7 Nama Pakaian Adat Daerah Bali, Gambar dan Penjelasan

Posted on

Nama pakaian adat daerah Bali merupakan pakaian yang menjadi ciri khas dari masyarakat Bali dan merupakan warisan sejarah dimasa lalu. Gambar dan penjelasannya sangat penting disampaikan supaya banyak orang Indonesia yang paham salah satu khazanah budaya tersebut.

Mengenal pakaian adat Bali tidaklah sulit. Kini Anda bisa mudah melakukannya melalui berbagai sarana, salah satunya sarana komunikasi daring yang banyak menginformasikan tentang hal – hal terkait pakaian warga pulau dewata itu, mulai dari warna, corak, sejarah, manfaat, nilai dibaliknya serta masih banyak lagi. Tidak cuma itu saja, marketplace juga banyak yang sudah menjualnya melalui pasar daring dengan harga – harga yang terjangkau.

Kegiatan mengetahui pakaian tradisional Bali bukanlah sesuatu yang membuang waktu. Apalagi dianggap sebagai pekerjaan yang tidak penting. Ini salah dan harus mendapat koreksi karena mengetahui pakaian tradisional Bali adalah keharusan bagi warga Indonesia dimana pun berada dan dari strata sosial level mana pun.

Ya, memang dulu waktu masih belajar di sekolah dasar (SD) sudah ada guru yang mengajarkan para murid untuk mengenal budaya Indonesia termasuk pakaian Bali. Tetapi dengan seiring waktu berjalan, diyakini para murid sudah pada lupa ditengah banyaknya informasi masuk ke memori otak dewasanya. Maka dari itu penting untuk mengulang kembali ingatan tentang keunikan pakaian adat Bali ini.

Barikut adalah nama – nama pakaian adat daerah Bali yang perlu diketahui.

1. Baju Safari Bali

Ciri khas pada baju safari Bali yang berwarna putih ini adalah adanya kancing depan dan pada umumnya dikenakan untuk berbagai acara resmi.

Loading...
Safari Bali (Blogger)

Dibuat khusus untuk semua usia, ada untuk anak, remaja sampai dewasa serta orang tua. Busana yang berbentuk baju ini khususnya dipakai oleh kaun pria Bali.

Ada saku pada bagian posisi kiri atau kanan, kemudian warna Baju Safari identik dengan bersih, sehingga warna yang tepat adalah putih bersih.

Kabarnya ada yang dibuat untuk lengan panjang dan pendek.

2. Udeng

Ikat kepala Bali ini disebut dengan Udeng olah warga setempat dan memiliki makna yang sangat dalam, bukan sekedar aksesoris yang melengkapi busana saja.

Udeng Bali (blanjabali)

Umunya ada Udeng dengan warna putih, warna hitam dan Udeng corak batik yang bisa dipakai oleh anak dan dewasa, baik dari golongan orang kaya maupun ekonomi menengah kebawah.

Untuk memilikinya bagi Anda yng berada di luar Bali tidak perlu datang ke Bali karena banyak dijual di pasar daring atau marketplace Indonesia.

Loading...

Berikut ini jenis – jenis Udeng yang menarik untuk diketahui:

2.1. Udeng Jejateran

Udeng Bali jenis ini merupakan Udeng untuk aktivitas ibadah agama Hindu yang merupakan mayoritas. Ciri khas dari Udeng ini yaitu mempunyai simpul hidup yang ada di depan, diposisikan pada sela mata yang merupakan simbol dari mata ketiga atau cundamani.

2.2. Udeng Dara Kepak

Udeng Bali yang ini adalah Udeng yang biasa dipakai oleh para pemimpin karena pesannya sangat cocok dengan kemampuan dan seni dalam kepemimpinan.

2.3. Udeng Beblatukan

Udeng jenis biasa diperuntukkan oleh para pemangku. Adapaun perbedaan dengan Udeng sebelumnya, Udeng Beblatukan cara pemakaiannya diikat ke arah bawah. Pesan yang ingin disampaikan adalah supaya orang yang mengenakannya selalu mendahulukan kepentingan umum dari kepentingan pribadinya.

3. Kamen

Busana Kamen adalah kain bawahan yang dikenakan oleh masyarakat asli Bali. Sepintas, kamen persis dengan sarung yang berbentuk persegi.

Bahan untuk membuat Kamen yakni kain yang tipis dan diperuntukan kepada para pria dan wanita Bali.

