Lezatnya 20 Makanan Tradisional Jawa Barat (Wajib Coba)

Posted on

Jawa Barat merupakan salah satu terpadat di pulau Jawa terdapat 20 Makanan Tradisional Jawa Barat yang terkenal dan biasa menjadi makanan sehari – hari bagi masyarakat di provinsi tersebut. Selain tempat wisata yang sangat memanjakan para pengunjung tentunya. Anda bisa berkeliling mulai dari puncak, Bogor, Bekasi dan berbagai kota lainnya di Jawa Barat. Karena masing – masing daerah tersebut juga ternyata memiliki makanan daerah khas masing-masingnya.

Bandung salah satunya merupakan destinasi wisata yang ramai selalu di kunjungi oleh wisatawan baik itu yang berasal dari Jakarta maupun daerah sekitarnya. Cuaca yang dingin di tambah dengan makana dan minuman yang hangat atau panas akan menambah keseruan saat liburan atau berwisata ke daerah tersebut.

Tentunya berbeda dengan 19 Makanan Daerah Jawa Tengah di artikel kami sebelumnya. Bisa anda lihat kalau belum membacanya. Terdapat keunikan tersendiri baik rasa maupun nama-nama dari makanan khas daerah tersebut. Berikut ini adalah beberapa menu makanan tradisional Jawa Barat yang bisa anda coba :

1. Ubi Cilembu

Ubi Cilembu via shopee.co.id

Sesuai dengan namanya cilembu atau si madu, umbi-umbian ini memiliki rasa layaknya madu, yakni manis dan juga memiliki aroma khas madu. Ciri-ciri dari ubi asli Sumedang ini adalah, waktu mentah, warna ubi cilembu bewarna krem kemerahan, sedangkan saat diolah menjadi kuning dengan bentuk yang panjang berurat. Dalam pengelohan ubi ini, pantangannya adalah dilarang digoreng dan direbus, karena kandungan madu akan hilang saat direbus dan akan mudah gosong bila digoreng.

Secara umum, orang-orang menjualnya dalam bentuk ubi cilembu bakar, karena akan memberikan rasa manis dan juga rasa khas dari pembakaran. Juga banyak yang menjadikan ketela ini menjadi produk seperti keripik, dodol, tape, saus, sirup, selai, hingga tepung karena punya rasa semanis madu. Selain dibakar, ubi cilembu juga bisa dioven dan dipanggang, bahkan saat dioven, umbi akan mengeluarkan cairan lengket seperti madu dan sangat legit bila dikunyah. Ketela ini sangat cocok dikonsumsi bagi siapa saja, mengingat adanya kandungan vitamin A yang cukup tinggi, begitu pula dengan vitamin B dan C.

2. Karedok

Karedok via primarasakitchen.co.id

Makanan dengan nama karedok sebenarnya mirip dengan gado-gado atau pecel, namun perbedaan paling mendasar adalah pada pemakaian sayurnya yang disajikan dalam keadaan mentah. Diantara sayuran yang bisa dijadikan sebagai karedok adalah timun, daun kemangi, kacang panjang, kol, terong, dan tauge, kesemuanya akan dipotong kecil-kecil dan disajikan dalam keadaan mentah. Walaupun mentah, rasanya akan tetap lezat karena penggunaan bumbu kacangnya yang menimbulkan rasa pedas gurih pada sayuran.

Loading...

Pembuatan bumbu kacang tersebut dibuat menggunakan kacang tanah, cabai rawit, gula jawa, terasi, air asam, garam, kencur, dan bawang putih.  Selain karena rasanya enak, adanya kandungan serat yang cukup tinggi pada karedok bisa menjadi nilai lebih dalam mengonsumsinya.

3. Tapai Ketan

Tape Ketan via youtube.com

Sesuai dengan namanya, tapai ketan dibuat dengan proses fermentasi dari ragi, yakni setelah ketan selesai dikukus, nantinya akan dimasukkan ke daun dengan tambahan ragi. Pembuatan tapai ketan tersebut, menggunakan bahan dasar beras ketan, entah itu ketan hitam maupun putih, namun kebanyakan memakai yang ketan putih. Selain itu, olahan tapai yang dibuat dari ketan putih kerap diwarnai dengan daun katuk agar memiliki warna hijau alami.

milihan daun pisang biasanya lebih sering karena untuk memberikan identitas makanan khas Jawa Barat beserta gambarnya ini termasuk ke dalam kekayaan kuliner nusantara. Setelah dibungkus beberapa saat, dan didiamkan dalam waktu 3 hari sampai seminggu, tapai ketan tersebut sudah siap untuk dihidangkan.

4. Tahu Gejrot

Tahu Gejrot via tokowahab.com

Panganan dari daerah Cirebon tersebut dibuat dari bahan dasarnya berupa tahu goreng, dengan keunggulannya yang memiliki tekstur lebih berisi. Dalam penyajiannya, tahu tersebut tidak sendirian, karena akan ditemani dengan yang namanya kuah asam pedas berbahan dasar cabai rawit. Biasanya penyajian tahu gejrot akan ditaruh di atas pisin, atau lebih tepatnya piring yang terbuat dari tanah berbentuk agak kecil.

