17 Makanan Daerah Sumatera Barat Enak dan Murah

Posted on

Kamu pernah makan nasi Padang? Enak kan nah ini ada 17 Makanan Daerah Sumatera Barat yang tentu saja enak banget bahkan mungkin lebih enak. Tapi udah tahu belom selain makanan yang sering kamu beli di restoran padang atau rumah makan padang. Ternyata masih banyak sekali makanan khas Padang yang perlu kamu cobain.

Bagaimana penasaran kan dengan nama dan rasa makanannya? Nama – nama makanannya unik banget lho tapi rasanya enak bukan main. Yang sering makan masakan Padang pasti tahu klo makanan Padang itu enak dan sudah pasti kehalalannya. Artikel sebelumnya juga membahas makana yakni lokasi 5 warung soto enak di Medan bisa kamu baca ya. Biar gak penasaran lagi nah berikut ini kami sajikan nama makanan daerah dari Padang Sumatera Barat :

1. Gulai Paku

Gulai Paku via padangtourism.info

Gulai paku terbuat dari bahan dasar sayur pakis yang dimasak dengan santan bercampur bumbu halus dari cabai rawit, lengkuas, asam kandis, kunyit, serai, dan daun jeruk.  Selain sayuran pakis biasanya masyarakat akan memberikan pelengkap ikan asin jambal, udang, atau ikan teri. Gulai ini akan diberikan kuah hasil pemasakan dengan rasa pedas asam, yang disantap bersama dengan telur rebus atau potongan ketupat.

2. Lompong Sagu

Lompong Sagu via ig@ajrizabuchary

Makanan tradisional Sumatera Barat ini berasal dari daerah Minang yang memiliki cita rasa manis dengan aroma khas pemanggangan. Bahan yang digunakan untuk membuat lompong sagu adalah tepung sagu, parutan kelapa, gula merah, santan, dan pisang kepok atau pisang raja. Kue lombpong sagu memiliki bentuk yang sangat unik, setelah selesai dipanggang, biasanya akan disajikan di atas piring dengan bentuk kotak hasil potongan, bisa juga diberi taburan parutan kelapa.

3. Rendang Paru

Rendang Paru via (SHUTTERSTOCK-SASSY PHOTOWORK)

Jika biasanya rendang lebih identik dengan menggunakan bahan dasar daging sapi, maka rendang paru adalah pengecualiannya. Jenis olahan rendang ini dibuat menggunakan paru-paru sapi yang memiliki tekstur lebih lunak dan basah. Rendang paru sangat berbeda dengan rendang daging sapi, selain bahan dasar berbeda, bumbu-bumbu yang digunakan untuk memasaknya juga berbeda. Kebanyakan bumbu rempah yang digunakan adalah bawang putih, jahe, lengkuas, cabai merah, dan dedaunan yang telah dirajang. Kemudian semua bumbu itu akan dihaluskan untuk nantinya dimasak bersama paru sapi.

4. Sate Lokan

Sate Lokan via prasmanan.com

Sate lokan adalah sate yang menggunakan bahan dasar berupa kerang hijau. Walaupun awalnya hasil laut dengan nama latin Perna viridis L ini memiliki warna hijau, namun setelah dimasak akan bewarna oranye kemerahan. Sate lokan ini dimasak dengan cara merebus kerang terlebih dahulu tambahan bumbu halus yang terbuat dari bawang merah, bawang putih, lengkuas, ketumbar, serai, jahe, merica, jintan, kunyit, dan cabai merah. Setelah matang kemudian ditusuk dengan lidi bambu dan disajikan dengan kuah sate.

Loading...

5. Rendang Sapi

Rendang Daging – (Foto-cecoia.com)

Makanan yang dibuat menggunakan daging sapi ini dimasak dengan menggunakan bumbu rempah yang melimpah untuk menciptakan satu porsinya. Setelah semua bumbu dan potongan daging dicampur menjadi satu dengan santan, maka saat dimasak harus terus diaduk. Untuk mendapatkan citarasa rendang yang sempurna maka akan dibutuhkan waktu yang lama untuk memasaknya.