Kamen (Gurusekolah.co.id)

Kamen untuk pria, biasanya memakai 2 (dua) lembar kain yang dipakai guna menutupi bagian bawahan.

Loading...

Dan cara memakainya dengan diikat melingkar pada bagian pinggang dan dimulai dari arah kiri ke kanan. Kemudian di bagian depan dibikin lipatan dengan simpul.

Untuk para wanita, yakni Kamen hanya diikatkan melingkar pada bagian pinggang saja dari sisi kiri ke kanan. Kemudian tinggal diikatkan di sebuah selendang yang ada. Lebih sederhana caranya.

4. Kebaya Bali

Kebaya Bali memiliki ciri khas tersendiri jika dibandingkan dengan Kebaya dari Jawa. Kegunaan pakaian Kebaya ini untuk melakkan aktifitas sembahyang di pura bagi penganut agama Hindu.

Kebaya Bali (Tokopedia)

Meski warna pakaian adat Bali identik dengan putih, ternyata Kebaya Bali tidah harus warna putih, biasanya pilihan warna cerah.

Adapaun bahan untuk membuatnya dari kain brokat dan kain katun yang merupakan kain yang akan memeberikan rasa nyaman kepada orang yang memakainya.

Sama seperti busana yang lain, Kebaya Bali banyak dijual secara online dengan metode pembayaran non tunai.

Loading...

5. Selendang Bali

Selendang Bali atau yang biasa disebut Senteng merupakan salah satu aksesoris yang wajib dikenakan pada saat ke Pura atau upacara adat di Bali.

Memiliki panjang 1 sampai 2 meter dengan lebar kurang lebih 10 sentimeter dan biasanya diikat di perut.

Selendang Bali (carousell)

Beberapa acara yang banyak warga Bali memakai Selendang Balu adalah ketika upacara adat, seperti ke tempat peribadahan umat Hindu “Pura”, upacara kremasi, hari raya, maupun acara keagamaan lain di Bali.

6. Sanggul Bali

Sanggul Bali (Pusung) ini merupakan salah satu model sanggul yang dipakai untuk menghadiri berbagai macam acara atau perayaan adat di bali, termasuk pertunjukan tarian tradisional Bali, seperti tari kecak.

Sanggul Bali (shophee)

Kebiasaan orang Bali biasanya datang ke salon untuk memakainya. Namun ada juga yang sudah punya keahlian sendiri sehingga tidak perlu datang ke Salon alias cukup dirumah saja.

7. Kemeja Putih Bali

Kemeja putih ini pada umumnya dipakai oleh pria Bali untuk datang ke berbagai acara, salah satunya acara yang diselenggarakan di rumah ibadah Pura.

Loading...
Kemeja Putih Bali (Gurusekolah.co.id)

Tujuan dari pemakaian kemeja putih Bali ini untuk mempermudah aturan berpakaian saat penganut agama Hindu beribadah. Mereka yang belum punya baju safari, sebagai alternatifnya bisa memakai kemeja putih ini.

Kenapa harus warna putih? Karena putih diyakini oleh warga Bali sebagai lambang kesucian dan kesakralan.

Faq

T: Ada berapa banyak jumlah pakaian adat Bali?

J: Sebenanya ada banyak. Namun dikesempatan kali ini hanya disampaikan 7 saja dan akan diupdate pada kemudian hari.

T: Apa kegunaan pakaian adat Bali?

J: Selain untuk dipakai sehari – hari, ada pakaian adat Bali yang khsuus dikenakan untuk acara keagamaan dan upacara adat di Bali.

T: Dimana Tempat Membeli Pakaian Adat Bali?

J: Anda bisa datang ke toko – toko pakaian yang ada di kota Bali. Atau bagi Anda yang tidak berada di Bali, Anda bisa belanja secara online. Tapi harus tetap waspada dan hati – hati jangan sampai salah memilih toko online.  

Cukup demikian kami sampaikan informasi mengenai pakaian adat daerah Bali ini. Kami yakin belum sempurna. Namun kami berharap wawasan Anda bisa bertambah dengan membacanya. Ayo sampaikan kritik dan komentar Anda di kolom komentar ya. Tapi perlu dingat, berkomentarlah yang sopan dna santun.

Loading...

Untuk Anda yang ingin berlibur kebali, silahkan lihat daftar alamat rental mobil Bali ini ya.

Loading...

Leave a Reply