2 Nama Rumah Adat Kalimantan Timur dan Penjelasannya

Posted on

Nama rumah adat Kalimantan Timur ada banyak jenis gambar dan keunikannya. Pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan agar pengetahuan para pembaca bertambah.

Kalimantan Timur adalah sebuah provinsi yang mempunyai letak berbatasan langsung dengan negara tetangga yaitu negara bagian Sabah Serawak di bawah Wilayah Malaysia Timur.

Suku Dayak dan suku Melayu merupakan suku asli pada Kalimantan Timur. Sedangkan yang lainnya adalah suku-suku yang dikenal sebagai pendatang ke daerah sini. Kehadiran suku lain menambah khazanah tentang budaya dan adat istiadat setempat termasuk juga mempengaruhi budaya pada rumah adat di Kalimantan Timur.

Mengenal satu persatu rumah adat yang ada di Kalimantan Timur merupakan hal yang wajib dilakukan bagi warga negara Indonesia dimanapun berada tanpa terkecuali. Dengan mengetahui nama – nama rumah adat Kalimantan Timur, kita menjadi warga Indonesia yang peka akan warisan sejarah nenek moyang di masa lalu. Sayangnya kita banyak yang abai terhadap warisan ini sehingga membuat rumah adat akan mengalami ke kepunahan atau dalam bahasa lain hanya tinggal sejarah.

Karena kami tidak mau menyaksikan kejadian tragis pada rumah adat Kalimantan Timur, maka pada kesempatan kali ini kami menuliskan apa saja nama rumah adat yang ada di Kalimantan Timur ini. Yuk, simak informasinya berikut ini.

1. Rumah Lamin

Rumah yang terletak di Kalimantan Timur ini bernamakan rumah Lamin yang artinya adalah rumah panjang kita semua. Fungsi dari rumah ini adalah tempat singgah atau tempat tinggal keluarga yang tergabung dalam keluarga yang besar. Adapun ciri khas pada rumah ini yakni berbentuk panggung dan tingginya mencapai sampai 3 meter serta mempunyai kolong untuk difungsikan sesuai dengan kebutuhan.

Loading...
Rumah Lamin (99.co)

Untuk membuatnya diperlukan beberapa peralatan atau bahan seperti kayu Ulin yakni kayu yang terkenal sangat kuat. Banyak orang menyatakan bahwa kayu Ulin ketika air menyentuhnya maka kekuatannya semakin bertambah. Wajar jika rumah – rumah di Kalimantan Timur awet.

Panjang dari rumah kelamin mencapai 200 meter dan lebarnya yakni 25 meter. Terdapat pintu – pintu yang dihubungkan dengan beberapa tangga yakni pintu masuk yang memanjang dan pintu samping kiri dan kanan serta belakang. Adapun ruangan pada dalam terbagi beberapa ruangan, ada yang terbuka untuk menerima tamu ada ruangan upacara adat dan tempat berkumpulnya para anggota keluarga. Bagian belakang masih terdapat spesies yang lebar sehingga bisa dibuat kamar kamar kamar biasanya dihuni oleh 5 keluarga. Benar – benar luas, bukan?

Karena modelnya panggung, maka wajar jika rumah ini memiliki banyak tiang yakni tiang penyangga rumah dari bawah sampai atas, kemudian tiang kecil yang mendukung balok – balok lantai panggung, juga tiang yang menopang ruang utama serta pendukung untuk menopang pada bagian kolong. Adapun patung – patung yang ada pada rumah Lamin diyakini masyarakat setempat untuk mengusir gangguan dari pada roh yang jahat

Filosofi khas adat Dayak sangat kental pada dekorasi rumah Lamin adapun warna – warna yang dipadukan pada coraknya sehingga mempunyai makna tersendiri. Warna kuning melambangkan kewibawaan, warna merah melambangkan keberanian dan serta warna putih melambangkan kebersihan jiwa.

2. Rumah Bulungan

Rumah adat Bulungan ini terletak di provinsi Kalimantan Timur yang lebih tepatnya yaitu di Kota Tanjung Selor. Melihat daripada desainnya, rumah adat ini kental nuansa kolonial yang dipadukan dengan iklim tropis di negara Indonesia. Adapun fungsi dari pada rumah Bulungan yaitu untuk pertemuan penting pada masa kesultanan di masa lalu.

Perdagangan India Belanda mempengaruhi rumah Bulungan. Fungsinya tidak cuma itu kegiatan masyarakat Bulungan namun juga kegiatan lain. Pengaruh luar sangat kental. Adapun bentuk pada bangunan rumah Bulungan yakni sangat megah serta terdapat motif bunga. Singkatnya rumah adat Bulungan ini adalah perpaduan dari pada suku Dayak Islam Melayu dan Belanda.

Loading...
Rumah Bulungan (108jakarta)

Demikianlah informasi mengenai nama rumah adat Kalimantan Timur beserta gambar dan penjelasannya. Sebelum menulis artikel ini kami sudah pernah menulis rumah adat Kalimantan Barat dan rumah adat Kalimantan Selatan yang bisa Anda lihat di blog ini. Tidak cuma itu saja, terkait rumah adat yang ada di Sumatera Utara dan Sulawesi Tengah serta Sulawesi Tenggara pun sudah kami publikasikan. Terima kasih atas waktu telah menyempatkan untuk hadir bersama kami.

Loading...

Leave a Reply