Inilah 20 Makanan Khas Sumatera Utara Yang Unik dan Enak

Posted on

Terdapat 20 Makanan Khas Sumatera Utara yang mungkin anda belum ketahui, namun selain nama yang unik rasanya juga tidak pernah bohong. Selalu membuat orang yang pertama kali makan makanan ini serasa pengen nambah lagi. Mulai dari masakan, sayuran, juga berbagai kue khas Medan yang bisa kamu bawa pulang untuk oleh-oleh.

Tak pernah sepi dari pembeli oleh-oleh khas Medan memang merupakan sesuatu yang sangat di tunggu atau di cari oleh para pelangcong baik lokal maupun luar negeri, yang berkunjung ke kota Medan. Tak jarang banyak marak artis yang berlomba membuat bisnis makanan khas kota Medan atau kota lainnya karena memang dari segi keuntungan sangatlah menggiurkan.

Sebelumnya kita sudah membahas 20 makanan khas Aceh. Tentunya kamu sudah baca kan? Kalau belum kamu boleh membacanya karena makanan Aceh juga menarik dan enak lho. Nah tidak berlama – lama berikut adalah 20 makanan khas Sumatera Utara atau Medan yang bisa anda nikmati :

1. Arsik Ikan Mas

Arsik Ikan Mas via cookpad.com

Arsik ikan mas adalah salah satu makanan yang sangat digemari oleh masyarakat Sumatera Utara khususnya masyarakat suku mandailing dan batak. kuliner yang satu ini terbuat dari bahan dasar ikan mas dan berbagai macam bumbu yang melengkapinya. Walau terlihat seperti gulai ikan biasa namun yang membuat rasa arsik ini berbeda dengan gulai pada umumnya adalah bawang batak, asam siala dan andaliman yang membuat rasa dari arsik ini jauh berbeda.

2. Pancake Durian

Pancake durian via medium.com

Durian adalah salah satu buah yang sangat terkenal di Sumatera Utara. Masyarakat di Sumatera Utara sangat menyukai buah berduri yang satu ini, tak heran ketika musim durian berlangsung akan terlihat banyak warga yang berbondong-bondong datang kepenjual durian. Pancake durian sendiri merupakan salah satu kuliner yang terbuat dari bahan dasar durian, krim dan dibalut kulit dadar. Pancake saat ini juga menjadi salah satu pilihan buah tangan bagi para warga ataupun wisatawan yang berkunjung ke Medan.

3. Bika Ambon

Bika Ambon instagram.com@twinskitchenmedan

Bika ambon memang salah satu kuliner khas Medan yang sudah banyak dikenal bahkan sampai kelur negeri. Kue ini memang kerap menjadi buiah tangan yang khas dari Medan. Dengan cita rasa yang manis dan legit serta harum kas yang keluar dari kue ini membuat banyak orang yang menyukainya mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Loading...

4. Putu Bambu

Putu Bambu instagram.com@solarismalang

Putu bambu adalah jenis kue yang dimasak didalam potongan bambu kecil dengan menggunakan uap air panas dari bagian bawahnya. Kue ini terbuat dari campuran tepung beras atau tepung pulut, kelapa dan gula dengan isian gula aren pada bagian tengahnya. Putu bambu akan sangat enak dinikmati dengan secangkir teh hangat atau kopi.

5. Anyang Pakis

Anyang Pakis – cookpad

Anyang pakis adalah salah satu kuliner Sumatera Utara yang terbuat dari sayur pakis, kelapa dan beberapa bumbu pelengkap lainnya. Tampilan dari anyang pakis ini terlihat hampir sama seperti urap, namun bumbu tang digunakn serta cara memasaknya sangat berbeda sehingga citarasa yang diciptakan juga sangat berbeda.

6. Mie Gomak

Mie_Gomak via bukalapak

Mie gomak adalah kuliner berbahan dasar mie lidi yang dimasak dengan campuran bumbu dan sayur kol. Mie gomak sendiri memilikik citarasa yang lemak dan gurih. Mie gomak akan semakin enak dinikmati dengan siraman bumbu pecal diatasnya.

