Lezatnya 20 Kuliner Khas Aceh Yang Harus di Coba

Posted on

Aceh merupakan provinsi paling Barat Indonesia di Aceh ada 20 Kuliner khas Aceh yang rasanya enak dan anda harus mencobanya. Sebenarnya ada lebih dari 20 makanan yang enak tapi kali ini kita kan mengupas tuntas 20 saja. Provinsi dimana terletak 0 kilometer Indonesia ini memiliki kekayaan bukan hanya wisata nya yang super indah mulai dari pantai, bawah laut, gunung, sungai, air terjun dan lain sebagainya.

Makanan atau kuliner di Aceh ini bukan saja bisa kita temui di Aceh, bila kita berkunjung ke Sumatera Utara apalagi kota Medan, maka kita akan menemukan banyak warung mie Aceh ataupun kopi. Karena memang pemiliknya adalah orang Aceh yang merantau ke kota Medan dan kota besar lainnya di Indonesia untuk mengadu nasib. Namun rasa dan ciri khas makanan khas Aceh ini tetaplah sama.

Kualitas rasa dan juga tampilan dari makana khas Aceh ini telah di wariskan secara turun temurun oleh dari generasi ke generasi sehingga rasanya akan tetap enak dan terjaga. Oleh karena itu sangat menarik untuk kita bahas 20 makanan khas Aceh dan keunikannya ini antara lain :  

1. Mie Aceh

Mie Aceh via resepmasakankreatif.com

Mie Aceh adalah salah satu makanan khas Aceh yang sangat terkenal. Makanan ini memiliki citarasa yang gurih dan pedas. Mie Aceh ini bisa disantap dengan kuah ataupun tanpa kuah. Bumbu yang digunakan untuk membuat mie Aceh ini memang berbeda dengan mie lainnya karna rempah yang digunakan memiliki kekhassan rasa dan aromanya. Mie Aceh bisa ditambah dengan irisan daging, telur ataupun seafood tergantung dari selera masing-masing.

2. Pisang Sale

Pisang Sale via abualyatama.ac.id

Pisang sale merupakan maknan ringan yang terbuat dari bahan pisang yang disale. Pisang ini terbuat dari pisang pilihan yang memiliki rasa yang manis dan sedikit rasa asam. Pisang sale ini memiliki aroma yang sangat khas dan warna yang coklat kehitaman. Pisang ini cocok disantap kapan saja karena memang rasanya yang ringan dan tidak terlalu membuat kenyang.

3. Rujak Aceh

Rujak Aceh via Wistakul.com

Rujak Aceh memiliki tampilan yang sangat berbeda dengan rujak pada umumnya karna rujak ini terbuat dari buah rumbia yang disiram dengan kuah rujak. Buah rumbia memang banyak ditemukan di wilayah Aceh. Rujak Aceh ini bisa disajikan dingin dengan parutan es sehingga rasanya lebih segar.

Loading...

4. Sanger

Sanger via Instagram@enjoy_aceh, @ngopijtihad

Sanger ini terbuat dari kopi, susu dan gula namun perbedaannya terletak dari cara meracik dan takarannya. Bagi penikmat kopi akan merasakan bedanya ketika menikmati kopi sanger ini yang dibuat oleh orang Aceh. Ada cita rasa yang khas dan berbeda dari kopi susu pada umumnya.

5. Meuseukat

Meuseukat via pasai-aceh.com

Meuseukat adalah kue khas Aceh yang memiliki tekstur mirip seperti dodol namun memiliki warna dan rasa yang berbeda. Kue ini biasanya dibuat ketika ada acara-acara besar. Makanan ini terbuat dari campuran tepung dan buah nanas. Saat ini meuseukat sangat jaranag ditemui.

6. Mie Jalak Sabang

Mie Jalak Sabang via detiktravel.com

Mie jalak sabang ini merupakan salah satu makanan khas dari daerah Aceh. Mie ini memiliki tekstur yang kenyal dan disajikan dengan kuah kaldu kental lengkap dengan irisan daging, telur rebus dan juga tauge.

7. Sambal Ganja

Sambal Ganja via Instagram@mamacleokitchen

Sambal ganja begitulah nama kuliner yang satu ini, namun jangan salah meski memiliki nama yang cukup kontroversi tapi sambal ganja tidak mengandung ganja sedikitpun. Sambal ini diberi nama sambal ganja karna mampu membuat siapa saja yang menyicipinya merasa ketagihan.

8. Kue Adee

Kue Adee via steemit.com

Kue tradisional Khas Aceh ini dikenal juga dengan nama bingka Aceh. Kuliner ini memiliki cita rasa yang manis dan legit. Banyak masyrarakat ataupun wisatawan yang menjadikan kue ini sebagai buah tangan dari Aceh. Kue ini akan terasa makin nikmat bila disantap bersama dengan kopi ataupun teh.

9. Kuah Sie Itek

Sie Itek via nibble.id

Makanan ini terbuat dari bahan dasar daging itik dan rempah-rempah khas dari Aceh. Sekilas dari tampilannya masakan ini akan sama dengan kuliner berbahan dasar itik lainnya namun ketika dimakan kuliner ini memiliki citarasa yang sangat jauh berbeda. Perbedaan rasa ini berasal dari bumbu yang digunakan dan cara memasaknya yang sedikit berbeda.

Loading...