5. Surabi

Surabi via nativeindonesia.com

Surabi atau serabi adalah panganan yang telah tersebar rata hampir di seluruh Jawa Barat, bisa dikatakan bahwa makanan ini adalah makanan khas Sunda. Pembuatannya dibuat menggunakan tepung beras dengan cara masak yang masih tradisional, karena harus menggunakan tungku, bahkan tungku tersebut dibuat dari tanah liat.

6. Roti Unyil

Roti Unyil via bangdzul.com

Makanan khas asli Jawa Barat yang paling dikenal oleh masyarakat Bogor adalah roti unyil dengan bentuknya yang mini tersebut. Kelebihan dari roti ini adalah melimpahnya varian rasa, mulai dari rasa khas luar negeri hingga rasa lokal, sebut saja cokelat negro, ayam asap, keju susu, roti jagung, smoke beef keju, dan rasa-rasa lain.

Loading...

7. Tahu Kuningan

Tahu Kuningan via Indonesiakaya.com

Tahu ini dibuat dari bahan kedelai denganproses permentasi dan memiliki warna kuning. tahu ini memiliki rasa gurih yang padat namun juga lembut. Untuk ukuran dari makanan cemilan khas Jawa Barat ini juga tidak terlalu besar, karena hampir mirip dengan tahu sumedang, namun tahu Sumedang punya isian kopong. Karena tekstur dan isiannya yang lebih padat, tahu kuningan sangat tepat dimakan sebagai cemilan maupun lauk, karena bisa mengenyangkan perut.

8. Rujak Kangkung

Rujak Kangkung via masakapahariini.com

Makanan khas Jawa Barat ini memang terasa nikmat sekali, apalagi bagi para pecinta kangkung. Kelebihan dari penggunaan kangkung adalah untuk mendapatkannya yang lebih mudah, dan juga karena sifatnya yang kering alias tak berair, bisa membuat rasa pedas bumbunya semakin terasa. Selain itu, yang membuatnya unik adalah dalam bumbunya ada bahan dari asam Jawa, sehingga bisa menghasilkan rasa pedas dan sensasi rasa masam.

9. Cireng

Cireng pinterest via cookpad.com

Cireng atau nama aslinya aci goreng adalah makanan dengan bahan utama pembuatannya berupa tepung kanji yang dimasak dengan cara digoreng. Dalam adonan tepung kanji tersebut nantinya akan dicampur dengan terigu, garam, merica bubuk, bawang putih, daun bawang, kedelai, air, dan dimasak dengan minyak goreng. Untuk urusan rasa, originalnya akan terasa gurih, namun karena lambat laun banyak produsen berinovasi, muncul pulalah rasa yang beragam dengan isian yang lebih variatif.

10. Combro

Combro via dapurkobe.co.id

Comro adalah singkatan dari oncom dijero, sesuai dengan identitas makanan khas Jawa Barat dari singkong dan oncom ini, yaitu dengan menaruh oncom di dalam parutan singkong berbentuk bulat lonjong. Untuk memasukkan oncom, oncom harus lebih dahulu dibuat halus atau dengan cara dihancurkan sehingga lebih mudah masuk adonan. Rasa dari combro adalah gurih, walaupun tekstur luar dari combro agak keras, namun bila telah merasakan dalamannya, rasa gurih nantinya akan bercampur lembutnya singkong dan ditambah enaknya combro.

11. Batagor

Batagor via resepkakak.com

Nama batagor sendiri sudah sangat dikenal luas oleh masyarakat Indonesia, padahal makanan tersebut bukanlah asli Indonesia. Karena merupakan perpaduan Tionghoa-Indonesia. Namun karena telah diolah sedemikian rupa, akhirnya diadopsi oleh suku sunda, dan tergolong makanan khas Jawa Barat. Sesuai dengan namanya, batagor alias baso tahu goreng, makanan ini dibuat dengan cara digoreng dengan isian berupa tahu dan baso plus bumbu kacang.

12. Cireng

Cireng via Pinterest/Cookpad.com

Cireng atau nama aslinya aci goreng adalah makanan dengan bahan utama pembuatannya berupa tepung kanji dengan pemasakan dengan cara digoreng. Dalam adonan tepung kanji tersebut nantinya akan dicampur dengan terigu, garam, merica bubuk, bawang putih, daun bawang, kedelai, air, dan dimasak dengan minyak goreng.

Loading...

13. Nasi Lengko

Nasi Lengko via inibaru.id

Nasi lengko adalah nasi dengan isian berupa sayur dan gorengan, seperti tahu dan tempe goreng, serta daun kucai, mentimun, dan tauge. Untuk memperlengkap dan menciptakan rasa yang enak, ditambah pula dengan taburan saus kacang yang memiliki rasa gurih. Bahkan terkadang, dengan adanya cabai, membuatnya menjadi bumbu yang pedas dan membuat penikmatnya ketagihan.

