11 Masakan Khas Melayu Yang Harus Anda Coba Di Sertai Keterangannya

Posted on

Berikut ini adalah 11 Masakan Khas Melayu yang harus anda coba berasal dari Sumatra Utara dan juga Riau. Indonesia merupakan negara yang tidak hanya kaya akan wisata alamnya yang mempesona namun juga tentunya sangat kaya akan citarasa kuliner berasal dari begitu banyak ragam daerah. Hal tersebut menyebabkan wisatawan mancanegara maupun domestik, seringkali berburu oleh-oleh makanan khas saat berlibur ke daerah tertentu.

Dari sekian banyak type makanan yang tersedia, makanan khas Melayu baik di daerah Riau maupun Sumatera merupakan alternatif makanan yang tidak boleh dilewatkan. Selain rasanya yang enak, makanan khas Melayu juga terkenal karena santan yang di padu dengan rempah –rempah. Tentu hal ini akan menambah kenikmatan ketika menyantapnya. Berikut ini adalah bebarapa makanan khas daerah Melayu yang harus anda cicipi.

1. Ikan Selais Asap

Ikan Selais Asap via instagram/niladriana

Ikan Selais dibuat dari bahan dasar ikan segar yang diproses melalui pengasapan. Setelah selesai di asap, ikan tersebut kemudian disajikan dengan santan dari buah kelapa sehingga makin menggoda selera makan anda. Menariknya, ikan selais asap ini dapat diawetkan sehingga bisa bertahan lama.

2. Mie Sagu

Mie Sagu via yummy.co.id

Mie sagu merupakan mie yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar sagu. Mie sagu memiliki tekstur yang kenyal dan empuk. Biasanya mie ini akan dimasak dengan mengunakan beberapa rempah dan bahan tambahan lainnya seperti tauge, daun kuncai, dan teri. Rasa dari mie ini bisa dibilang berbeda dengan mie pada umumnya.

3. Bolu Kemojo

Bolu Kemojo via Instagram/dewi99_pku

Bolu kemojo ini adalah salah satu kuliner khas dari daerah Melayu. Bolu ini berbeda dari bolu pada umumnya yang terasa ringan dan bentuknya yang tidak kembang seperti bolu lainnya. Bolu ini memiliki tekstur seperti bolu yang bantet dengan cita rasa legit dilidah. Rasa bolu ini akan terasa manis dan wangi santan dan pandan.

4. Asam Pedas Ikan Baung Melayu

Asam Pedas Ikan Baung Melayu via klikjalanjalan.com

Asam Pedas ikan baung ini terbilang salah satu makanan yang sangat populer dikalangan masyarakat Melayu. Makanan ini dimasak dengan merendam ikan baung yang sudah dibersihkan terlebih dahulu dengan asam jawa. Setelah dirasa cukup kemudian ikan ini dimasak dengan rempah-rempah yang membuat cita rasa dari makanan ini sangat lezat dan menggugah selera untuk dinikmati bersama dengan nasi dan sayur tentunya.

Loading...

5. Gulai Ikan Patin

Gulai Ikan Patin via nenisd3.wordpress.com

Ikan patin adalah salah satu jenis ikan air tawar yang banyak dibudidayakan ditambak ataupun berkembang biak secara alami di muara. Ikan patin memiliki ukuran yang cukup besar dengan tekstur daging ikan yang lembut dan agak sedikit kenyal. Masyarakat Melayu sering menjadikan ikan patin sebgai salah satu pilihan lauk untuk bersantap. Ikan patin biasanya dimasak dengan bumbu gulai yang bercitarasa manis dan pedas. Masyarakat biasa menyantap gulai ikan patin ini dengan nasi panas dan pucuk daun ubi yang direbus.

6. Roti Jala

Roti Jala via ranahriau.com

Roti jala adalah makanan yang terbuat dari bahan dasar tepung terigu, telur dan air. Roti ini dinamakan roti jala sebab bentuk dari makanan ini ketika dimasak mirip seperti jala. Masyarakat Melayu biasanya akan membuat masakan yang satu in sebagai salah satu menu hidangan dalam sebuah acara besar seperti acara pernikahan. Roti jala akan sangat nikmat ketika disajikan dengan kuah kari ataupun kuah durian tergantung selera anda.

