12 Makanan Khas Mandailing, Beserta Gambar dan Keterangan

Posted on

Kuliner di Indonesia memang sangat beragam contohnya 12 Makanan Khas Mandailing beserta gambar yang bisa kamu rasakan kalau kamu liburan ke Sumatra Utara. Makanan ini sangat khas namun sudah banyak yang tersebar ke seluruh Indonesia seperti daun ubi tumbuk ataupun arsik ika mas. Namun ada juga lho makanan khas dari Mandailing yang mungkin namanya belum pernah kamu dengar dan tentunya kamu belum pernah coba.

Beragam bumbu dari rempah – rempah khas tanah air membuat masakan ini menjadi sangat nikmat apalagi di nikmati dengan nasi yang masih panas. Tentu saja akan menambah pengalaman bagi kamu yang suka traveling atau liburan ke berbagai daerah di Indonesia. Pastinya setiap daerah punya kesamaan dan perbedaan serta ciri khas tersendiri ya. Namun itu semua masih bisa kita nikmati ketika liburan.

Di artikel sebelumnya kita sudah membahas 11 masakan khas Melayu Nah berikut adalah beberapa makanan khas yang bisa kamu nikmati ketika ke Mandailing Sumatera Utara :

1. Daun Ubi Tumbuk

Daun Ubi Tumbuk via Selerasa.com

Sayur daun Ubi tumbuk ini sebenarnya dikenal juga dibeberapa daerah lain seperti melayu. Daun ubi tumbuk khas mandailing berbeda dari daerah yang lainnya sebab daun ubi tumbuk khas mandailing ini akan dimasak dengan santan yang cukup kental dan rempah pelengkap lainnya seperti cabe, bawang, rimbang dan kincung. Jika dilihat tampilannya sekilas akan terlihat sama, namun ketika sudah dilidah maka akan terasa sangat berbeda.

Baca: Makanan Tradisional Minangkabau

2. Gulai Ikan Sale

Gulai Ikan Sale via instagram@vhanjani

Ikan sale adalah salah satu makanan yang sangat digemari oleh orang mandailing. Ikan yang disale biasanya adalah ikan limbat namun karna sekarang sudah agak susah menemukan ikan limbat maka ikan sale lebih banyak kita jumpai berbahan ikan lele. Biasanya ikan sale ini akan digule dengan santan yang agak kental dan dicampur bumbu – bumbu lainnya. Hampir semua rumah makan mandailing yang ada akan menyediakan menu maskan ikan sale ini.

Loading...

3. Arsik Ikan Mas

Arsik Ikan Mas via cookpad.com

Laup Arsik ikan mas juga salah satu menu yang sangat terkenal dikalangan orang Mandailing, Biasanya orang mandailing akan masak arsik ikan mas ini hanya pada saat – saat tertentu saja. Arsik ini memiliki bumbu yang khas dan sangat jarang didapatkan didaerah lainnya. Meski rasanya yang sangat lezat tak begitu banyak orang yang gemar memakan arsik ikan mas sebab ikan mas dikenal dengan ikan yang memiliki banyak duri meskipun rasa dagingnya sangat enak.

Baca: Rumah Makan Mandailing di Medan

4. Sambal Tuk-Tuk

Sambal Tuk-Tuk via coockpad.com

Tak lengkap rasanya tanpa mengenalkan jenis makanan yang ini. Sambal tuk-tuk adalah salah satu masakan khas mandailing yang sangat populer namun agak jarang ditemukan. Sambal ini sangat enak jika dinikmati dengan sayuran rebus dan nasi yang masih panas. Terbuat dari bahan cabe, bawang dan ikan teri yang jika kita lihat terkesan gampang membuatnya, namun jangan salah untuk mendapatkan cita rasa dari sambal tuk-tuk yang pas dilidah ternyata sulit sebab perlu keterampilan dalam membuatnya.

5. Pakat Rotan

Pakat Rotan via twiiter@arieparikesit

Unik makanana yang satu ini. Pakat adalah pucuk batang rotan yang masih muda, Pakat ini biasanya akan dibakar terlebih dahulu untuk memisahkannya dengan kulit luarnya. Setelah itu pakat akan direbus sampai agak lembut dan dimakan dengan sambal asam ataupun sambal tuk-tuk. Pakat ini memiliki cita rasa yang sedikit kelat kearah pait namun mampu menggugah selera kita untuk makan.