6. Sate Padang

Sate Padang via Tokopedia

Sate padang dibuat dari bahan dasar daging sapi dengan Rasa pedas dan gurih yang akan langsung muncul di mulut saat mengonsumsi satenya yang empuk. Sedangkan aroma yang akan timbul bila menghirupnya akan tercium aroma kunyit dan serainya yang khas. Hal inilah yang membuat jenis sate ini banyak peminatnya, bahkan sampai ke luar Padang.

7. Lamang Katan

Lamang Katan – indonesiakaya.com

Umumnya lamang akan dibuat dengan beras ketan, santan, dan garam dengan rasa yang lebih condong ke asin atau gurih. Dari namanya saja sudah pasti kamu akan tahu bila olahan ini dibuat dari beras ketan yang dibakar dalam bambu atau dikenal lamang. Lamang katan tidaklah sesederhana itu, karena biasanya akan diberi aneka isian dan bumbu untuk menghasilkan cita rasa yang berbeda, walaupun cara memasaknya sama. Kebanyakan olahan ini akan memiliki 3 rasa, yakni rasa manis, asin, dan ada pula rasa asam.

8. Karupuak Sanjai

Karupuak Sanjai via Bukalapak.com

Karupuak sanjai adalah keripik yang dibuat dari olahan buah singkong yang diberi bumbu. Nama Karupuak sanjai berasal dari daerah Bukittinggi, tepatnya di Jalan Sanjai, desa Manggis. Keripik yang dibuat dari  singkong yang diiris tipis-tipis ini terdapat 3 varian rasa, yaitu tawar, asin, dan pedas. Yang tawar bisa disebut pula dengan original, karena singkong yang telah diiris tidak dibumbui apapun. Sedangkan yang asin didapat dari tambahan bumbu berupa kunyit, garam, dan bawang putih yang dihaluskan. Sehingga akan menghasilkan keripik gurih dengan warna kuning. Dan untuk keripik dengan cita rasa pedas diolah dengan diberi bumbu balado dengan warna merah.

9. Galamai

Galamai Padang via Shopee.co.id

Makanan ini dibuat dengan komposisi bahan seperti tepung beras ketan, santan, gula aren, dan kacang tanah. sekilas makanan yang satu ini mirip seperti dodol atau jenang, karena galamai memang mirip kedua makanan tersebut. Bedanya hanya pada taburan kacang tanah yang menghiasi galamai, sehingga terdapat cita rasa yang berbeda dibanding kedua olahan dari Jawa itu.

10. Lamang Tapai

Lamang Tapai via Instagram-andy_gemstone_sungaidareh

Panganan ini disajikan dari lamang yang dimasak dengan medium bambu kemudian ditambah dengan tapai hasil fermentasi. Uniknya untuk membuat tape tersebut, bahan yang digunakan adalah ketan hitam yang telah dikukus sebelum akhirnya difermentasi. Proses fermentasinya sendiri menggunakan perantara ragi dengan kandungan jamur bernama Saccharomyces yang membuat beras ketan lebih encer dan berair.

Loading...

11. Bubur Kampiun

Bubur Kampiun via tokopedia.com

Salah satu makanan khas Sumatera Barat yang lainnya adalah bubur kampiun. berasal dari campuran hasil kukusan ketan putih, bubur sumsum atau bubur putih, bubur ketan hitam, bubur kacang hijau, bubur candil, hingga kolak pisang/ubi. Untuk menyajikannya juga unik, karena setiap bahan akan diambil satu persatu baru dimasukkan ke wadah.

12. Martabak Kubang

Martabak Kubang via food.detik.com

Walaupun martabak bukan makanan asli Indonesia, namun jika namanya adalah martabak kubang, maka itu adalah hasil akulturasi dari luar. Makanan ini aslinya berasal dari Nagari Kubang, Guguk, Lima Puluh Kota sehingga nama kubang melekat padanya. Bahkan para perantau dari daerah tersebut kerap menjadi penjual martabak di pelosok nusantara. Martabak ini dibuat dengan isian daging sapi cacah bahkan rendang juga bisa, lalu ditambah dengan daun bawang. Bentuknya sendiri lebih besar daripada martabak pada umumnya, sehingga akan lebih tepat bila dinikmati ramai-ramai.

