7 Keunikan Pakaian Adat Bali Yang Perlu Diketahui

Posted on
Ulasan terkait dengan keunikan pakaian adat Bali yang memiliki ciri khas tersendiri
warga Bali mengenakan pakaian adat (mybalitrips)

Keunikan pakaian adat daerah Bali menjadi menarik untuk diketahui saat melihat banyak anak sekolah yang ingin mengetahuinya, entah karena tugas dari guru/sekolah atau memang ingin tahu secara pribadi. Maka dari itu, hadirlah tulisan ini sebagai informasi yang menjawabnya.

Dari pakaian adat pria dan wanita, kedua mempunyai ciri khas tersendiri. Baik dari warna, model sampai dengan aksesoris yang melengkapinya.

Pakaian tersebut bisa dilihat jelas saat digelarnya acara adat di Bali.

Berikut adalah beberapa keunikan pakaian adat Bali yang berhasil kami kumpulkan. 

1. Menggunakan Warna Putih

Warna putih jadi warna yang menguasai pada pakaian masyarakat Bali. Banyak argumen mengapa walau warna tersebut jadi piliha. Jawaban tepatnya, warna putih memiliki nilai filosofi yang menempel yakni menyimbolkan kesucian menurut mereka.

Warna putih adalah representasi kehadiran seluruh warna dasar dalam keadaan maksimum dengan proporsi sama besar. Putih, seperti juga hitam dan abu-abu, tidak bisa dikatakan didefinisikan sebagai warna tertentu.

Loading...

2. Selalu Ada Dijumpai Bunga

Bunga sering jadi aksesori yang menempel pada pakaian adat Bali. Yang diselipkan ditelinga baik pada wanita atau pria. Bunga yang digunakan bukan sembarangan bunga, tapi antara yang dapat dipakai ialah, bunga cempaka kuning, bunga cempaka putih atau bunga kamboja. Ada proses penyeleksian yang dilaksanakan dalam pelaksanaannya.

3. Tidak Memakai Penutup Pundak

Kemunculan ini menjadik disebagian orang. Karena apa penampilan tanpa penutup pundak untuk wanita dapat dimaklumi? Pertanyaan ini tidak dapat dijawab kesempatan ini. Karena ulasannya tidak ke arah ke sana. Ulasan artikel ini lebih ke arah ke apa suatu hal yang memiliki nilai unik berkaitan pakaian tradisi tradisionil Bali.

Dalam bermacam aktivitas acara, wanita dan pria Bali selalu kenakan baju tanpa memakai penutup pundak.

4. Sarat Nilai Filosofi

Ada nilai filosofi dari pakaian tradisi Bali apa langsung bisa diambil kesimpulan jika pembuatnya ialah orang yang arif? Silakan jawab di kotak kometar.

Dapat disebut semua elemen pakaian tradisi Bali menyimbolkan filosofi keagamaan, seperti pakaian tradisi Bali yang coraknya warna putih (menyimbolkan kesucian), selanjutnya Kamen yang diikatkan di pinggang melingkar dari kiri ke kanan (menyimbolkan darma), Penggunaan selendang pada wanita (memiliki makna wanita Bali sebaiknya ingat akan tuntunan darma dan siap mendidik putra putrinya nantinya supaya taat pada orang tua), dan lain-lain. Ada banyak nilai filosofi pada tiap pakaian tradisi Bali.

5. Jadi Trend Dunia

Banyak sekali artis Internasional yang tiba ke Bali rupanya memberi imbas dalam dunia mode. Jumlahnya aktris yang kenakan pakaian tradisionil Bali dan gambarnya trending di sosial media, karena itu promo gratis terjadi mengenai tujuan rekreasi di Bali.

Loading...

Ada peristiwa lucu dirasakan oleh rekan saat memperkenalkan tempat tinggalnya. Dia mengatakan tinggal di Indonesia. Tetapi temannya yang orang bule tidak paham. Mulai menyambung saat disebutkan wilayah Bali.

Ketenaran Bali hampir menenggelamkan nama negara Indonesia sendiri.

6. Mengenakan Biji atau Mebija Di Kening

Menggunakan Bija atau Mebija yang ditempatkan pada status kening ialah keunikan tertentu di dunia mode masyarakat Bali yang mendunia. Aksesoris dikening itu bukan hanya digunakan wanita saja, beberapa kaum pria  memakainya buat mendatangi acara – acara tertentu. Ditambah lagi bila acara upacara lokal digelar oleh masyarakat Bali. Karena itu masing – masing orang Bali berpenampilan untuk penampilan yang terbaik.

7. Mahal Harganya

Harganya dibilang mahal karena dampak dari Bali sebagai destinasi wisata. Meski begitu bagi orang tempatan memilikinya adalah suatu hal yang harus dan amat malu jika tidak mempunyainya. Apalagi bagi mereka yang didaulat sebagai tokoh adat.

Satu sisi, harga mahal bersifat relatif. Tidak semuanya dinilai dengan uang. Bagi mereka yang sudah benar- benar menyukainya, maka berapapun harga akan diusahakan.

Baca: Rental Mobil Banda Aceh Lepas Kunci

Loading...

Demikian ulasan tentang keunikan pakaian adat Bali kami utarakan untuk para pembaca dimana pun berada. Semoga apa yang disampaikan ini memberikan manfaat yang baik.

Loading...

Leave a Reply