5 Minuman Khas kota Medan, Saat Hujan dan Panas

Posted on

Minuman khas kota Medan yang kini menjadi kesukaan bukan hanya orang Medan saja tapi juga orang yang datang dari luar kota Medan. Ada yang berasal dari buah – buahan segar, asal dari teh serta berasal dari air soda.

Selain menjadi ciri khas, minuman kesukaan orang Medan ini juga memiliki banyak khasiat bagi tubuh manusia. Bukan hanya berdasarkan rasa yang enak saja, tetapi ragam manfaat yang dirasakan bagi tubuh orang yang meminumnya.

Ada pula yang menjadi oleh-oleh dan ada pula minuman yang harus diminum secara massal ketika hari Idul Fitri tiba. Selain untuk dikonsumsi di kota Medan, ada pula minuman yang sudah diekspor ke luar negeri karena permintaan yang terus meningkat.

Apa sajakah minuman yang ada di kota Medan? Ayo kita simak informasinya berikut ini.

1. Roco Timun

Roco Timun (WordPress)

Salah satunya minuman yang berasal dari buah timun ini menjadi kebiasaan warga Medan dalam melepas dahaga. Roco Timun terbuat dari kelapa muda, air kelapa muda dan paduan gula merah. Tidak ketinggalan pula parutan kelapa dicampur dengan timun dipotong-potong. Hasilnya dari perpaduan itu membuat rasanya tiada tara. Apalagi terkandung pula campur dengan pandan. Semakin lengkaplah rasa penasaran Anda, bukan?

Penyajian dari minuman Roco Timun ini bisa dalam keadaan dingin dengan es batu atau juga tanpa es tergantung dengan selera masing-masing. Hanya saja, ada yang menyatakan pakai es rasanya lebih segar.

Loading...

2. Sirup Markisa Pohon Pinang

Sirup Pohon Pinang (Shopee)

Siapa yang tidak kenal dengan nama sirup Markisa Pohon Pinang. Biasanya saat lebaran tiba, sirup ini banyak berada di rumah umat Islam yang merayakannya dan menjadi sajian minuman bagi tamu -tamu punya datang, sanak famili dan handai tolan.

Sirup juga menjadi oleh – oleh khas medan yang di bawah oleh para pengunjung dari dalam negeri maupun luar negeri. Sirup yang diproduksi oleh PT Maju Jaya Pohon Pinang ini disajikan lebih sedap dengan kondisi dingin.

3. Teh Susu Telur

Teh Susu Telur (Youtube)

Minuman ini menjadi tren di kalangan para anak muda yang gemar kumpul di tempat nongkrong dikota Medan. Perpaduan dari teh dan susu serta telur memberi beberapa khasiat, salah satunya menambah energi dan stamina bagi mereka yang meminumnya. Harga harga pergelasnya mulai dari Rp 5.000 sampai dengan Rp 10.000.

Habis olahraga Anda cocok menikmati teh susu telur, bisa olahraga lari atau olahraga renang.

4. Jus Martabe

Jus Martabe (Plukme)

Ini adalah minuman jus yang dicampur antara beberapa buah, yaitu buah markisa dan buah terong Belanda. Hasilnya memberikan rasa asam, manis dan segar bersatu padu saat berada di lidah orang yang menyeruputnya. Minuman sarat buah ini sangat banyak ditemukan di warung – warung yang ada di sekitaran kota Medan. Selain itu, beberapa Cafe dan makan rumah makan keluarga di kota Medan sudah pula menyediakan sebagai menu.

5. Minuman Air Soda Badak

Minuman Air Soda Badak (Bukalapak)

Usia minuman ini bisa dibilang sudah cukup tua di kota Medan dan menjadi bagian yang tidak bisa terpisahkan. Selain berfungsi untuk mengeluarkan angin di dalah tubuh minuman ini juga mempunyai khasiat – khasiat lainnya. Cara penyajiannya bisa diminum langsung dengan pipet atau dicampur dengan es batu kristal. Ada pula yang memadukannya dengan susu krimer di aduk menjadi satu sehingga menciptakan rasa yang bersoda namun tetap memiliki manisnya susu.

Loading...

Minuman ini dapat ditemukan di warung – warung kopi yang ada di kota Medan. Sebagian besar yang meminumnya adalah para anak – anak muda.

Bagaimana Dengan Bandrek?

Meski banyak bandrek di kota Medan, namun kami tidak berani mengklaim minuman ini berasal atau menjadi khas Medan. Kita tahu minuman ini asalnya dari daerah Jawa dan kini ramai dijual di sudut – sudut kota Medan.

Selain bisa minum di tempat, Anda bisa juga menikmati minuman yang kami sampaikan diatas saat berada di rumah dan dikantor. Sebagian pedagang sudah terkoneksi dengan pasar daring sehingga harus melakukan pembayaran dengan cara non tunai.

Demikian informasi mengenai minuman khas kota Medan disampaikan. Semoga informasi ini memberikan manfaat bagi yang membaca, Sampai jumpa dilain waktu dan kesempatan.

Loading...

Leave a Reply