Inilah 20 Makanan Khas Jawa Timur Yang Enak Dan Murah

Posted on

Bicara makanan khas seperti 20 Makanan Khas Jawa Timur yang akan kita bahas sebentar lagi memang tiada habisnya. Mulai Jawa Barat, Jawa Tengah, hingga kini Jawa Timur masing-masing daerah memiliki ciri khas tersendiri yang tentunya berbeda dengan daerah lainnya. Walaupun sama-sama pulau Jawa namun makanan khas atau tradisional masing-masing suku daerah sangat berbeda dan unik. Itulah kekayaan buadaya nusantara yang harusnya membuat kita bangga sebagai sebuah bangsa yang besar.

Tidak hanya itu saja, selain makanan ini terdapat juga minuman, kue-kue khas masing-masing daerah yang biasa kita jumpai sebagai buah tangan atau oleh-oleh. Jadi kekayaan budaya ini sudah menjadi bisnis lokal yang membuat banyak orang bergantung ekonominya dari penjualan makanan khas tersebut. Hal ini sangat bagus dan baik sekali bagi perekonomian di daerah tersebut.

Di tambah lagi sekarang dengan kemajuan teknologi. Penjualan secara online juga sangat membantu mereka para UKM di daerah untuk bisa menjual makanan khas daerahnya secara nasional maupun internasional. Bila kita lihat di artikel sebelumnya yakni 20 Makanan Tradisional Jawa Barat anda bisa melihat beberapa makana daerahnya juga sudah banyak di jual secara online. Berikut ini adalah beberapa makanan khas Jawa Timur yang bisa anda coba :

1. Nasi Pecel Madiun

Nasi Pecel Madiun via cookpad.com

Sesuai dengan namanya makanan yang satu ini memang berasal dari wilayah madiun Jawa Timur. Makanan ini tergolong makanan tradisional yang lezat karena dibuat dengan bahan sayuran rebus yang diberi sambel bumbu kacang yang gurih dan pedas pedas. Biasanya makanan ini akan akan disajikan dengan dipincuk atau menggunakan daun pisang yang disematkan lidi.

2. Soto Lamongan

Soto Lamongan via shutterstock

Makanan ini memang sangat khas indonesia dan berasal dari lamongan Jawa Timur. Penampilan dan rasa dari soto lamongan yang unik dan juga menggoda. Selain itu rasanya akan begitu khas sehingga terasa sekali perbedaannya dengan soto yang biasanya dijual diwarung soto biasa.

3. Rujak Cingur Jawa Timur

Rujak Cingur Jawa Timur via Doyanresep.com

Jika biasanya rujak terbuat dari bahan buah – buahan maka berbeda dengan makanan yang satu ini. Namanya cingur karena memang berasal dari bahan dasar hidung atau bibir atas kerbau dan sapi. Makanan ini terkesan seram karena terbuat dari bahan mulur kerbau yang direbus dan juga diberi bumbu rujak khas dari surabaya.

Loading...

Saat telah disajikan makanan ini akan terlihat menggoda dan setelah anda merasakan rasanya tentu saja akan semakin tergoda untuk menikmatinya lagi dan lagi. Rujak cingur biasanya disajikan dengan dua pilihan yakni sayur yang mateng atau yang masih mentah. Semuanya tergantung selera anda.

4. Nasi Krawu

Nasi Krawu via instagram@comorderingresik

Nasi krawu adalah nasi campur-campur karena memang makanan ini dicampur-campur. Nasi ini berasal dari wilayah gresik dan memiliki tampilan sangat unik. Makanan ini biasanya disajikan dengan menggunakan daun pisang sehingga terkesan begitu tradisional. Bahan yang digunakan untuk membuat makanan ini adalah daging sapi yang disayat, ditambahkan semur daging, serundeng, jeroan sapi dan terasi.

5. Rawon Jawa Timur

Rawon via masakapahariini.com

Makanan ini identik dengan kuahnya yang hitam karena dibuat dengan luwek. Rawon juga merupakan makanan khas Jawa Timur yang sangat terkenal dikalangan masyarakat indonesia. Makanan ini terbuat dari bahan daging sapi yang dipotong dan kemudian diberi bumbu rempah yang beragam seperti bawang merah dan putih, ketumbar, laos, serai, lombok, kunir, kluwek, dan juga garam. Semua bumbu yang telah dihaluskan akan di masukkan ke dalam air kaldu daging sapi dan kemudian dimasak hingga warnanya hitam. Makanan ini akan sangat nikmat dimasak dengan nasi hangat.