Baca: Soto Enak di kota Medan

6. Gulai Daun ubi

Gulai Daun ubi via cookpad.com

Sayur Gulai Daun Ubi juga salah satu masakan yang menjadi favorit bagi masyarakat mandailing. Gulai daun ubi akan dimasak dengan menggunakan bahan daun ubi yang lembut dan masih muda kemudian dicampur dengan santan dan beberapa bumbu lainnya tidak lupa menambahkan rimbang dan sedikit ikan teri belah untuk menambah kenikmatan rasanya.

Loading...

7. Itak (Poul-Poul)

Itak (Poul-Poul) via waspada.id

Kuliner Itak adalah kue tradsisional dri daerah mandailing yang dibuat dari tepung beras, gula aren dan Kelapa. Untuk memasak itak ini sebenarnya cukup mudah, Namun bahan yang digunakan meskilah bahan-bahan yang baik. Seperti tepung yang digunakan akan lebih baik jika hasil tumbukan sendiri dan tudak terlalu halus dalam menumbuknya.

Baca: Minuman Khas Mandailing

8. Toge Mandailing

Toge Mandailing via (dok.indonesia.go.id)

Orang yang tidak pernah atau belum pernah memakannya akan mengira jika makanan yang satu ini adalah berjenis sayuran. Toge mandailing tidak mengandung sayuran sedikit pun. Makanan ini lebih mirip seperti kolak namun memiliki citarasa dan isi yang berbeda. Toge mandailing dibuat dengan santan, gula merah, pulut putuh yang dipermentasi, lupis, candil dan pulut hitam. Makanan ini akan sangat digemari ketik bulan puasa tiba.

9. Sambal Kantori Joruk

Sambal Kantori Joruk via dinaariantitambunan.blogspot.com

Pelengkap makanan yang bernama sambal Kantori Joruk merupakan salah satu sambal yang cukup unik dan memiliki cita rasa yang berbeda dari sambal lainnya. Sambal ini terbuat dari bahan dasar cabai, ikan teri dan buah durian yang sudah difermentasi. Sambal ini akan memberikan cita rasa pedas dan asam dengan wangi khas durian.

10. Ikan asam Padeh

Ikan asam Padeh via prasmanan.com

Menu Ikan asam pade dapat dibuat dengan menggunakan daging ikan jenis apa saja. Untuk memasak ikan asam pade diperlukan beberapa bahan seperti cabe,bawang,lengkuas, sere, tomat dan beberapa bahan pelengkap lainnya. Warna dari masakan ini akan terlihat seperti ikan gulai hanya saja ikan asam pade dimasak dengan air biasa tidak menggunakan santan.

11. Ikan Mas Holat

Ikan Mas Holat via (wyudiantoro/twicsy)

Makanan yang satu ini memiliki cita rasa yang sangat unik dan sanagt digemari oleh masyarakat mandailing. Ikan Mas Holat dibuat dari bahan dasar ikan mas yang sudah di panggang dan kuah holat. Rahasia kelezatan dari makanan ini terletak pada bumbunya yang dibuat dari bahan dasar rebusan pucuk rotan muda di dalam kuahnya.

Loading...

12. Rendang belut

Rendang belut via cookpad.com

Belut adalah jenis binatang yang sering terdapat disawah atau diperairan dangkal lainnya. Bentuk dari belut panjang beberapa centimeter dengan kulit yang licin. Belut memiliki nilai gizi yang sangat baik bagi pertumbuhan balita. Bangimasyarakat mandailing rendang belut adalah makanan yang sangat enak karna citarasanya yang sanagt berbeda dengan rendang lainnya.

Bagaimana sudah puas melihat makanan – makanan yang enak-enak kan? Dari 12 makanan khas Mandailing tadi kira-kira mana ya yang anda suka? Kalau penasaran jangan tunggu lama lagi silahkan persiapkan liburan untuk travelling menjelajahi Sumatera Utara jadi kamu bisa menikmati kelezatan makanan khas tersebut ya.

Nah bahas makanan emang enak ya apalagi makannya bersama dengan keluarga tercinta sambil liburan wah pasti seru. Makanan khas Mandailing Natal atau biasa juga di sebut dengan Madina ini juga bisa kamu temukan di pusat kota Medan. Banyaknya perantau yang merantau dari Madina ke kota Medan dan membuka restoran atau rumah makan di sana yang menyediakan makanan khas dari Mandailing tersebut. Namun jangan khawatir makanan tersebut halal karena memang penduduk Mandailng Natal banyak yang beragama Islam.

Loading...

Leave a Reply