7 Nama Pakaian Adat Daerah Jawa Barat, Gambar dan Penjelasannya

Posted on

Nama pakaian adat daerah Jawa Barat dan gambar serta penjelasannya (keterangan) merupakan informasi bagian dari budaya nusantara Indonesia yang kebetulan letaknya di bagian pulau Jawa. Ada banyak jenis pakaian adatnya, mulai dari celana, baju sampai dengan rok yang dikenakan oleh para wanita.

Pakaian adat Jawa Barat masih ada yang eksis dan dimodifikasi sesuai dengan keadaan zaman tanpa perlu menghilangkan nilai – nila yang terkandung didalamnya. Sementara itu ada pula yang mulai pelan dan pasti masyarakat Sunda meninggalkannya. Ya, Jawa Barat sangat di dominasi oleh suku Sunda yang mempunyai kebiasaan unik dalam menjalani kehidupan bangsa dan bernegara.

Di zaman dulu, cara untuk mengenal pakaian adat Jawa Barat jenis apa kita bisa melihatnya berdasarkan siapa yang sedang mengenakannya. Karena dimasa kerajaan zaman dulu, terbagi menjadi 3 (tiga) golongan kelas masyarakat, mulai dari kelas bawah, menengah dan atas. Cerminan kelas itu terlihat dari cara mereka berbusana, baik untuk pakaian sehari – hari maupun pakaian acara resmi.

Seiring berjalannya waktu, terjadi pergeseran dan pakaian yang dulu sering dipakai oleh kalangan masyarakat atas, kini sudah banyak dipakai oleh kalangan masyarakat bawah di Jawa Barat. Meski demikian jika ditinjau secara penghasilan akan tetap kelihatan mana orang miskin yang pakai dan mana orang kaya yang mengenakannya.

Sistem penjualan pakaian adat Jawa Barat mengalami perubahan dikarenakan pengaruh dari revolusi internet. Model baju, celana dan aksesorisnya banyak dan dengan mudah dijumpai di pasar daring atau marketplace. Para pedagang yang dulunya berjualan dengan cara tradisional, kini sudah memanfaat internet sebagai sarana berjualan. Ada yang membuat website, blog, akun sosial media dan lain sebagainya. Namun tetap saja, produk yang dijual adalah pakaian adat daerah Jawa Barat.

Bagi Anda yang sedang ingin membeli pakaian adat Jawa Barat, ada beberapa cara yang bisa dipakai, mulai dari datang langsung ke toko pakaian, belanja daring sampai dengan datang ke tukang jahit (tailor) karena Anda ingin custom modelnya. Ketiga cara tersebut lazim digunakan oleh masyarakat Jawa Barat pada umumnya.

Loading...

Sedang Anda yang ini tahu apa saja nama – nama pakaian adat Jawa Barat, berikut ini informasinya.

1. Pakaian Pria Untuk Rakyat Jelata

Pakaian adat untuk kaum laki-laki dari kalangan rakyat jelata adalah berupa celana panjang sebetis yang dipadukan dengan baju selontren, ikat pinggang dan sebuah kain sarung yang diletak kan menyimpang dari kanan kekiri pada bagian atas. Tak lupa sebuah aksesoris dibagian kepalanya berupa barangbang dan alas kaki berupa sendal terumpah.

Celana Kabayan via Bukalapak

Pakaian tersebut sering kita lihat digunakan oleh tokoh Kabayan dalam film Kabayan yang pernah hits di Indonesia meski tidak termasuk film sedih Indonesia. Sampai saat ini di beberapa daerah yang ada dijawa barat masih bisa kita jumpai masyarakat yang menggunakan pakaian adat ini dalam kesehariannya. Terutama para orang tua dan masyarakat dipedesaan.

2. Pakaian Perempuan Untuk Rakyat Jelata

Untuk kaum wanita yang berasal dari rakyat jelata pakaian yang digunakan dalam keseharian adalah sebuah kain batik sebagai bawahan dan baju kebaya untuk atasannya dengan kamisol dibagian dalamnya. Kaum wanita juga menggunakan beberapa aksesoris sebagai ciri khasnya berupa ikat pinggang (beuber) Rambut hiasan dalam Jucung bun, cicin polos, Gelang dari bahan akar dan sendal jepit sebagai alas kakinya.