7. Kue Asidah

Kue Asidah via bloglusismpn5.blogspot.com

Kue Asidah ini di anggap salah satu kuliner yang menonjolkan citarasa maskan khas Melayu. Kue ini di buat dari bahan tepung yang dicampur dengan beberapa rempah-rempah kemudian dimasak dengan cara dikukus. Meski kue asidah ini dimasak dengan menggunakan beraneka ragam bumbu namun ternyata kue yang satu ini memiliki citarasa yang manis dan legit. Kue ini umumnya disajikan dengan irisan bawang goreng sebagai taburan diatasnya.

8. Kue Bangkit

Kue Bangkit via blog.tokowahab.com

Kue bangkit adalah jenis kue kering yang menjadi salah satu primadona dari masakan khas Melayu. Masyarakat Melayu sering membuat kue ini untuk menyambut datang hari raya idul fitri. Keunikan dari kue bangkit khas Melayu ini adalah aroma wangi yang dikeluarkan kue ini akan sangat menggugah selera orang yang memakannya. kue ini sendiri dinamakan kue bangkit sebab kue ini akan memiliki ukuran dua kali lebih besar dari ukuran awal ketika kue ini dibuat.

9. Cencalok Udang

Cencalok Udang via budaya-indonesia.org

Masyarakat Melayu dikenal dengan masyarakat yang banyak tersebar didaerah pesisir. Karena banyak tersebar didaerah pesisir membuat masyarakat Melayu sangat akrab denganberaneka ragam masakan laut yang memiliki citarasa yang sangat lezat. Salah satu masakan yang sering dimasak adalah cencalok. Cencalok terbuat dari bahan dasar udang berukuran kecil yang difermentasi. Proses pembuatan cencalok sendiri memakan waktu yang cukup lama untuk memfermentasinya. Setelah selesai difermentasi, cencalok siap dihidangkan bersama nasi hangat dan dicampur kedalam sambal bawang ataupun sambal matah.

10. Mie Lendir

Mie Lendir via (Instagram/@adventuregs46)

Orang medan biasa menyebut makanan yang satu ini dengan sebutan mie rebus, namun masyarakat Melayu lebih mengenal dengan nama mie lendir. Makanan ini terbuat dari mie kuning tauge dan beberapa campuran lainnya yang disiram dengan kuah yang memiliki tekstur kentlal dan sedikit kenyal. Tekstur dari kuah ini lah yamng membuat makanan yang satu ini dinamakan dengan mie lendir.

Loading...

11. Gong – Gong

Gong- Gong via iata.co.id

Gong-gong ini dibuat dari bahan dasar siput dengan panjang berukuran sekitar 7 cm. Biasanya siput ini dimasak dengan cara ditumis dengan berbagai rempah pilihan yang akan memberikan citarasa yang sangat lezat. Gong gong menggunakan siput yang masih utuh dengan cangkangnya, sehingga harus menggunakan lidi agar bisa mencungkil daging di dalam cangkangnya.

Masakan khas Melayu Sumatra Utara dan Riau ini sangat mudah di temukan ketika anda berkunjung untuk liburan ke Sumatra Utara. Tidak hanya makanan berat, namun juga berbagai macam kue dan berbagai jenis olahan mie merupakan menu yang sangat sayang untuk di lewatkan ketika liburan ke Sumatra Utara. Makanan ini juga di olah secara higienis dengan resep yang sudah turun temurun diwariskan oleh nenek moyang mereka. Sehingga rasanya tidak akan berubah ketika anda kembali lagi di lain waktu.

Itulah tadi 11 Masakan Khas Melayu yang harus anda coba, selain rasanya yang enak harga nya juga tidak terlalu mahal, jadi anda tidak perlu khawatir akan menguras kantong. Kamu juga bisa membawa makanan tersebut sebagai oleh – oleh lho. Namun yang harus kamu perhatikan adalah, hanya kue kering dan yang sifatnya tahan lama yang bisa kamu bawa untuk oleh- oleh.

Yang Jelas liburan anda bersama keluarga akan semakin menyenangkan menikmati berbagai tempat wisata yang luar biasa indah di tambah makanan yang memanjakan perut. Di jamin liburan kamu bakalan seru dan pastinya menye nangkan tentunya. Silahkan share ya semoga bermanfaat.

Loading...

Leave a Reply