10 Makanan Tradisional Suku Minangkabau, Gambar dan Penjelasan

Posted on

Makanan tradisional suku Minangkabau, Gambar dan Penjelasan akan disampaikan dengan lengkap guna menambah wawasan pembaca. Kita sama – sama tahu kuliner yang ada di propinsi Sumatera Barat ini ada yang terkenal diantar makanan yang punya ciri khas lainnya.

Seperti makanan Minang Negeri Sembilan dan asal dari daerah lain. Semuanya sudah menasional karena hampir semua daerah dari Sabang sampai Merauku ada rumah makan khas Padang. Ada anekdot yang menyebut bahwa setiap tikungan pasti ada rumah makan khas Minang.

Untuk cara bagaimana memasak makanan khas Minang ini tidak kami sampaikan di artikel ini. Kami hanya mengutarakan nama – nama makanan minang saja sebagai pengenalan kepada Anda yang belum banyak tahu bahwa masyarakat Minang dalam berbagai macam kegiatan dan adat istiadat Sumatera Barat selalu menghadirkan kulinernya sebagai santapan.  

Langsung saja kita bahas satu persatu. Berikut informasi makanan tradisional Minangkabau-nya:

1. Rendang

Kuliner terkait dengan makanan tradisional Minangkabau
Rendang Padang via resepedia

Makanan Rendang adalah salah satu makanan khas Minang dari propinsi Sumatera Barat yang sangat terkenal hingga kini bahkan menjadi salah satu makanan terlezat di dunia. Rendang biasanya disajikan pada saat tertentu ataupun acara – acara tertentu saja. Makanan ini memiliki citarasa pedas gurih dan pastinya sangat menggugah selera. Rendang sangat enak dinikmati dengan campuran nasi yang panas. Bahan baku untuk membuat rendang antara lain adalah daging sapi atau kerbau, berbagai jenis rempah dan santan kelapa. Untuk memasak rendang agar memiliki citarasa yang sempurna dan tekstur yang empuk diperlukan waktu beberapa jam.

2. Nasi Kapau

Gambar terhubung dengan makanan khas Sumatera Barat
Nasi Kapau via Kompasiana

Asal dari Nasi Kapau adalah kabupaten Agam, propinsi Sumatera Barat. Nasi Kapau terbuat dari bahan nasi putih yang dicampur dengan sayur dan lauk. Lauk yang biasanya disajikan dalam nasi Kapau ini sendiri adalah lauk-lauk khas kapau. Kuliner ini tidak hanya terkenal di Sumatera Barat saja bahkan di daerah Medan, Sumatera Utara terdapat beberapa restoran keluarga yang menyajikan nasi Kapau khas yang terlihat sama dengan nasi Kapau yang berasal dari Sumatera Barat.

Loading...

3. Dendeng Balado

Penjelasan mengenai makanan tradisional Minangkabau
Dendeng Balado via IDN Times

Selain rendang wilayah Sumatera Barat juga terkenal dengan makanan yang bernama Dendeng Balado. Sama seperti rendang, dendeng juga terbuat dari bahan baku daging sapi atau daging kerbau yang di masak dengan bumbu Balado. Dendeng Balado dibuat dengan terlebih dahulu merebus daging, kemudian daging diiris tipis-tipis lalu kemudian dijemur hingga kering. Setelah kering dimasaklah bumbu Balado dengan bahan – bahan utama seperti cabai dan bawang merah serta beberapa bumbu lainnya, setelah bumbu siap kemudian disatukanlah daging dengan bumbunya, dendeng pun siap untuk dinikmati.

4. Sate Padang

Uraian tentang makanan tradisional Minangkabau
Sate Padang via detik

Bagi Anda yang mencintai kuliner sate tentu sudah sangat akrab dengan makanan yang satu ini. Makanan ini bisa kita jumpai dibeberapa daerah di pulau Sumatera. Sate Padang memiliki keunikan bumbu yang terbuat dari berbagai rempah yang dicampur dengan kaldu ayam hingga memiliki tekstur yang kental dengan citarasa yang pedas dan gurih.

Hampir setiap sudut kota ada pedagang yang jual sate padang enak di Medan, baik yang tetap maupun yang sistem keliling. Masing – masing punya pelanggan.   