14. Nasi Jamblang Daun Jati

Nasi Jamblang via indonesia.go.id

Mengenai nasi jamblang, sebenarnya olahan ini hanyalah nasi yang diisi dengan sepicuk nasi dengan tambahan lauk dan dibungkus menggunakan daun jati. Namun yang membuat nasi ini terasa istimewa adalah cerita dibalik lahirnya kuliner asli Cirebon ini, yakni dimulai ketika Belanda memerintahkan. pembuatan jalan raya Anyer-Panarukan. Keunikan dari kuliner ini adalah alam satu porsinya, nasi jamblang memang hanya menyediakan sedikit nasi, namun akan ditumpuk dengan puluhan lauk, sehingga membuatnya lebih bervariasi.

15. Lepet Kuningan

Lepet Kuningan via Indonesiakaya.com

Ada banyak jenis lepet, Salah satu jenis lepet adalah lepet kuningan dengan ciri khasnya terletak pada warnanya yang kecokelatan, berbeda dengan lepet lain yang agak menguning. Seperti kebanyakan lepet, lepet asal Kota Udang ini juga dibuat menggunakan ketan putih dan dibungkus dengan media daun kelapa. Tidak hanya berisi ketan putih saja, karena lepet kuningan juga akan diisi dengan kacang tunggak dan sebelum itu ketannya akan dicampur dengan parutan kelapa.

16. Dorokdok

Dorokdok via Tokopedia.co.id

Penamaan dorokdok pada makanan khas Jawa Barat lengkap satu ini sendiri didapat dari suara yang muncul ketika memakan dorokdok, yaitu akan menghasilkan suara ‘dorok dok dorok dok’. Adanya suara tersebut dikarenakan renyahnya kerupuk dengan bentuk memanjang ini. Yang membuat olahan asal Garut ini unik adalah, jika berbeda penggunaan kulitnya, nantinya juga akan menciptakan rasa yang berbeda pula.

17. Dodol Garut

Dodol Garut via shopee.co.id

Walaupun mirip dengan jenang di Kudus, namun dodol punya tekstur luar yang lebih kering, dan pengemasannya dibentuk kotak, sedangkan jenang dikemas seperti tabung. Makanan dengan bentuk balok agak memanjang dengan warna khas cokelat bertekstur lembut dan rasanya manis, maka itulah yang dinamakan dodol. Secara umum, dodol dibuat menggunakan tepung ketan, parutan kelapa, dan gula merah, itu adalah rasa original dari panganan ini.

18. Doclang

Doclang via detik.com

Makanan khas Jawa Barat satu ini memiliki karakteristik yang bikin lidah bisa bergoyang karena menggunakan cabe yang pedas, namun bagi yang tidak suka pedas bisa request untuk tidak diberikan cabe pedas. Doclang merupakan makanan yang terdiri dari ketupat, tahu, telur, kentang, serta ada siraman bumbu kacang mengitarinya.

Loading...

19. Asinan Bogor

Asinan Bogor dapurkobe.com

Selain asinan betawi yang menggunakan kuah bumbu kacang, ada juga asinan bogor dengan ciri khasnya dibuat memakai kuah dari cabai merah. Dalam satu porsi asinan, selain adanya kuah pedas tersebut, ditambahkan pula dengan adanya potongan sayuran atau buah-buahan, bahkan keduanya bisa digabung. Asinan ini terdiri dari dua varian rasa asinan sayur dan asinan buah. Untuk sayurnya, kerap dipakai sayur dengan jenis tauge dan kol, yang nantinya akan dipotong kecil-kecil, sedangkan buahnya adalah buah tropis layaknya bengkuang, jambu, salak, dan nanas.

20. Taoge Goreng

Toge Goreng Bogor via okezone.com

Kata goreng pada makanan ini didapat dikarenakan perebusan tauge-nya dilakukan menggunakan wajan, yang notabene digunakan sebagai alat penggorengan. Dalam satu porsi makanan ini tidak hanya tauge saja yang ada namun akan ada mie rebus dan tambahan potongan ketupat dalam satu porsinya, serta tak lupa ada siraman kuah oncom yang semakin menambah cita rasa serta kenikmatan dari makanan ini. Makanan yang kerap dijajakan dengan menggunakan pikulan ini ternyata sudah mulai langka, dan untuk harga dari makanan khas Jawa Barat yang langka ini sendiri cuma 10 ribu satu porsi lengkapnya.

Beberapa dari makanan tradisional Jawa Barat dan keterangannya tersebut tentu sudah anda kenal bukan? Banyak juga yang sudah di jual secara online di marketplace – marketplace terkenal. Karena memang kue atau beberapa makanan tradisional tersebut bisa tahan lama walaupun tanpa bahan pengawet jadi sangat praktis. Juga bisa anda buat oleh – oleh ketika anda liburan ke daerah Jawa Barat tentunya.

Setelah mengetahui 20 makanan tradisional daerah Jawa Barat ini tentunya kita semakin sadar bahwa Indonesia memang di anugerahi dengan ribuan makana tradisioanl dan ratusan suku serta kebudayaan yang beraneka ragam. Yang seharusnya selalu kita syukuri dan kita jaga kelestariannya. Oleh karena itu anda bisa membagikan artikel ini untuk meneruskannya kepada yang belum mengetahuinya..

Loading...

Leave a Reply