Wajib Coba 18 Makanan Khas Daerah Bengkulu Yang Unik

Posted on

Kuliner Indonesia memang beraneka ragam seperti 18 Makanan Khas Daerah Bengkulu yang rasanya sangat enak sekali dan kamu mesti mencobanya. Selain cita rasa khas yang berbeda atau tidak ada juga nama – nama makanannya juga unik banget lho. Mungkin kamu akan kesulitan menemukan makanan – makanan ini di daerah lainnya karena memang makanan ini Cuma ada di Bengkulu lho. Karena merupakan makanan khas daerah tertentu biasanya hanya ada di daerah tersebut saja ya.

Sayang banget rasanya untuk kamu yang hobi traveler tapi belum pernah cobain makananan ini. Memang makanan ini memang bahan-bahannya pada dasarnya sama seperti makanan di daerah lain seperti makanan khas Sumatera Utara, seperti misalnya mie atau pisang, berbagai jenis kue dan lainnya. Namun cara penyajiannya yang berbeda dan unik yang membuat makanan – makanan ini berbeda. Makanan khas bengkulu adalah sebagai berikut :

1. Gulai Pisang

Gulai Pisang foto via cookpad

Buah pisang adalah salah satu buah yang banyak digemari oleh masyarakat indonesia. Buah ini memiliki rasa yang manis dan tekstur yang lembut. Selain rasa yang enak buah pisang juga memiliki berbagai manfaat untuk tubuh manusia. Jika biasanya pisang sebagai buah-buahan disantap begitu saja, namun di Bengkulu pisang dapat diolah menjadi masakan berupa gulai.

Di daerah Bengkulu resep gulai pisang ini diwariskan secara turun temurun. Cara memasaknya cukup mudah. Pertama kamu harus menyiapkan2  bahan utama berupa pisang dan santan secukupnya. Rendam pisang dengan garam dan jeruk nipis, kemudian tiriskan dan rebus selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu, campurkan pisang dengan bumbu-bumbu khusus gulai kemudian dimasak sebentar sebelum disajikan.

2. Gulai Kemba’ang

Gulai Kemba’ang via correcto.id

Gulai kemba’ang adalah kuliner yang terbuat dari bahan dasar iga sapi yang dimasak dengan bumbu gulai. Masakan ini akan sangat gampang kita jumpai ketika bulan ramadhan. Gulai kemba’ang dikenal di daerah Mukomuko. Banyak masyarakat yang menyukai masakan yang satu ini mulai dari anak muda hingga orang tua menyukainya

3. Pendap

Pendap via bengkuluinteraktif.com

Saat anda berkunjung ke Bengkulu menu makanan ini adalah salah satu menu wajib untuk anda nikmati. Pendap sejatinya merupakan varian lauk yang terbuat dari ikan. Cara memasaknya cukup mudah, pertama tama siapkan beberapa bumbu yang terdiri dari bawang putih, cabe giling, kencur, dan kelapa parut muda. Kemudian bumbu tersebut dimasukkan ke dalam daun talas bersama dengan daging ikan. Setelah itu, pendap direbus kira kira 8 jam sampai ikan benar-benar matang dan bumbunya meresap. Pendap siap disajikan bersama dengan nasi putih hangat.

Loading...

4. Bagar Hiu

Bbagar Hiu via kinerjaaktif.com

Berikutnya akan dilulas makanan khas Bengkulu beserta gambarnya yang dikenal dengan nama bagar hiu. Sebagaimana namanya, sajian kuliner yang satu ini berbahan dasar daging hiu berjenis hiu punai atau hiu tanduk yang dagingnya tidak terlalu amis. Konon katanya, bagar hiu adalah salah satu makanan favorit Presiden Sukarno selama beliau berada dalam masa pengasingan di tahun 1938 sampai dengan 1942. Daging hiu ini belum begitu populer di Indonesia, maka dari itu jika kamu penasaran ingin memakannya kamu harus datang ke Bengkulu.

5. Tempoyak

Tempoyak via Brilio.net

Tempoyak merupakan panganan khas dari bengkulu yang terbuat dari buah durian yang difermentasikan. Setelah buah durian dipermentasi kan secara sempurna kemudin diolah sedemikian rupa bersama bahan lainnya yaitu daging ikan patin. Masyarakat bengkulu sangat menyukai makan yang satu ini tak heran jika makanan ini akan sering kita jumpai saat berkunjung ke Bengkulu.

6. Bay Tat

Bay Tat via Shopee.co.id

Bay Tat adalah makanan berjenis kue berbentuk segi empat. Sebenarnya makanan ini adalah hasil akulturasi dari kue tart menjadi jenis kue pie dengan toping atas berupa nanas atau keju. Menurut cerita dikalangan masyarakat bengkulu dahulu sebenarnya kue ini adalah jenis makanan yang biasa disajikan kepada par raja. namun seiring berkembangnya zaman kue ini m enjadi salah satu jenis oleh-oleh khas bengkulu.  Kue ini dibuat dari campuran tepung gandum, telur ayam, mentega, dan juga gula pasir. Teksturnya lembut rasanya manis ditambah dengan topping yang menarik hati.