5. Lamang Tapai

Info terkait dengan makanan tradisional daerah Minangkabau
Lamang Tapai via Kompas

Dari namanya saja kita sudah bisa membayangkan bahwa kuliner yang satu ini terbuat dari bahan lamang dan tapai. Tapai yang digunakan dalam kuliner yang satu ini adalah tapai yang terbuat dari bahan baku pulut hitam (ketan hitam) yang akan memiliki citarasa asam dan manis. Sementara lamangnya terbuat dari bahan pulut putih (Ketan Putih) yang dimasak dengan santan dan dimasak dalam wadah bambu muda. Perpaduan dari lemang dan tapai ini akan memberikan citarasa yang sangat lezat, asam manis dan gurih.

6. Gulai Itiak

Gulai Itiak via Indonesiakaya

Menu Gulai itik adalah salah satu makanan tradisional khas dari daerah Minang. Makanan ini terbuat dari daging itik yang sudah berusia 6 bulan. Tekstur daging itik yang sudah berusia 6 bulan akan sangat empuk dan terasa semakin lezat dengan citarasa gurih dari bumbu gulai. Untuk membuat masakan ini cukup muda hanya memerlukan daging itik dan bumbu gulai seperti biasa dengan campuran rempah -rempah yang menggugah selera.

7. Bubur Kampiun

Ulasan terkait dengan makanan khas Minangkabau
Bubur Kampiun (detik)

Kuliner yang bernama Bubur kampium ini terbuat dari 6 jenis bubur yang dijadikan satu. Bubur-bubur yang disatukan antara lain adalah bubur ketan putih, bub ur sum-sum, bubur kacang hijau, bubur candil, bubur kacang hitam dan juga kolak ubi atau kolak pisang. Bubur kampiumn ini berasal dari daerah bukit tinggi sumatera barat. Bubur ini akan sangat mudah ditemukan pada saat bulan ramadhan saja. karna memang untuk membuat bubur ini diperlukan bahan-bahan yang cukup banyak.

Loading...

8. Sala Lauak

Informasi terkait dengan makanan tradisional masyarakt Minangkabau
Sala Lauak (bisniswisata)

Makanan kuliner ini terbuat dari bahan ikan yang dicampur dengan tepung sehingga memiliki tekstur seperti bakso. Selain dari campuran daging ikan yang dihaluskan dan tepung juga ada beberapa jenis rempah yang terdapat pada makanan ini. Keunikan makanan ini adalah dimasak dengan cara digoreng kering dan ketika dimakan bersama dengan sambal. membuat cirtarasa makan ini sangat menggugah selera. tak heran kuliner yang satu ini sering jadi cemilan masyarakat mianang.

9. Dendeng Batokok

Dendeng Batokok (selerasa)

Menu Dendeng Batokok juga salah satu kuliner khas Minang yang banyak digemari oleh masyarakat Minang. kuliner ini terbuat dari bahan daging sapi sama seperti dendeng balado. Untuk membuat dendeng ini daging sapi direbus terlebih dahulu kemudian diiris tipis dan ditokok-tokok agar teksturnya lebih tipis dan bumbu lebih meresap. setelah daging siap lalu dicampur dengan minyak tanak dan bumbu cabai.

10. Gulai Tunjang

Gambar terkat dengan makanan tradisional suku Minangkabau
Gulai Tunjang via Merdeka

Sumatera Barat memang dikenal dengan daerah yang memiliki berbagai olahan gulai yang lezat dan tentunya sangat menggugah selerah. Salah satu kuliner gulai yang terkenal lainnya adalah gulai tunjang. Gulai ini terbuat dari bahan kikil dan tulang lunak yang dicampur dengan bumbu gulai. Cita rasa masakan ini bertekstur sedikit kenyal dengan ras pedas dan gurih yang mendominasi.

Baca: Makanan Khas Sumatera Utara

Sejujurnya masih banyak lagi kuliner Minang yang harusnya di sampaikan kepada para pembaca. Karena tidak mungkin hanya 10 saja. Semua ini memang keterbatasan kami yang kurang riset secara lama. Jika kami luangkan waktu lebih lama lagi, kami yakin bisa menyajikan lebih dari 10 makanan tradisional Minangkabau. Semoga saja kami bisa meng-edit tulisan ini di masa yang akan datang untuk sebuah penyempurnaan informasi.

Bagi kalian yang punya nama makanan Minang yang lain, silahkan tulis pada kolom komentar.

Loading...

Loading...

Leave a Reply