13. Soto Padang

Soto Padang via resepkoki.id

Soto adalah makanan khas Indonesia yang menyebar hampir diseluruh wilayah nusantara. Di pulau Sumatera sendiri ada soto padang yang memiliki cukup banyak perbedaaan dengan jenis lain, mulai dari bahan hingga rasanya. Soto padang sendiri terbuat dari bahan yang lebih simpel yakni hanya berupa daging sapi, bihun, perkedel kentang, dan kuah berkaldu sapi. Bahan daging sapinya digoreng kering dan kemudian dipotong kecil-kecil, atau disebut dengan dendeng.

14. Nasi Kapau

Nasi Kapau – food.detik.com

Sebagai makanan khas Sumatera Barat nasi kapau ini memang memiliki cita rasa yang paling enak. Jika Yogyakarta terkenal dengan nasi udegnya  maka di Bukittinggi ada yang namanya nasi kapau, yang sama-sama menggunakan nangka. Namun bedanya, nasi kapau lebih lengkap, karena selain nasi dan sambal, ada juga gulai sayur nangka (cubadak) yang bisa ditambah dengan puluhan lauk lain. Gulai nangka yang digunakan juga berair, tidak seperti gudeg, karena dimasak dengan santan namun tidak terlalu kental.

15. Ale-ale

Ale Ale Serabi via cookpad.com

Salah satu makanan asli Sumatera Barat adalah ale ale apam yang sangat terkenal di desa Silungkang Duo, Sawahlunto. Bentuknya sendiri hampir sama dengan serabi yang ada di Jawa, namun punya rasa yang berbeda. Rasanya yang enak membuat anak-anak hingga orang dewasa banyak menyukainya. Bahan yang digunakan untuk membuat makanan tradisional ini adalah beras putu, gula jawa, air kelapa, dan parutan pandan.

16. Ayam Pop

Ayam Pop via cookpad,com

Ayam pop adalah masakan khas Sumatera Barat yang dibuat dengan ayam kampung, lengkuas, bawang merah, bawang putih, daun salam, garam, dan jeruk nipis. Biasanya ayam pop disajikan per bagiannya saja, misalnya adalah bagian paha lalu di atasnya akan ditaburi sambal. Untuk mempercantik tampilan, biasanya di beberapa tempat makan atau restoran yang menyediakannya akan ada tambahan daun singkong dan kacang panjang rebus.

Loading...

17. Dendeng Balado

Dendeng Balado via dapurkobe.co.id

Dendeng adalah nama makanan daerah Sumatera Barat yang berasal dari daerah Minangkabau yang dibuat dari daging sapi yang dikeringkan. Menurut sejarah, makanan ini dibuat menjadi kering adalah karena agar masakan ini bertahan lama, sehingga saat dibawa perjalanan akan lebih lama basi. Makanan yang dibuat dari irisan daging sapi menjadi kecil-kecil ini kemudian akan dikeringkan, namun karena ini adalah dendeng balado maka akan diberi bumbu balado.

Gimana pecinta nasi padang? 17 makanan daerah Sumatera Barat tadi rasanya nama-namanya sudah tidak asing di telinga kan? Ya kalau kamu beli atau makan di restoran Padang pasti menu-menu di atas selalu menghiasi etalasi rumah makan tersebut bukan? Atau bahkan kamu sudah sering makan makanan Padang tersebut? Memang kebanyakan menu makanan di atas sudah sangat familiar di telinga para nasi padang lover jadi gak heran kalau banyak yang sudah tahu dan suka.

Kalau belum cobain deh, karena gampang banget cari restoran Padang hampir di seluruh Provinsi Indonesia ada nih rumah makan. Atau kamu juga bisa pesan melalui aplikasi online food, atau bisa langsung datang ke restoran Padang. Tinggal pilih mau yang Sederhana atau yang mewah semua ada. Silahkan kamu kunjungi website kami dan dapatkan berbagai info menarik lainnya dari seluruh Indonesia. Jangan lupa share ya..

Loading...

Leave a Reply