7. Mie Terbang

Mie Terbang via correcto.id

mie terbang adalah Kuliner khas Bengkulu yang unik. Makanan yang satu ini dipelopori oleh Salman, seorang pemilik rumah makan yang ada di pusat jajanan kuliner Bengkulu yang terletak di Jalan Rafflesia. Ide kreatif Salman dan istrinya ini ternyata diterima oleh masyarakat karena dianggap unik dan beda dari yang lain. Mie ini disajikan dalam keadaan terbang dari dalam mangkok. Ada trik khusus yang dipakai agar mie terlihat seperti terbang. Mie terbang ini juga mempunyai tingkat level kepedasan hingga level lima. Biasanya mie ini disajikan bersama dengan kerupuk, irisan timun, telur, dan juga tomat.

8. Manisan Terong

Manisan Terong via shopee.co.id

Keunikan dari makanan khas bengkulu ini adalah bahan dasarnya yang terbuat dari terong berbeda dengan manisan lainnya yang akan terbuat dari buah.  Sesuai dengan namanya, manisan terong ini mempunyai rasa yang manis dan tekstur yang legit. Untuk dapat menikmati manisan terong ini, ada tiga tahap yang harus dilakukan, pertama menyiapkan bahan, kemudian pengolahan, dan yang terakhir pengemasan produk. Satu bungkus manisan terong dijual dengan harga kurang lebih 15 ribu rupiah. Jika dicicipi, manisan terong ini rasanya hampir mirip dengan buah kurma.

9. Kue Siput Bengkulu

Kue Siput via kaskus

Kue Siput Bengkulu terbuat dari tepung dengan isi kacang digulung seperti siput. Rasanya renyah. Ada yang berbalut gula merah dan ada yang asin. Kue memiliki bentuk seperti siput. Cemilan khas Bengkulu ini dijual dengan harga dimulai dari Rp. 15.000/ plastik.

Loading...

10. Kue Cucur

Kue Cucur via tokopedia.co.id

Selanjutnya ada kue khas Bengkulu bernama kue cucur yang terbuat dari tepung terigu dan campuran gula merah. Kue cucur ini dijual cukup murah, satu biji hanya seribu rupiah saja. Di Bengkulu, kue cucur ini merupakan satu dari tujuh jenis kue yang harus disajikan dalam prosesi lamaran seorang calon pengantin.

11. Lema

Lema via Dontree/Shutterstock

Sama dengan tempoyak, makanan khas Bengkulu lema juga terbuat dari fermentasi. Apabila tempoyak terbuat dari fermentasi buah durian, lema diolah dari adonan rebung atau bambu muda cincang yang dicampur dengan ikan air tawar. Setelah itu difermentasikan. Jika tidak dengan ikan tawar, lema bisa juga dicampur dengan liling dan rebung atau bambu muda. Sekedar informasi, liling adalah keong yang biasa hidup di persawahan. Lema memiliki cita rasa asam dan aroma yang sangat kuat. Meskipun aromanya sangat menyengat, namun banyak orang yang menyukai rasanya dan menjadikan lema sebagai lauk ketika makan nasi dengan lalapan.

12. Kue Lepek Biniti

Kue Lepek Beniti via masakandapurku.com

Nama makanan khas Bengkulu berikutnya adalah kue lepek beniti. Kue ini sama menariknya dengan kue tat serta sering dijadikan menu berbuka puasa saat Ramadhan tiba. Kue lepek biniti terbuat dari adonan tepung ketan, garam, santan, daun salam, lengkuas, beserta bahan-bahan lainnya kemudian dibungkus dengan daun pisang. Kue khas Bengkulu ini cocok dijadikan oleh-oleh, hanya saja tidak bisa bertahan lama karena khawatir rasanya akan berubah jika disimpan terlalu lama.

13. Rebung Asam Undak Liling

Rebung Asam Undak Liling via sumber.com

Makanan khas Kota Bengkulu selanjutnya adalah rebung asam udank liling. Sebagaimana namanya, makanan ini berbahan dasar rebung atau batang bambu muda. Cara mengolahnya masih sangat tradisional. Pembuatan rebung asam undak liling ini tidaklah sebentar karena sebelum diolah, rebung harus direndam selama beberapa hari agar rasa asam dari rebung bisa keluar. Setelah direndam, barulah dicampur dengan liling atau keong hitam yang biasa hidup di sawah.