7. Daun Ubi Tumbuk

Daun Ubi Tumbuk via Selerasa.com

Daun ubi tumbuk merupakan salah satu kuliner yang banyak disukai oleh masyarakat di Sumatera Utara. Kuliner ini terbuat dari bahan daun ubi yang ditumbuk tidak terlalu halus yang dimasak dengan santan dan tambahan rimbang dan kincung. Daun ubi tumbuk sangat enak dinikmati dengan nasi dan sambal.

8. Gulai Ikan Sale

Gulai Ikan Sale via instagram@vhanjani

Gulai ikan sale juga salah satu menu masakan rumah yang sangat digemari oleh masyarakat di Sumatera Utara khususnya masyarakat Tapanuli. Kuliner ini terbuat dari bahan dasar ikan sale, santan dan bumbu-bumbu lainnya. Masakan yang satu ini memiliki citarasa yang gurih dan pedas serta memiliki aroma yang khas yang berasal dari ikan yang disale. Menu makanan ini akan cocok bagi anda yang suka dengan makanan pedas dan gurih.

9. Sambal Tuk- tuk

Sambal Tuk-Tuk via coockpad.com

Sambal tuk – tuk adalah makanan khas dari mandailing natal yang cukup populer. Sambal ini terbuat dari bumbu cabe, bawang putih, bawang merah dan ikan teri. Sambal ini sangat enak dinikmati dengan nasi panas dan sayur daun ubi tumbuk.

Loading...

10. Sirup Merkisah

sirup markisa resep via masakterbaru.com

Merkisah adalah buah yang banyak tumbuh di daerah Sumatera Utara dengan dua cita rasa yang manis dan asam. Buah merkisah yang asam diolah menjadi sirup yang sangat enak. Sirup merkisah ini sangat nikmat bila dicampur dengan air dingin ataupun es batu dengan cita rasa asam manis yang menyegarkan.

11. Lontong Medan

Lontong Sayur Medan via INSTAGRAM@pempek_k2_rajanyaikantenggiri

Lontong memang bisa dijumpai dimana saja hampir diseluruh wilayah nusantara. Lontong Medan memiliki citarasa yang berbeda dengan lontong dari daerah lainnya. Lontong Medan disajikan dengan campuran sayur tauco, lodeh dan sambal. yang membuat cita rasa berbeda dari makanan ini adalah bumbu yang digunakan untuk membuat sayur campurannya.

12. Sayur Taucho

Sayur Tauco via cookpad

Taucho adalah permentasi kacang kedelai yang di campur dengan gula aren. Sayur taucho merupakan salah satu makanan rumahan yang menjadi vavorit warga Medan. Sayur taucho bisa bervariasi isiannya sesuai dengan keinginan dan selera orang yang memasaknya.

13. Naniura

Naniura via indonesia.go.id

Naniura adalah makanan dari ikan mas yang diasami, sedangkan yang membuatnya mirip sashimi adalah karena ikan tersebut tidak dimasak sama sekali. Makanan asli Sumatera Utara ini ternyata dulunya adalah makanan untuk para raja dan bangsawan. Bahkan orang yang bisa memasaknya haruslah para koki kerajaan yang sudah ahli untuk menyajikannya. seiring dengan perkembangan zaman makanan ini juga dapat dikonsumsi khalayak ramai dan bisa dibuat siapa saja. Rasa dari ikan akan terasa sangat ketir di mulut, sehingga masyarakat Tapanuli sering mengonsumsi dengan tuak (air nira) dan minuman bersoda.

14. Bubur Pedas

Bubur Pedas via TRIBUNFILE-IST

Bubur pedas adalah masakan khas melayu yang sangat terkenal di kota Medan. Masakan ini biasanya akan menjadi salah satu masakan yang sering disajikan ataupun dijajakan ketika bulan puasa tiba. Kuliner ini memiliki citarasa guris dan pedas namun sangat nyaman diperut.