6. Sate Kerang Jawa Timur

Sate Kerang via agsfood.net

Sate kerang terbuat dari bahan kerang tentunya. Pertama-tama kerang direbus lalu kemudian dipisahkan dengan cangkangnya. Sate kerang khas Jawa Timur juga sangat wajib untuk dicoba apabila anda sedang berada di Jawa Timur. Jika sudah, kerang ditumis dengan bumbu rempah istimewa khas dari Jawa Timur. Kemudian kerang akan ditusuk dengan tusuk sate lalu disajikan dengan lontong balap.

7. Lontong Kupang Surabaya

Lontong Kupang Surabaya via instagram

Makanan ini bernama kupang karena memang berada di pesisir Jawa Timur. Bahan utama makanan ini adalah kupang putih yang terbuat dari laut dan bentuknya seperti kerang namun kecil-kecil seperti biji kedelai. Lontong kupang merupakan makanan yang berasal dari surabaya juga. Selain itu banyak juga ditemukan di wilayah sidoarjo dan sekitarnya. Makanan ini akan disajikan dengan sate kerang dan juga air kelapa muda.

8. Nasi Tempong

Nasi Tempong via Devi-S Lestaridetikfood

Nasi ini terdiri dari beberapa bahan seperti sayuran rebus, nasi panas, tahu goreng, tempe goreng, jagung, ikan asin, dan diberi sambal mentah sangat pedas. Sambal yang pedas menjadi ciri khas dari nasi tempong. Tempong dalam bahasa indonesia berarti tampar karena saking pedasnya.

Loading...

9. Rujak Soto

Rujak Soto via (instagram-deargadis)

Rujak soto berasal dari wilayah banyuwangi. Makanan ini terbilang unik karena terdiri dari perpaduan soto dan rujak sayur sehingga akan terasa gurih segar. Rujak sayur disajikan dulu lalu akan disiram kuah soto beserta dagingnya. Rujak soto ini juga terasa unik karena ada aroma terasinya yang khas.

10. Pecel Rawon

pecel rawon via banyuwangibagus.com

Pecel rawon adalah makanan khas dari Jawa Timur yang juga sangat popular. Makanan ini disebut dengan pecel rawon karena merupakan perpaduan dari rawon dan nasi pecel. Nasi pecel yang telah dihidangkan dipiring akan disiram dengan kuah rawon beserta dagingnya. Rasa makanan ini sangat lezat dan membuat siapa saja sangat menyukai makanan tersebut.

11. Nasi Becek

Nasi Becek via travelingyuk.com

Makanan ini terdiri dari nasi yang diberi kuah kare kambing yang kental dan lezat. Nasi ini mirip dengan soto babat namun akan ada sate kambing yang melengkapinya. Sate kambing sudah dilepas dari tusuknya sehingga semakin mudah dinikmati.

12. Pecel Semanggi Jawa Timur

Pecel semanggi via surabayarollcake.com

Pecel Semanggi merupakan makanan yang juga sangat khas Jawa Timur. Daun semanggi banyak ditemukan di wilayah indonesia. Daun semanggi ini merupakan daun yang sejenis dengan paku air dan banyak di temukan di pematang sawah atau dipinggir saluran irigasi. Di Jawa Timur daun semanggi biasanya direbus dan kemudian disajikan bersama kecambah, kangkong, kerupuk, kemudian akan di siram bumbu pecel yang terbuat dari ketela rambat.

13. Lontong Balap

Lontong Balap via Shutterstockadie.foodtography

Makanan ini disebut sebagai lontong balap karena penjual berebut pembeli baik di jalan atau dipasar sehingga terasa seperti sedang melakukan balapan. Makanan ini terdiri dari lontong yang diiris lalu kemudian akan diberi tahu iris dan juga remesan letho. Selanjutnya akan diberi kecambah rebus agar lebih segar dan bergizi. Tidak lupa juga sate kerang yang gurih dan nikmat.

14. Kare Rajungan

Kare Rajungan cookpad.com

Ranjungan adalah kepiting maka makanan ini terbuat dari bahan kepiting besar yang dimasak dengan santan. Rasa dari kuliner ini tentu saja tiada duanya apalagi bagi anda yang senang menikmati makanan terbuat dari bahan kepiting. Banyak wisatawan yang datang ke tuban hanya untuk menikmati makanan yang satu ini.