3. Pakaian Untuk Laki-Laki Kaum Menengah

Pakaian adat untuk kaum menengah laki-laki pada masyarakat Jawa Barat adalah baju bedahan berwarna putih yang dipadukan dengan kain batik. Sebagai aksesorisnya digunakan arloji berantai emas yang digantungkan ada saku baju. sebagai alas kaki adalah terumpah.

Baju Bedahan (Yuksinau)

Sekilas memang pakaian ini seperti pakaian yang dipakai pengantin pada adat Sunda namun tentu berbeda. Pakaian pada adat Sunda di Jawa Barat lebih menunjukakkan kepada status sosial dari orang yang memakainnya.

Loading...

4. Pakaian Sunda Wanita Kaum Menengah

kamisol (olx)

Untuk kaum wanita dari kalangan menengah menggunakan baju kebaya yang dipadukan dengan kain batik sebagai bawahannya. Untuk dalaman menggunakan kamisol dan Beuber sebagai ikat pinggangnya. sekilas memang pakian wanita untuk kaum menengah sama dengan rakyat jelata, namun bahan untuk membuat pakaian ini tentu berbeda. Satu hal lagi yang membuat berbeda anatar rakyat jelata dan kaum menengah adalah perhiasan y ang digunakannya. Jika rakyat bisa menggunakan perhiasan imitasi maka biasanya kaum menengah akan menggunakan perhiasan dari bahan perak atau sejenisnya.

5. Pakaian Untuk Bangsawan Laki-Laki

Kaum bangsawan pria biasanya menggunakan jas tutup sebagai atasan dan celana panjang sebagai bawahannya.  Pakaian ini dibuat dari bahan beludru bewarna hitam yang diberi hiasan sulam benang emas ditepi lengannya. Selain itu pakaian ini dilengkapi dengan kain dodot dengan motif rengreng, sabuk emas, Bando atau ikat kepala dan sepatu sandal sebagai alas kakinya. Dari bahan yang digunakan untuk pakaian ini sudah kelihatan bahwa pakaian ini memang hanya akan di gunakan oleh para bangsawan saja karna bahan beludru terkenal dengan harganya yang mahal dimasa lalu.

6. Busana Untuk Bangsawan Wanita

Kaum bangsawan wanita biasanya menggunakan baju kebaya yang dibuat dari kain beludru dengan sulaman emas dengan bros atau peniti sebagai pemanisnya yang dipadukan dengan kain batik sebagai bawahannya. Kaum wanita bangsawan juga menggunakan tusuk konde pada rambut yang disanggul dan seperangkat perhiasan yang terbuat dari bahan emas yang bermata berlian. Untuk alas kaki yang digunakan wanita adalah sepatu sandal yang diberi manik-manik.

Kebaya beludru (blogger)

7. Pakaian Untuk Acara Resmi

Pakaian untuk acara resmi di Jawa Barat menggunakan model yang sama seperti pakaian yang digunakan oleh bangsawan. Hanya saja penggunaan bahan yang berbeda tentunya sesuai dengan acara yang akan dihadiri. Begitu juga dengan perhiasan dan pelengkap pakaian tradisionalnya. Untuk laki-laki menggunakan jas tutup dan celana panjang dengan sematan kain batik di ikat dipinggang dan pakaian resmi untuk kaum wanitanya adalah kebaya dengan paduan kain batik sebagai bawahannya  dan dilengkapi dengan aksesoris lainnya.

Sampai saat ini pakaian adat Jawa Barat ini masih sering kita jumpai di pakai pada acara- acara resmi oleh pemerintahan juga pada upacara adat khas daerah Jawa Barat yang diselenggarakan baik oleh pemerintah ataupun individu seperti acara pernikahan dan lainnya.

Lihat juga yang tentang infromasi pakaian adat Bali dan juga keunikannya serta dimana bisa menemukan harga baju safari Bali murah, baik melalui online atau offline.

Loading...

Oh iya, kamu juga bisa sampaikan apa yang kamu ketahui seputar pakaian adat Jawa Barat dengan menuliskannya di kolom komentar. Yuk, dukung blog ini jadi lebih baik lagi.

Loading...

Leave a Reply