pada terjemahan bahasa Indonesia secara umum.

Rumah Gadang Batingkek (Blogger)

Ada rumah yang bertingkat 4 ada yang bertingkat 3. Rumah tradisional jenis ini banyak ditemukan di daerah Singkarak dan Kabupaten Solok. Model bangunan ini bertingkat dan sudah jadi tipe bangunan yang langka dan tidak banyak lagi ditemukan di Sumatera Barat. Semoga saja bisa dilakukan pemugaran sehingga menjadi cagar budaya ini bisa dilestarikan.

Loading...

6. Gonjong Ampek Banjuang

Gonjong Ampek Banjuang (Mantabz)

Merupakan bangunan rumah gadang dengan gonjong empat. Ruangannya memiliki sebanyak 7 ruangan. Ciri khas pada bangunan ini yaitu adanya tambahan anjung pada kiri dan kanan di sisi bangunan. Zaman dulu namanya adalah Rumah Gadang Baanjuang di sering dinamakan Rumah Gadang RG Sitinjau Lauik namun ada juga yang mengatakan dengan sebutan RG tapi ini jarang di sebutkan. Tidak tahu kenapa demikian.

7. Rumah Gadang Gonjong Limo

Ciri khas pada bangunan ini yaitu bergonjong 5 (lima) dan kabarnya masih bisa ditemukan di daerah Kota Payakumbuh. Ada juga yang mengatakan rumah ini dengan sebutan Rumah Gadang Babandiang. Kenapa demikian karena kondisinya berdampingan dengan pinggir sehingga tidak simetris dan digeser ke belakang Hal ini menyebabkan menjadikan terlihat di samping seperti berdampingan dan pada bahasa metafora melangkah disebut Berbanding

Yang membedakan bangunan gonjong Limo dengan bangunan yang lain adalah tambahan yang berkunjung pada bagian kiri dan kanan.

Rumah Gadang Gonjong Limo (moondoggiesmusic)

Demikian informasi mengenai rumah adat Sumatera Barat untuk kami sampaikan kepada para pembaca yang budiman. Informasi lain tentang rumah adat bisa Anda baca tentang rumah adat Kalimantan Barat, rumah adat Kalimantan Timur dan rumah adat Kalimantan Tengah yang sudah kami publikasikan beberapa waktu lalu. Terima kasih sudah mampir di sini dan semoga bacaan ini memberikan manfaat sampaikan kritik saran dan komentar anda pada kolom komentar yang sudah tersedia. Sampai jumpa!

Oh iya, jangan lupa juga baca artikel tentang rumah adat Sumatera Utara ya.

Loading...
Loading...

Leave a Reply