6 Keunikan Pakaian Adat Daerah Bali dan Faktanya

Posted on

Keunikan dari pakaian adat daerah Bali sangat menarik untuk diketahui oleh semua warga Indonesia, baik yang saat ini sedang berada di dalam atau luar negeri. Tentunya, ada banyak keunikan yang bisa ditemukan, mulai dari sejarahnya, kegunaanya, alasan membuatnya sampai dengan nilai filosofinya yang kaya akan budaya dari salah satu ajaran agama Hindu itu.

Mengupas tentang keunikan pakaian adat Bali tidak kalah pentingnya dengan mengenalinya satu persatu. Anggap saja kegiatan ini sebagai ajang lanjutan dari proses mengenalnya. Dan kaabar baiknya, Anda tidak perlu datang ke Bali untuk mendapatkan informasi tentang fenomena uniknya. Anda cukup berada di depan alat komunikasi zaman sekarang yang terkoneksi dengan komunikasi daring, maka semua itu akan terjawab.

Keunikan pada pakaian adat Bali merupakan salah satu daya tarik daerah wisata yang letaknya di pulau Dewata itu. Dan itu pula yang mengakibatkan banyak turis mancanegara berdatangan tiada henti – hentinya sampai sekarang. Tentunya, selain melihat budaya, mereka juga ingin menikmati eksotik wisata alam yang memanjakan mata. Tidak sedikit turis mancanegara yang mengenakan pakaian Bali dan sekaligus memberikan dampak positif bagi ekonomi Bali sendiri, khususnya dalam bidang bisnis fashion. Meski bernuansa tradisional, pakaian Bali ternyata memupnyai daya tarik yang sangat kuat bagi orang yang melihatnya.

Apa saja keunikan dari pakaian adat daerah Bali? Simak informasinya berikut ini.

1. Biji (Mebija) Dan Letaknya

Mebija (Facebook)

Memakai aksesoris Bija atau Mebija yang diposisikan di kening warga Bali menjadi pemandangan yang sering dilihat. Baik pria dan wanita Bali sama – sama melakukan hal tersebut, khususnya pada acara upacara adat Bali yang sering berlangsung hampir setiap bulan.

2. Warnanya Identik Putih

Putih selain melambangkan kebersihan, juga melambangkan kesucian. Mungkin ini yang menjadi alasan mengapa warga Bali memilih warna putih sebagai dominasi dari warna pakaian adatnya.

Loading...
Pakaian Bali (Blogger)

Hanya saja kelemahan dari pakaian warna putih adalah cepat sekali kotor jika orang yang memakainya tidak hati – hati dalam bergerak. Ini juga yang menjadi pesan moral, hati – hati dalam bersikap menjadi hal yang sangat penting dalam kehidupan sehari – hari.  

3. Bunga

Bunga menjadi aksesoris yang selalu ada dalam setiap pakaian adat Bali. Biasanya warga Bali memilih beberapa jenis bungan sebagai pelengkap dari busana yang dipakai. Tiga bunga yang dipiluh adalah bunga cempaka kuning, bunga cempaka putih atau bunga kamboja.

Diselipkan ditelinga menjadi pilihan mereka dalam memposisikan bunga – bunga tersebut. Jika dipakai oleh wanita Bali, maka keanggunan akan terlihat pada penampilan mereka.

Dampak ekonomi bagi pemakaian bunga ini sangatlah dirasakan bagi para petani yang ada di Bali. Mereka bisa menanam bunga secara terus menerus karena ada kebutuhan pasa sisi kehidupan sosial lain.

4. Tidak Memakai Penutup Bahu

Meski terkesan kurang sopan, namun beginilah fakta dari hal unik pada pakaian adat Bali. Bahu yang menjadi bagian tubuh tidak di tutup sebagaimana layakanya pakaian adat dari daerah lain. Bukan Cuma berlaku untuk wanita saja, ada pula pria yang juga mempraktekkan hal begini. Ini seperti sudah menjadi kebiasaan warga Bali dalam berbusana.

5. Melambangkan Filosofi

Dilihat dari aspek filosofi, sangat banyak hal yang bisa disampaikan. Namun pada kesempatan kali ini hanya beberapa saja disampaikan, seperti warna putih yang melambangkan kesucian dan Kamen yang diikatkan di pinggang melingkar dari kiri ke kanan (melambangkan darma). Kemudian pemakaian selendang untuk wanita memberikan makna bahwa wanita Bali harus ingat pada ajaran darma dan siap mendidik putra – putrinya kelak agar patuh terhadap orang tua). Apa cuma itu saja? Tentu saja tidak, ada banyak hal lain.

Loading...

6. Go Internasional

Dikenal didunia internasional merupakan sebuah keajaiban dunia itu sendiri. Hal ini memang sudah terjadi karena banyak artis dunia yang liburan ke Bali dan mereka memakai pakaian Bali kemudian memposting pada akun jejaring sosial. Suah pasti fansnya akan melihat dari seluruh dunia. Dan kabar baiknya tidak hanya satu artis yang melakukan aksi ini, ada banyak artis lain.

Raffi (Gird)

Oh iya, dalam beberapa pertunjukan tari tradisional Bali, para penari juga memakai pakaian Bali juga. Salah satu tari Bali yang sudah mendunia adalah tari Kecak.

Demikian informasi dari kami tentang apa saja keunikan pakaian adat daerah Bali. Usai membaca artikel ini kami yakin wawasan Anda semakin bertambah. Dan kami berharap Anda juga terlibat aktif dalam penyempurnaan artikel ini dengan menuliskannya di menu kolom komentar.

Loading...

Leave a Reply