7 Nama Rumah Adat Kalimantan Tengah, Gambar dan Penjelasan

Posted on

Rumah adat Kalimantan Tengah merupakan informasi yang sangat penting untuk disampaikan terkait dengan gambar dan penjelasannya kepada para pembaca yang Budiman. Informasi yang dirangkum dengan baik ini berusaha untuk membantu Anda untuk benar – benar mengetahui secara mendetail apa saja nama – nama dari rumah adat Kalimantan Tengah yang beribukotakan Palangkaraya ini.

Bicara tentang rumah adat Kalimantan Tengah sama saja kita bicara tentang budaya yang terikat dengan budaya – budaya Indonesia. Karena sejatinya warisan leluhur yang ada di Kalimantan Tengah ini ada kaitan secara emosional dengan spirit kebangsaan Indonesia. Maka tidak bisa dipisahkan sampai kapanpun juga. Konsekuensinya, setiap warga Indonesia juga harus mengetahui dan mengenal secara mendalam tentang rumah tradisional ini.

Mungkin waktu kita duduk di kelas Sekolah Dasar (SD) sudah ada guru yang mengajari tentang nama – nama dari rumah tradisional Kalimantan Tengah. Hanya saja seiring jalannya waktu dan banyak informasi yang diterima membuat kita menjadi lupa. Bagi Anda yang sudah lupa, kabar baiknya Anda bisa mengingat kembali dengan membaca informasi berikut ini.

1. Rumah Betang Tambaba

Rumah adat ini merupakan rumah suku Dayak yang ada di wilayah Kalimantan Tengah yang bila anda berkunjung kemari maka Anda akan merasakan seperti kembali ke masa lalu di mana di era kehidupan suku Dayak masih eksis. Adapun bahan untuk membangun konstruksi rumah ini yaitu hampir sama dengan rumah adat Kalimantan Timur yakni kayu Ulin.

Rumah Betang Tambaba (Silontong)

Beberapa ruang yang ada di dalam rumah difungsikan sesuai dengan adat istiadat yang berlaku. Kini Rumah Bentang sudah diresmikan menjadi salah satu cagar budaya di Palangkaraya oleh pemerintah setempat.

2. Rumah Betang Muara Mea

Rumah Betang Muara Mea (Situsbudaya)

Terletak di daerah Gunung Putri Kabupaten Barito Utara, provinsi Kalimantan Tengah. Pemerintah daerah sudah melestarikannya sejak dulu kala. Konsekuensinya adalah rumah ini menjadi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi oleh para turis lokal dan internasional. Banyak hal yang bisa dinikmati oleh para turis salah satunya adalah keindahan rumah ini karena masih sangat alami. Selain itu lokasinya dekat dengan taman nasional Gunung Lumut

Loading...

3. Rumah Betang Toyoi

Bahan untuk membuat rumah ini sama dengan rumah – rumah sebelumnya yaitu kayu Ulin. Kayu ini bertahan sampai dengan 150 tahun. Rumah ini beberapa kali dilakukan pemugaran dengan tetap menjaga keasliannya. Asal dari nama rumah Betang Toyoi terletak di desa Tumbang Malahoi. Kemudian yang membangun rumah ini dulunya juga bernama Toyoi Panji.

Rumah Betang Toyoi (Youtube)

Bentuk tiang yang bulat persegi menjadi sesuatu hal yang menarik pada rumahnya. Di zaman dulu dengan segala keterbatasan tapi bisa membuat sebuah rumah ah yang unik ini. Yang lebih mengejutkan adalah hampir sama dengan rumah adat di Sumatera Utara yakni bangunan rumah tidak menggunakan paku dari dulu dan sampai sekarang masih terlihat kokoh. Sebuah keajaiban yang luar biasa. Jika Anda main ke Kalimantan Tengah jangan lupa untuk mampir ke mari.

4. Rumah Betang Pasir Panjang

Rumah ini terletak di daerah Pangkalan Bun yang dikabarkan menjadi ibukota dari kabupaten Kotawaringin Barat. Berdasarkan informasi untuk menemukan Rumah ini sangat mudah sekali.

Rumah Betang Pasir Panjang (Republika)

Sambutan dengan santun dihaturkan bagi warga setempat kepada para tamu yang datang. Bahkan biasanya untuk menghibur tamu yang datang, ada pagelaran adat dan budaya khas dari masyarakat Dayak, mulai dari upacara adat dan kesenian sampai dengan tarian – tarian yang dimainkan oleh masyarakat Pasir Panjang.

5. Rumah Betang Sei Pasah

alamat rumah ini yaitu di Desa Sei pasah, Kapuas hilir, provinsi Kalimantan Tengah, berdekatan dengan sungai tepi sungai Kapuas Murung, yakni hanya sekitar 200 meter saja jarak tempuhnya. Rumah ini sudah melakukan pemugaran berdasarkan kebijakan pemerintah setempat dan aspirasi warga.

Rumah Betang Sei Pasah (situsbudaya)

Berdasarkan informasi yang didapat menyatakan bahwa rumah menang ini pada awalnya dulu terjadi perlambatan dalam membangunnya karena keterbatasan bahan baku. Namun tetap berhasil dibangun. Suasana suku Dayak Anda rasakan kala anda tinggal di dalam rumah Betang ini.

Loading...

Kabar terbaru menyatakan bahwa rumah pertama masa kini dijadikan sebagai museum biaya tempat menyimpan berbagai benda adat dan bersejarah warisan para pejuang dan kerajaan di masa lalu.

6. Rumah Betang Desa Tumbang Bokoi

Untuk menemukan rumah yang asli sangat susah karena sudah banyak dilakukan perubahan oleh masyarakat setempat. Meski begitu, rumah Tumbang Bokoi dibangun berdasarkan dengan wajah aslinya. Kayu ulin jadi bahan utama untuk membangunnya. Pesan yang ingin disampaikan pada rumah ini yaitu Rumah Betang ini merupakan ciri dari suku Dayak yang hidup secara bersama-sama.

Rumah Betang Desa Tumbang Bokoi (WordPress)

Suku Dayak dulu memfungsikan rumah ini sebagai tempat tinggal secara bersama dan damai. Berbagai kegiatan dilakukan di rumah tradisional ini dan nuansa hamonis.

7. Rumah Betang Damang Batu

Letaknya di desa Tumbang Anoi, rumah ini mempunyai karakteristik seperti halnya rumah Rumah Betang yang lainnya posisi rumah ini menghadap ke sungai Kahayan dan berdasarkan beberapa sumber rumah ini dibangun oleh Tamanggung Runjan yang merupakan Warga tempatan. Beliau membangunnya pada tahun 1868.

Rumah Betang Damang Batu (situsbudaya)

Oke, demikian dahulu informasi terkait dengan nama rumah adat Kalimantan Tengah ini. Semoga informasi ini memberikan hal positif guna menambah cakrawala berpikir kita semua ke arah yang lebih baik. Dan jangan lupa untuk membaca informasi tentang rumah adat Kalimantan Barat, rumah adat Kalimantan Timur dan rumah adat Kalimantan Selatan.

Kami yakin dengan membacanya, wawasan Anda akan semakin bertambah.

Loading...

Loading...

Leave a Reply