13 Makanan Tradisional Khas Maluku dan Penjelasannya

Posted on

Makanan tradisional daerah Maluku dan sekitarnya, seperti Maluku Utara sangat banyak variasinya. Ini menjadi kekayaan kuliner nusantara yang tidak bisa dinilai dengan materi. Banyak wisatawan datang ke Maluku bukan hanya ingin melihat keindahan alamnya saja, melainkan ingin menyantap berbagai kuliner khas daerah Maluku.

Beberapa contoh makanan khas Maluku bisa Anda temukan di layanan internet, sepeti nasi lapola dan woku komo – komo serta masih banyak lagi.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini kumpulan nama – nama makanan tradisional Maluku yang perlu untuk diketahui.

1. Papeda

Merupakan kaitan makanan tradisional Maluku yang khas
Papeda (okezone)

Merupakan salah satu makanan tradisional dari daerah Maluku yang terbuat dari tepung sagu dan diolah sedemikian rupa hingga menjadi bubur yang memiliki tekstur kental dan kenyal serta dimasa dengan menggunakan api. Makanan ini bewarna putih agak bening dengan rasa yang tawar. Cita rasa lezat makanan ini akan sangat terasa ketika dimakan bersama dengan mumbara yang terbuat dari ikan tongkol yang sudah diberi bumbu kunyit.

Bagi Anda yang datang berkunjung kedaerah Maluku tak lengakap rasanya bila belum menyicipi kuliner yang satu ini. Manfaat lain menyatakan bahwa makanan ini juga dinilai sangat sehat karna terbuat dari bahan sagu yang memiliki banyak serat, dengan jumlah kalori yang sedikit dan beberapa nutrisi lain yang terkandung didalamnya. Keunikan lain dari makanan ini adalah cara mengambilnya dengan menggunakan sepasang sumpit sebagai bentuk mengukur bahan yang membuat banyak pengunjung menjadi penasaran.

2. Kohu-kohu

Informasi terkait dengan makanan tradisional Maluku yang unik
Kohu-kohu (CNNIndonesia)

Adalah makanan tradisional Maluku yang menjadi salah satu makananyang biasa dihidangkan sehari-hari. Makanan terbuat dari bahan sayur – sayuran mentah yang dicampur dengan bumbu yang terbuat dari parutan kelapa dengan irisan bawang dan lemin cina serta suiran ikan cakalang yang telah siasapi.

Loading...

Sekilas makanan ini mirip dengan urap yang berasal dari daerah Sunda hanya saja bumbu yang digunkan berbeda dan sayur yang digunakan untuk membuat makanan ini adalah sayur yang masih mentah berbeda dengan urap yang sayurannya telah direbus terlebih dahulu.

Baca: Lontong Enak di Medan

3. Kasbi Komplet

Ulasan tentang makanan tradisional khas Maluku yang banyak dicari
Kasbi Komplet (detikfood)

Ialah salah satu makanan pokok masyarakat Maluku selain sagu. Kasbi sendiri merupakan sebutan lain dari singkong. Seperti Papeda yang tidak memiliki rasa apapun selain tawar kasbi komplet juga seperti itu. Untuk dapat menikmati makanan ini dimakan bersama dengan hidangan pendamping lainnya.

Biasanya masyarakat suka memakan Kasbi ini dengan hidangan seperti tumis kangkung, bunga pepaya, ikan bakar dan aneka sayur serta lauk lainnya. Makanan inilah yang disebut dengan Kasbi Komlet. Selain itu, kasbi ini juga sangat enak dinikmati dengan mencocolnya dengan colo-colo yang merupakan sambal khas Maluku.

Baca: Makanan Daerah Sumatera Barat

4. Bubur Ne

Bubur Ne (Kumparan)

Adalah kuliner khas daerah Maluku yang terbuat dari bahan dasar Sagu. Bubur ini berbeda dengan bubur lainnya dari daerah Maluku karena memiliki citarasa yang manis. Bubur ini memang agak sedikit murip dengan bubur candil. Untuk membuat bubur ini pertama-tama sagu dibuat berbentuk bola-bola kecil dengan warna putih, merah muda dan merah terang dan kemudian dimasak bersama santan.

Loading...

Setelah bubur masak kemudian dicampur dengan gula merah, daun pandan dan kayu manis. Keunikannya bubur ini dapat dimakan dalam keadaan dingin dengan dicampur es. Tak heran juka bubur yang satu ini juga terkadang disebut sebgai minuman es.

5. Sagu Gula

Sagu Gula (Kompasiana)

Makanan ini merupakan camilan bagi masyarakat Maluku. Disebabkan rasanya yang sangat enak dinikmati sambil meminum secangkir kopi. Makanan ini terbuat dari bahan dasar Sagu yang berbetuk panjang dan terdapat jejeran gula merah cir yang sudah meresap kedalam sagu. Selain itu, Sagu biasanya dijadikan makanan yang bernama bubur sagu.

Baca: Makanan Khas Sumatera Utara

6. Suami

Suami (Terasmaluku)

Kuliner yang satu ini benar -benar memiliki nama yang unik dan membuat orang tersenyum ketika menyebutnya. Suami sendiri adalah makanan khas dari daerah Ambon, Maluku Utara. Suami adalah makanan yang terbuat dari bahan dasar ubi yang dibentuk sedemikian rupa dan biasanya dijual dengan beberapa campuran rasa seperti pakai gula, Kelapa setengah tua atau original tanpa tambahan apapun. Makanan ini dapat dijumpai disekitar pantai mardika Ambon.