10. Bubur Kanji Rumbi

Bubur Kanji Rumbi via instagram@comsya_zub

Kuliner khas Aceh ini akan sangat mudah kita jumpai ketika bulan ramadhan tiba. Bubur kanji rumbia terbuat dari beras pulan yang ditumbuk dan direbus dengan rempah-rempah khas dari Aceh. Cita rasa dari kuliner yang satu ini adalah gurih dan legit sangat pas dinikmati ketika berbuka puasa.

11. Dendeng Aceh

Dendeng Aceh via tokopedia.com

Dendeng Aceh terbuat dari bahan dasar daging rusa yang jauh berbeda dari dendeng pada umumnya yang terbuat dri daging sapi. dendeng ini dimasak dengan beberapa bumbu hingga mengering dan siap untuk dinikmati.

12. Ungkot Kemamah

Ungkot Keumamah via tradisionalindonesiafood.blogspot

Kuliner ini terbuatdari ikan tuna yang yang telah direbus dan dikeringkan terlebih dahulu. masyarakat Aceh lebih mengenal ikan ini dengan nama ikan kayu. Setelah ikan kering lalu dimasak dengan menggunakan santan kelapa, kentang, cabai hijau, dan berbagai bumbu rempah sehingga menghasilkan cita rasa menarik dan menggoda lidah.

13. Martabak Aceh

Martabak Aceh via food.detik,com

Martabak Aceh menjadi salah satu makanan yang cukup populer di Aceh. Makanan ini terbuat dari kulit roti cane sebagi bahan dasarnya sehingga memiliki citarasa yang berbeda dari martabak pada umumnya. Martabak Aceh memiliki citarasa gurih dan sedikit pedas sangat pas disantap dengan teh ataupun kopi.

14. Sate Matang

Sate Matang via Instagram@aceh.kuliner

Sate matang adalah salah satu kuliner khas Aceh yang bersasal dari daerah matang. Yang membuat kuliner ini berbeda dari sate lainnya adalah daging sapi atau kambing yang telah diungkap dengan bumbu makanan khas Aceh lalu kemudian dibakar dan disajikan dengan kuah soto yang gurih.

15. Kuah Masam Keu-Neung

Kuah Masam Keu Neung via tradisionalindonesiafood.blogspot

Kue masam kuning ini hampir sama dengan masakan asam pade. Rasa dari masakan ini memiliki citarasa yang pedas dan asam yang menyegarkan. Masakan ini terasa berbeda dari masakan asam pade pada umumnya adalah karna cita rasa bumbu Aceh yang khas pada masakan ini.

Loading...

16. Kuah Pliek U

Kuah Pliek U via travelingyuk.com

Masakan yang satu ini memiliki nilai filosopi yang dalam bagi masyarakat Aceh. Masakan yang terbuat dari sayuran yang banyak dijumpai ditanah Aceh. Masakan ini berasal dari wilayah Aceh barat. Secara filosopi sendiri masakan ini memiliki nilai eratnya kekekrabatan masyarakat Aceh yang disatukan dalam sebuah kuali yang besar.

17. Ayam Tangkap

Ayam Tangkap via Pegipegi

Kuliner yang satu ini terbuat dari bahan dasar ayam yang digoreng. Perbedaannya adalah Kuliner khas Aceh ini dimasak dengan daun teumura dan cabai hijau yang digonseng bersama ayam dan ditaburi bawang goreng.

18. Kue Timphan

Timphan via anteroaceh.com

Timphan adalah jenis kue seperti lepat yang terbuat dari bahan dasar tepung ketan dan labu kuning. Timpan dibungkus dengan menggunakan daun pisang muda dan bagian dalamnya diberi inti yang terbuat dari kelapa dan gula merah. Biasanya kuliner ini banyak ditemukan pada saat idul fitri ataupun idul adha.

19. Kue Bhoi

Kue Bhoi via Kompasiana.com

Kue ini dikenal juga dengan nama kue ikan. Kue ini memiliki cita rasa yang manis. Biasanya kue ini banyak dijadikan buah tangan ataupun bingkisan pada saat upacara pernikahan. Kue Bhoi ini enak dinikmati bersama dengan kopi ataupun teh.

20. Jadah Lemang

Jadah Lamang Aceh via apasih.web

Jadah lemang terbuat dari bahan ketan dan santan kelapayang dimasak dalam bambu muda yang dibakar. biasanya lemang ini disajikan dengan lauk rendang dan lainnya pada saat idul fitri. Membuat suasana lebaran lebih menyenangkan dengan menu makanan yang enak dan lezat tentunya.

Melihat dari gambarnya saja sudah menggugah selera bukan? Bagaimana tidak dari 20 kuliner khas Aceh ini sudah di nikmati oleh jutaan orang setiap tahunnya, bahkan sering juga di ikut sertakan dalam berbagai ajang pameran kuliner khas nusantara. Bahkan tidak menutup kemungkinan untuk di lombakan di event Internasional lho. Indonesia memang menyimpan beribu kuliner yang bisa kita nikmati setiap saat.

Loading...

Selain kuliner khas Aceh ini ada juga 17 Kuliner di Sumatera Barat yang bisa kamu lihat ni, tidak kalah dari kuliner khas Aceh tentunya. Karena memang setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas nya masing-masing. Jadi beruntung kita sebagai orang Indonesia bisa menikmati keanekaragaman kuliner khas dari Indonesia ini. Untuk itu bila anda punya kesempatan jangan tunggu lama lagi segera travelling ke Aceh. Pemandangan yang indah dan eksotis plus makanan yang lezat bisa membuat liburanmu tak terlupakan. Sekian dulu makanan khas Aceh ini silahkan bagikan postingan ini ya..

Loading...

Leave a Reply