Loading...

15. Suwar-Suwir

Suwar Suwir via shopee.co.id

Suwar-suwir adalah cemilan yang juga sangat khas dari wilayah jember. Makanan ini terbuat dari bahan singkong fermentasi sehingga terlihat seperti tape.  Ukuran suwar-suwir adalah sekitar 4 cm. Makanan ini bisa ditemukan dengan banyak rasa buah, coklat dan yang lainnya.

16. Menjes Malang

Menjes via ismed_photography_SS-Shutterstock

Makanan ini terbuat dari ampas tahu yang kemudian akan dibuat menjadi keripik. Bahan yang digunakan untuk membuat makanan ini adalah tepung berbumbu rempeyek sebagai balutan yang terdiri dari kunyit, daun jeruk, bawang putih, kemiri dan juga ketumbar.Makanan ini empuk dan enak namun tidak terlalu renyah.

17. Tahu Campur

Tahu campur travelingyuk.com

Makanan ini berasal dari Lamongan Jawa Timur. Makanan ini sangat unik dan bercitarasa istimewa karena tahu akan diberi ini daging sapi, tahu goreng, lalu perkedel, selada air, toge segar, mie kucing dan juga kerupuk udang. Makanan ini sangat lezat karena diberi bumbu petis, sambal serta taburan bawang goreng diatasnya. Menikmati makanan ini selagi masih hangat akan membuat anda merasa relax dan hangat.

18. Gethuk Pisang

Gethuk Pisang via bisnisukm.com

Gethuk biasanya akan terbuat dari bahan dasar singkong yang dihaluskan. Namun berbeda dengan makanan yang satu ini yang terbuat dari bahan dasar pisang. Makanan ini memang sangat unik karena buah pisang yang digunakan adalah raja nangka. Rasanya sangat khas yakni ada sensasi manis, dan asam. Gethuk ini teksturnya sama seperti gethuk umumnya dan tidak lembek karena pemilihan jenis pisang dan cara memasaknya yang tepat.

19. Brem

Brem via suarasikap.com

Makanan ini merupakan salah satu makanan khas Jawa Timur yang banyak dijadikan sebagai oleh-oleh. Brem berasal dari madiun Jawa Timur. Biasanya akan dijadikan sebagai buah tangan karena dijual dalam box yang sudah terbilang modern. Bahan dasar  dari makanan ini adalah ketan hitam, yang difermentasi kemudian endapannya akan diambil. Nah, endapan ini yang akan dijadikan brem.

20. Wingko Babat

Wingko Babat via sashylittlekitchen.com

Makanan ini terbuat dari bahan seperti kelapa muda, tepung beras ketan, dan gula. Bentuk makanan ini bulat pipih dengan rasa manis, gurih dan kenyal. Makanan ini menjadi slah satu camilan yang sangat digemari oleh masyarakat Jawa Timur.

Loading...

Menarik bukan? Makanan khas Jawa Timur dan penjelasannya bagian mana yang anda sering anda dengar atau lihat. Biasanya Surabaya adalah daerah yang paling sering di ketahui orang tentang Jawa Timur. Selain karena memang merupakan kota bersejarah karena merupakan kota Pahlawan. Daerah ini juga merupakan kota ke 2 terbesar di Indonesia setelah DKI Jakarta. Dengan penduduk yang sangat besar dan juga kota yang besar membuat perekonomian di daerah ini sangat maju dengan pesat.

Berwisata ke Surabaya atau daerah lainnya di Jawa Timur sangat lah mengesankan kerana sama seperti provinsi lainnya di Indonesia. Semakin anda telusuri suatu daerah anda akan semakin takjub dengan keindahan alam serta budaya dan juga makanan khas daerah tersebut. Selain rasanya yang enak juga mempunyai nama-nama yang unik yang hanya ada di daerha tersebut.

Setelah 20 Makanan Khas Jawa Timur yang telah kita bahas tersebut selanjutnya kita akan membahas tentang beberapa budaya di nusantara jadi anda bisa mengunjungi lagi website kami ya. Jangan lupa untuk share atau bagikan kepada teman-teman anda tetang artikel ini untuk melestarikan budaya nusantara di Indonesia.

Loading...

Leave a Reply