Inilah 6 Minuman Khas Melayu dan Penjelasannya

Posted on

Inilah 6 Minuman khas Melayu terutama di daerah Pekan Baru Riau sangat diminati oleh masyarakat. Cuaca Riau yang panas memicu banyak masyarakat yang berkreasi mencari minuman ataupun es yang dingin dan fresh serta cocok dinikmati di beragam suasana. Terlebih ulang sesudah seharian berpuasa di tengah panas yang terik, aneka minuman khas Melayu Riau biasanya menjadi menu wajib pendamping takjil untuk berbuka. Minuman Khas Melayu Pekanbaru Riau misalnya, di kota ini mampu kita temukan beragam tipe minuman khas berasal berasal dari beragam area di Riau.

Minuman minuman ini biasanya dijual di restoran khas Melayu, di gerai-gerai spesifik sampai outlet-outlet kecil di jalanan. Harganya juga sangat ramah di kantong itulah sebabanya mengapa es atau minuman dingin ini menjadi salah satu sajian berbuka puasa yang paling banyak dicari orang ketika cuaca panas.

Minuman khas Melayu ini memiliki komposis dan rasa yang pas. Rasanya tidak begitu manis seperti kebanyakan orang yang menggunakan bahan pemanis buatan, dicampur bersama aneka buah, santan, susu dan bahan-bahan pembuat minuman lainnya. Ada juga minuman fresh berasal berasal dari buah-buah alami seperti kelapa muda yang disediakan lebih khas. Berikut minuman khas dari salah satu  daerah di Indonesia yakni minuman khas Melayu Riau.

1. Air Tebu Nostalgia

Air Tebu Nostalgia via (ilairnawati11.wordpress.com)

Air tebu nostalgia ini dibuat dari bahan dasar air tebu yang dicampur dengan beberapa bahan lainnya seperti jahe, kacang tanah dan air kelapa muda. Jahe dan kacang tanah akan direbus secara terpisah terlebih dahulu sebelum dicampur dengan air tebu yang sudah diperas. Sebagai pelengkapnya anda juga bisa menambahakan kerukan daging kelapa muda dan biji selasih. Minuman ini selain memiliki cita rasa yang unik dan menyegarkan juga memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh kita.

2. Es Laksamana Mengamuk

Es Laksamana Mengamuk via sajiansedap.grid.id

Dari namanya minuman yang satu ini memang terdengar sangat unik. Es Laksamana Mengamuk dibuat dari beberapa bahan seperti buah mangga, kelapa muda, biji selasih, es batu dan santan. Es ini dibuat dengan mencampurkan semua bahan yang tersebut diatas kemudian menambahakan sedikit sirup gula atau sirup lainnya agar terasa lebih manis. Minuman ini juga menjadi salah satu Jenis minuman favorit masyarakat Melayu saat tiba bulan suci ramadhan.

3. Batu Permata di Sungai Rokan

Batu Permata di Sungai Rokan via BudayaIndonesia.org

Minuman ini terbuat dari beberapa bahan pilihan seperti buah mentimun, nangka, cincau, kelapa muda, gula pasir, vanili, garam, es batu. Minuman ini memiliki cita rasa yang sangat segar dan tentunya bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Nama minuman yang unik ini sendiri menggambarkan tentang keindahan tampilan dari minuman itu sendiri yang akan terlihat berwarna didalam air yang bening.

Loading...

4. Minuman Khas Melayu, Es Air Mata Pengantin

Es Air Mata Pengantin via (foto: mangcook)

Minuman yang memiliki nama unik berikutnya adalah Es air mata pengantin. Minuman ini terbuat dari beberapa bahan pilihan. Minuman ini memiliki warna merah dari sirup yang dicampur dengan agar-agar bewarna putih dan tambahan biji selasih. Biasanya minuman ini akan disantap ketika siang hari yang terik sehingga membuat badan kembali segar.

5. Es Lancang Kuning

Es Lancang Kuning via cookpad.com

Es lancang kuning ini terbuat dari bahan buah mangga segar yang dipotong kotak-kotak kecil, Nata Decoco yang dicampur dengan jus mangga dan susu serta es batu. Minuman ini memang terlihat seperti jus mangga pada umumnya namun adanya potongan mangga didalamnya membuat minuman yang satu ini terasa lebih nikmat dan segar ditubuh.

6. Es Sirup Mak Inang

Es Sirup Mak Inang via travelingyuk.com

Nama dari minuman yang satu ini memang sangat mirip dengan tarian Melayu. Biasanya masyarakat Melayu banyak menyantap minuman ini ketika berbuka puasa. Es Mak Inang ini terbuat dari campuran air dan buah nanas yang di potong-potong menjadi kecil-kecil, kemduian dimasak hingga airnya mendidih. Lalu dicampurkan bersama potongan buah apel dan serutan agar-agar. Minuman ini juga dapat dicampur dengan potongan buah lainnya yang dapat anda sesuaikan dengan selera anda.

Itulah tadi 6 minuman khas Melayu yang patut kamu rasain. Di jamin segerr dan bikin ketagihan lho. Karena memang terbuat dari bahan – bahan yang alami dan pemanis alami jadi sehat dan segar buat tubuh kita. Namun bukan hanya itu saja, di Riau juga masih banyak tempat yang menyediakan berbagai macam makanan dan juga minuman khas Melayu. Selain Riau daerah Sumatra Utara yang di huni oleh banyak suku Melayu juga mempunyai berbagai macam minuman khas seperti artikel kami sebelumnya yakni 3 minuman khas Mandailing yang bisa kamu coba.

Jadi kalau kamu liburan ke Riau coba sekalian kamu liburan ke Sumatera juga, karena perjalanan dari Riau ke Sumatera Utrara juga tidak begitu jauh koq. Kamu bisa melakukan perjalana via pesawat atau via darat karena masih satu pulau. Nah di sana kamu bisa menikmati keindahan tempat wisata alam sambil mencoba berbagai makanan dan minuman khas Nusantara. Pastinya seru kan. . Silahkan share dan bagikan informasi ya..

Loading...
Loading...

Leave a Reply