Macam – Macam Jenis Minuman Bandrek Yang Penting Diketahui

Posted on

Bandrek merupakan minuman tradisional yang banyak khasiatnya. Sampai sekarang masih terus dikonsumsi oleh warga Indonesia. Nama lain bandrek ada yang menyebutkannya Wedang Jahe yang memiliki cita rasa pedas sekaligus memberikan sensasi hangat ketika diminum.

Setelah ditelusuri ternyata bandrek mempunyai macam – macam varian yang lebih dari satu. Dan ini memperkaya tentang cita rasa minuman bandrek itu sendiri yang merupakan minuman tradisional nusantara yang menyehatkan. Dari beberapa sumber yang ditemukan bandrek ternyata disesuaikan dengan daerah nya masing-masing, begitu juga penyajiannya. Di kota Medan bandrek disebut Bandrek, sedangkan di daerah lain seperti Jawa, Bandrek ada menyebutnya dengan sebutan Wedang Jahe (air jahe).

Baiklah, berikut nama minuman yang sebangsa dengan bandrek.

1. Kembang Tahu

Kembang Tahu via Tribunnews

Yaitu wedang hangat yang mendapatkan pengaruh dari Tiongkok dan terbuat dari sari kedelai yang teksturnya memadat seperti tahu putih tetapi lebih lembut dan rapuh. Tahu ini kemudian diambil dengan cara di sendok ke dalam mangkok saji lalu disiram dengan air rebusan jahe bersama gula merah dan pandan. Kemudian dapat dinikmati dengan teman roti atau cemilan berupa gorengan gorengan.

2. Wedang Uwuh

Wedang Uwuh via Tokopedia

Wedang ini berasal dari daerah Yogyakarta dan bahan untuk membuatnya yaitu air rebusan jahe, cengkeh, kayu manis, akar dan daun serai, pala serta gula batu atau yang biasa dikenal dengan gula merah. Mengapa disebut minuman ini sebagai mempunyai nama minuman Uwuh tidak ada informasi yang jelas, hanya saja ditelusuri pengertian Uwuh adalah sampah yaitu minuman yang berasal dari komposisi bermacam-macam daun tersebut.

3. Bir Pletok

Bir Pletok via Resepkoki

Warna dari minuman ini sangat khas sekali. Hal ini disebabkan karena campuran dari bahan-bahannya. Bir pletok merupakan minuman jahe khas suku Betawi. Adapun bahan – bahan untuk membuat minuman ini yaitu rempah – rempah seperti pandan, serai, merica hitam, kapulaga, kayu manis dan kayu Secang. Sekilas minuman ini mirip seperti teh manis selain dihidangkan dalam keadaan panas biasanya bir pletok juga disajikan dalam keadaan dingin yaitu ditambah es batu.

Loading...

4. Sarabba

Sarabba via cookpad

Minuman Sarabba kabarnya berasal dari daerah Makassar. Minuman ini terkenal sebagai minuman yang dapat memulihkan stamina manusia dan juga mengeluarkan angin yang hinggap di tubuh manusia. Adapun bahan untuk membuat minuman Sarabba ini yaitu jahe, kuning telur, gula aren, santan dan lada bubuk. Anda juga bisa membuatnya untuk keperluan sendiri di rumah

5. Sekoteng

Sekoteng via beritasatu

Berasal dari Jawa Tengah, minuman Sekoteng ini terbuat dari air rebusan jahe ditambah dengan kacang tanah, kacang hijau, potongan roti, pacar Cina dan kolang-kaling. Ada yang menyatakan bahwa minuman Sekoteng ini persis dengan minuman Wedang Ronde, hanya saja ada penambahan susu kental pada Sekoteng sehingga cita rasanya lebih legit dan kental. Anda bisa meminumnya ketika anda bermain-main ke daerah Jawa Tengah saat liburan.

6. Bajigur

Bajigur via Okezone

Bajigur merupakan minuman khas daerah Jawa Barat yang terbuat dari air rebusan jahe gula merah dan santan encer yang direbus dengan daun Pandan ditambah sedikit garam. Pada penyajian yang begitu sering disajikan dengan beberapa potongan kolang – kaling yang telah diiris secara kecil-kecil. Kemudian Bajigur sering juga bersama dengan makanan tradisional lain seperti Nagasari, pisang rebus, kacang rebus dan ubi kukus.

7. Wedang Ronde

Minuman ini kabarnya berasal dari daerah Solo. Bahan untuk membuat air rebusan jahe ini yaitu gula merah, pandan termasuk nilai, serta isiannya seperti kacang tanah, potongan roti, kolang kaling, bola-bola ketan yang direbus dan lain-lain. Banyak orang menyukai Wedang Jahe ini, selain namanya yang begitu akrab di telinga minuman ini memiliki banyak khasiat untuk kesehatan manusia.

8. Bandrek

Bandrek via shopee

Bandrek diklaim sebagai minuman tradisional yang berasal dari Jawa Barat. Minuman tradisional ini mempunyai cita rasa yang pedas di mulut. Hal ini disebabkan oleh bahan dari air rebusan jahe kental dan tambahan berupa rempah – rempah seperti gula merah. Tidak hanya di Jawa, minuman bandrek sudah nasional khususnya tersedia di kota Medan. Ya, ada banyak minuman bandrek di kota Medan, hampir setiap sudut kota tersedia.

Untuk cara membuat minuman bandrek menurut informasi yang kami temukan bahan yang dibutuhkan untuk buat bandrek tidaklah begitu susah dan mahal. Anda bisa temukan bahan – bahannya seperti jahe, pandang, daging kelapa, dan yang lain-lain dipasar yang berada dekat di tempat tinggal Anda sekarang ini. Hanya saja masalah rasa kami tidak tahu apakah enak atau tidak. Yang penting berani mencoba dan jangan pernah takut gagal.

Loading...

Itulah beberapa tentang macam-macam minuman bandrek yang penting untuk diketahui. Jika Anda mempunyai tambahan sila sampaikan komentar Anda pada kolom yang tersedia. Terima kasih atas waktunya karena sudah berkenan mampir di blog ini.

Loading...

Leave a Reply