15. Soto Medan

RM. Soto Medan jl. Riau via mhm.asia

Soto Medan adalah kuliner yang terbuat dari bahan santan dan bumbu yang bewarna kuning, kuning muda bahkan putih. Makanan ini disajikan dengan beragam isian mulai dari daging ayam, daging sapi hingga udang. Sebagai pelengkap biasanya akan ditambah pergedel, mie ataupun sayur tauge. Makanan dengan citarasa gurih dan lemak ini sangat enak dinikmati diwaktu pagi ataupun siang.

Loading...

17. Gulai Daun Ubi

Gulai Daun ubi via cookpad.com

Makanan yang satu ini sangat enak dinikmati diwaktu makan siang, Gulai daun ubi dimasak dengan bumbu khas gulai namun tidak menggunakan ikan ataupun ayam hanya daun ubi saja. beberapa orang juga menambahkan ikan sale ataupun labu kuning pada gulai daun ubi ini sehingga menciptakan citarasa yang berbeda dari sayur lainnya.

18. Kolak Durian

Kolak Durian via andikafm.com

Kota Medan memang salah satu surganya bagi pecinta durian. Buah durian memang akan sangat melimpah ketika musimnya berlangsung sehingga banyak orang yang membuat beragam olahan dari bahan dasar buah durian. Kolak durian adalah salah satu panganan yang dibuat dari bahan dasar buah durian yang dimasak dengan santan. Uniknya makanan ini disajukan dengan pulut dan isian lainnya

19. Kue Ombus-ombus

Ombus – ombus via COOKIN.ID/ROMY-PALAR

Kue ombus-ombus terbuat dari olahan berupa tepung yang diberi gula dibagian tengahnya dan kemudian dibungkus dengan daun pisang. Konon katanya ketika akan memakan makanan ini, diharuskan menghembuskan nafas lebih dahulu. Ombus-ombus merupakan kue khas dari Siborongborong, yaitu sebuah kota kecil yang terletak di Kabupaten Tapanuli Utara. Kue ini sendiri ternyata sudah melegenda sampai-sampai diabadikan sebagai lagu daerah populer di daerah tersebut.

20. Itak Gurgur Atau Itak pohul-pohul

Itak (Poul-Poul) via waspada.id

Itak gurgur terbuat dari bahan beras yang telah dihaluskan secara tradisional. Rasa yang dihasilkan dari itak ini yaitu perpaduan antara manis dan gurih. Namun, cara pembuatan makanan khas Sumatera Utara Medan yang satu ini sangatlah sederhana yaitu dengan mengandon itak, kelapa muda yang diparut, gula pasir, dan sedikit air panas. Setelah dicampur hingga rata, adonan ini dicetak secara manual dengan tangan sendiri.

Rasanya pasti enak-enak bukan? Apalagi oleh – oleh khas Medan, seperti Bika Ambon dan juga pancake durian selalu jadi primadona kalau pengunjung sedang liburan di kota Medan. Nah ternyata juga makanan ini bukan hanya di minati di kota Medan Sumatera Utara saja lho. Banyak juga orang yang membuat bisnis pancake atau mengirim pancake durian ke kota lain karena memang rasanya yang sangat enak dengan teksture yang lembut khas durian.

Ngomong-ngomong tentang durian ini sebagai informasi tambahan bagi kamu yang ingin berkunjung ke Sumatera Utara atau kota Medan dan ingin berburu durian. Sebaiknya kamu berlibur sekitar bulan Oktober, November ataupun Desember karena di bulan-bulan inilah sedang musimnya durian di kota Medan. Jadi kamu bisa mendapatkan harga yang lebih miring karena stok durian yang biasanya melimpah di musim ini.

Loading...

Nah demikianlah 20 kuliner khas Sumatera Utara yang bisa kamu coba ketika berkunjung ke kota Medan, Namun jangan berkecil hati kalau kamu tidak bisa liburan karena keterbatasan waktu atau ekonomi. Kamu masih bisa menikmati oleh-oleh khas medan dengan membeli secara online atau pun offline di daerah dekat tempat tinggal kamu. Selamat mencari dan silahkan bagikan informasi ini ya..

Loading...

Leave a Reply