14. Kue Perut Punai

Kue Perut Punai via masakantradisona.com

Makanan khas provinsi Bengkulu selanjutnya adalah kue perut punai. Punai merupakan nama burung, namun bukan berarti kue ini berbahan dasar daging burung punai ya. Kue yang satu ini dinamakan kue perut punai karena bentuknya yang mirip dengan perut dari burung punai. Kue ini bisa kamu jadikan oleh-oleh karena bentuknya unik dan rasanya nikmat tidak kalah dengan kue pabrikan. Kue perut punai mempunyai dua varian rasa, yaitu rasa original dan rasa manis.

15. Sirup Kalamansi

Sirup Kalamansi via bengkuluinteraktif.com

Dari bermacam-macam makanan khas Bengkulu di atas, ada juga minuman khas Bengkulu yang populer hampir di seluruh Indonesia, yaitu sirup kalamasi. Sirup kalamasi merupakan sajian minuman khas daerah Bengkulu yang dibuat dari gula pasir dan jeruk kalamsi. Minuman ini dapat diminum kapan saja dan dimana saja. Bisa disajikan panas maupun dingin, selain itu minuman ini mengandung banyak sekali gizi dan juga dapat memperlancar sirkulasi darah.

Loading...

16. Bolu Koja

Bolu Koja via resepkoki.id

Makanan khas dari Bengkulu yang satu ini mirip dengan bolu kojo khas Palembang. Perbedaannya ada pada tambahan agar-agar putih guna menghasilkan rasa gurih. Teksturnya sangat lembut seperti kue brownies dan cita rasanya sangat nikmat. Bolu koja ini menggunakan campuran agar-agar, sehingga terasa lembut di lidah. Warna dari bolu koja dominan hijau yang berasal dari campuran daun suji dan daun pandan. Banyak pembuat bolu koja yang berkreasi dengan menambahkan topping keju atau meises di bagian atas bolu koja ini agar lebih menarik minat pembeli.

17. Kue Satu

Kue Satu via Budaya-Indonesia.org

Berikut ini disajikan makanan khas Bengkulu dan resepnya yang dikenal dengan nama kue satu. Bahan membuat kue satu ini diantaranya 2 ons kacang hijau, 1 ¾ ons gula halus, 2 sendok makan air, dan ¼ sendok teh essence vanili. Cara membuatnya, pertama tama kacang hijau di sangrai untuk melepas kulitnya. Setelah itu, kacang hijau dihaluskan dengan blender atau diuleg sampai lembut. Kemudian, kacang hijau tersebut disaring dan dicampur bersama dengan gula halus, air, serta vanili sembari diaduk hingga pulen. Siapkan cetakan kemudian cetaklah adonan sembari ditekan sampai padat. Panggang dalam oven dengan suhu minimal 150 derajat celcius hingga adonan menjadi kering. Begitu matang, angkat adonan yang sudah jadi kue dan dinginkan. Terakhir masukkan kue satu ke dalam toples atau letakkan dalam piring saji untuk dinikmati.

18. Teh Oolong

Teh Oolong via Shopee.co.id

Minuman ini berasal dari Kabupaten Kepahiang, Bengkulu. Diolah secara semifermentasi menghasilkan teh oolong dengan warna seduhan kuning keemasan dan aromanya khas. Teh oolong ini selain enak juga mempunyai beragam manfaat, diantaranya dapat menurunkan berat badan, memperbaiki ginjal dan limpa, serta mencegah plak dan karang gigi. Selain itu, teh oolong juga efektif mengatasi eksim dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Menarik bukan penjelasan dan gambar makanannya? Senang banget yang bisa merasakan makanan enaknya makanan itu. Selain makanan ternyata minuman khas Bengkulu juga tersedia. Kamu bisa sekaligus menikmati minuman setelah pesan makanan khas Bengkulu ini lho. Namun jangan lupa kalau di Bengkulu juga banyak terdapat tempat wisata yang bisa kamu kunjungi.

Jadi jangan lupa untuk menyimpan Bengkulu sebagai destinasi wisata yang akan kamu kunjungi nanti ya? Apalagi sudah mendekati akhir tahun yang biasanya banyak orang yang memanfaatkan waktu liburan akhir tahun untuk jalan-jalan bersama keluarga. Baik itu wisata di dalam negeri maupun ke luar negeri. Walaupun sebenarnya Indonesia sendiri punya ribuan tempat wisata keren yang bisa kita kunjungi

Jadi sebenarnya tidak perlu buang-buang uang keluar negeri untuk menikmati liburan asyik dan menyenangkan untuk sekedar melihat pemandangan indah. Indoensia juga tidak kalah indah koq. Bahkan presiden pertama Indoensia yakni bapak Soekarno sendiri pernah mengatakan bahwa Indonesia adalah tanah air tercantik di dunia. Nah demikian tadi 18 Makanan khas daerah Bengkulu silahkan share atau bagikan artikel ini ya semoga bermanfaat..

Loading...

Loading...

Leave a Reply