7. Kue Bagea

Kue Bagea (Tempo)

Makanan ini merupakan salah satu camilan khas dari pulau Maluku. Kue ini terbuat dari bahan dasar Sagu dan beberapa campuran lainnya seperti kacang dan kayu manis. Camilan ini dapat dengan muda anda jumpai ketika anda berkunjung ke pulau Maluku. Kua Bagea memiliki citarasa yang manis, renyah dan gurih. Warna makanan ini adalah krem dengan tekstur retak dibagian tengahnya. Kue ini akan sangat nikmat jika disantap bersama teh ataupun kopi.

Baca: Makanan Khas Bengkulu

Loading...

8. Acar Kuning

Acaer Kuning (Indozone)

Acar adalah makanan pendamping yang sudah sangat terkenal di nusantara apalagi ketika menyantap kari kambing. Acar biasanya terbuat dari wortel, timun, dan nenas yang direndam dalam air asam. Berbeda dengan acar pada umumnya acar kuning dari maluku ini terbuat dari bahan dasar rebung, kecipir muda, bawang merah, cabai merah, mentimun, nanas dan daun salam. Berbeda dengan acar pada umumnya acar kuning dari Maluku ini juga mesti dimasak terlebih dahulu baru bisa dinikmati. Biasanya masyarakat Maluku akan memakan acar ini bersama dengan nasi dan lauknya.

Baca: Makanan Jawa Tengah

9. Gatang Kenari

Gatang Kenari (Genpi)

Kuliner Gatang Kenari adalah makanan khas dari Maluku yang menjadi salah satu kuliner dengan harga yang cukup mahal dan terkenal di Maluku. Makanan ini berbahan dasar kepiting kenari yang merupakan salah satu dari hewan yang dilindungi. Makanan ini hanya dapat Anda nikmati di beberapa restoran di Ternate yang memiliki izin untuk menjual makanan yang satu ini. Kepiting kenari ini sendiri diketahui sebagai salah satu hewan yang hanya bisa hidup diperairan Halmahera dan memiliki kemampuan memetik dan mengupas buah kelapa.

Baca: Makanan Jawa Barat

10. Gohu Ikan

Salah satu kuliner khas dari pulau Maluku yang terbuat dari bahan daging ikan mentah. Gohu ini sama seperti Shasimi yang berasal dari negara Jepang. Jenis ikan yang bisa digunakan untuk membuat makanan ini adalah ikan tuna dan ikan cakalang. Cara membuatnya cukup mudah yaitu dengan memotong daging ikan berbentuk dadu kemudian diberikan garam, perasan air lemon dan tambahan daun kemangi kemudian diamkan beberapa saat. Biasanya masyarakat Ternate memakan gohu ikan ini dengan campuran tumisan bawang merah, bawang putih, cabe rawit dan cabe merah. Untuk rasa yang terlalu pedas, maka diantisipasi dengan gula pasir. Tidak tahu jeroan ikan dimakan atau tidak.

Baca: Makanan Khas Jawa Timur

Loading...

11. Ikan Asar

Ikan Asar (WordPress)

Sebenarnya jenis makanan Ikan ini tidak asing bagi orang Sumatera karena juga dikenal dengan nama ikan asap. Rasanya yang khas karena biasanya dibuat dengan bahan ikan cakalang dan ikan tuna. Meski di daerah Mandailing dibuat dengan ikan lele.

Banyak orang yang tidak mau makan ditempat, melainkan dibawa sebagai oleh – oleh untuk keluarga dirumah.

Baca: Makanan Khas Mandailing

12. Woku Komo-Komo

Woku Komo-Komo (Genpi)

Kuliner yang ini berbahan dasar tepung. Masyarakat menjadikan woku komo-komo sebagai lauk makanan pokok. Adapun proses pembuatannya yaitu dengan merendam sagu di dalam air yang sudah disediakan. Agar menjadikan rasanya lebih mantap, maka digunakan beberapa bumbu, mulai dari jahe, tanaman serai dan bawang putih. Semua dijadikan satu.

Jangan lupa untuk menambahkan jeroan ikan dan juga air secukupnya.

Bagi sebagian mereka tidak terlalu penting tahu bagaimana cara memasaknya. Karena mereka lebih mementingkan dimana bisa memakannya. 

Loading...

Baca: Rumah Adat Maluku

13. Nasi Lapola

Uraian terkait dengan makanan khas Maluku yang lezat.
Nasi Lapola (makanabiz)

Masyarakat Maluku ternyata juga penggemar makanan nasi. Ini terbukti dengan makanan daerahnya ada yang bernama Nasi Lapola. Mereka menjadikannya sebagai komsumsi sehari – hari juga (makanan pokok)

Ada proses membuat Nasi Lapola yang terdiri dari beberapa bahan dasar, seperti beras ditambah dengan parutan kelapa muda serta kacang tolo.

Tradisi di daerah Maluku, memakan nasi lapola bersamaan dengan lauk pauk dan lalapan khas dedaunan segar yang masih mentah semakin nikmat terasa.

Tidak sembarangan dalam memasaknya, api yang menyala harus kecil. Alasannya supaya hasil masakan kualitasnya sesuai dengan yang diharapkan.

Baca: Adat Istiadat Maluku

Loading...

Baca: Makanan Khas Minangkabau

Informasi diatas masih akan di edit guna dilakukan pembaharuan. Karena sebenarnya masih banyak lagi makananan yang ada di Maluku yang belum tersampaikan disini.

Loading...

Leave a Reply