3 Minuman Khas Mandailing Serta Keterangannya (Wajib Coba)

Posted on

Jika liburan ke Mandailing Sumatra Utara ada 3 Minuman Khas Mandailing yang harus anda coba. Beragam jenis makanan dan minuman khas nusantara tentu sangat layak untuk di coba. Banyak penduduk lokal dari tanah Melayu atau Mandailing khususnya yang berada di Sumatera Utara yang masih membuat dan menjual minuman ini. Selain rasanya yang enak dan khas minuman – minuman ini juga biasa di buat untuk sajian saat berbuka puasa seperti misalnya Minuman Toge Panyabungan, Cendol Beras khas Mandailing dan juga minuman hangat yang sudah terkenal di Indonesia yakni Bandrek khas Mandailing.

Minuman ini juga menjadi daya tarik bagi para wisatawan ataupun pengunjung yang datang ke Sumatra Utara. Mereka bisa mencoba merasakan minuman yang khas daerah ini. Kata “toge” akrab di telinga masyarakat Indonesia sebagai salah satu dari jenis sayuran. Namun akan berbeda ceritanya jika anda berkunjung ke Mandailing Natal, kata “toge” melekat pada nama sebuah minuman khas dan rasanya yang enak juga baik untuk kesehatan di propinsi Sumatera Utara tersebut. Minumannya bernama Toge Panyabungan, namun minuman justru tidak berbahan sayuran tauge sama sekali di dalamnya namun rasanya tetap enak apalagi di tambahkan es ke dalamnya            .

Toge Panyabungan merupakan minuman yang punya rasa manis. Minuman setelah itu telah jadi tradisi minuman kala berbuka puasa dan banyak diminati seluruh orang pada bulan Ramadan. Biasanya dijadikan menu berbuka yang jadi incaran penikmatnya yang mencari takjil untuk berbuka puasa. Maraknya peminta minuman ini ketika bulan Ramadhan membuat pedagang minuman ini mudah sekali di temukan. Mereka para pedagang Toge Panyabungan banyak ditemui di sekitaran Masjid Raya Panyabungan, tepatnya di Pasar Lama, Jalan Keliling. Selain juga makanan khas mandailing yang bisa anda coba saat liburan ke Sumatra Uutara.

1. Toge Panyabungan (Toge Mandailing)

Toge Penyabunga via (dok. indonesia.go.id)

Minuman yang satu ini memang banyak digemari oleh banyak orang tidak hanya orang mandailing saja. Sekilas jika dilihat minuman ini agak mirip dengan es cendol. Namun jika anda mengamati dengan lebih teliti lagi dan menyicipinya maka anda akan tahu jika minuman yang satu ini lebih nikmat dari pada cendol biasa. Minuman ini terbuat dari beberapa campuran bahan seperti santan, cendol beras hijau, klupis, fermentasi pulut, candil, lengkong, tapai dan gula merah. Masyarakat akan banyak menyerbu minuman yang satu ini tatkala datangnya bulan ramadhan.

Untuk membuat minuman ini terasa segar dan enak dilidah maka bahan-bahan yang di gunakan mestilah bahan-bahan yang terbaik sebab jika satu saja bahan baku dari tauge panyabungan ini bermasalah maka rasa dari minuman yang satu ini pastilah berkurang. memang rahasia dari minuman yang satu ini adalah keseimbangan rasa dari bahan-bahan yang tercampur dalam minuman ini.

2. Cendol Beras Khas Mandailing

cendol beras via tokopedia

Cendol memang dikenal hampir diseluruh wilayah nusantara. Minuman bewarna hijau putih dan merah ini memang banyak digemari oleh masyarakat indonesia mualai dari sabang sampai maroke. Namun jangan salah masyarakat mandailing punya cara yang berbeda dalam membuat cendol ini sehingga rasanya akan sangat berbeda debngan cendol pada umumnya. Cendol ini terbuat dari tepung beras yang ditumbuk dan diayak dengan baik ekmudian dicampur dengan daun pandan suji. Rahasia lezatnya minuman ini terdapat pada cendolnya bukan kuahnya, Cendol Mandailing ini terasa lebih padat dan lebih lemak dibandingkan cendol pada umumnya.

Loading...

3. Bandrek Khas Mandailing

Bandrek khas Mandailing via Shopee.co.id

Bandrek adalah salah satu minuman yang juga menjadi salah satu favorit orang iondonesia. Selain citarasanya yang enak bandrek juga memiliki khasiat yang baik untuk tubuh. awalnya minuman ini lebih dikenal sebagai minuman khas dari orang india namun seiring berkembangnya zaman maka minuman ini juga sangat melekat dengan masyarakat indonesia. Bandrek mandailing ini sebenarnya terbuat dari bahan yang sma dengan bandrek pada umumnya namun perbedaannnya adalah bandrek mandailing akan dicampur dengan beberapa rempah-rempah pilihan lainnya sehinggga rasanya akan sedikit berbeda dengan bandrek lainnya. Anda akan menyadari perbedaan rasanya ketika anda sudah meneguk beberapa kali minuman yang satu ini.

Baca juga: Tarian adat suku Mandailing

Banyaknya makanan dan minuman khas dari setiap daerah di Indonesia tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung atau wisatawan. Untuk anda yang akan liburan bisa membuat jadwal untuk berlibur ke Sumatra Utara ya. Karena selain destinasi wisata yang indah dan unik, ternyata makanan khas daerah dan minuman khas daerahnya juga sangat enak dan bisa membuat liburan anda menjadi semakin menyenangkan bersama dengan keluarga tercinta tentunya.

Demikian tadi 3 Minuman Khas Mandailing Yang Harus Anda Coba. Tidak harus bulan Ramadhan, anda bisa mencoba beberapa minuman tadi saat anda berkunjung ke Mandailing Natal ataupun daerah Sumatra Utara. Seperti cendol beras khas mandailing dan juga bandrek khas Mandailing yang cocok di coba saat musim hujan atau menjadi penghangat badan ketika malam tiba. Silahkan kujungi terus  website kami dan dapatkan berbagai artikel menarik seputar informasi pengetahuan yang menarik lainnya, jangan lupa bagikan kalau menurut kamu bermanfaat yaa.

Loading...

Leave a Reply