Cara Menulis Artikel SEO Supaya Masuk Halaman Satu Google

Posted on

Untuk masuk ke halaman satu Google kabar baiknya tidak terlalu sulit dan kabar buruknya tidak juga terlalu gampang. Banyak sekali blog biasa yang terindeks dan masuk page one tanpa ada optimasi tertentu. Namun disatu sisi dijumpai banyak pula blogger yang mengalami kewalahan mengoptimasi blog nya agar bisa masuk pejwan.

Apakah Anda termasuk orang yang mengalami kesulitan dalam memasukkan artikel blog Anda Ke halaman satu Google? Anda sudah melakukan optimasi maksimal namun hasil ya tetap saja nihil. Dimana salahnya? Jawabnya adalah kesalahan pada riset kata kunci. Anda tidak bisa sembarangan dalam memilih kata kunci. Harus ada riset yang mendalam, baik jumlah pencarian dan para kompetitor.

Perlu diketahui, bagi blog yang masih muda alias seumur jagung, biasanya tidak langsung Google akan memberikan ranking. Butuh waktu yang tidak sebentar. Maka dari itu Anda harus sabar dalam membuat konten dan backlink secara berkala.

Gamabr terkait dengan cara masuk halan satu Google di mesin pencari
Ilustrasi halaman satu google (helencope)

Singkatnya berikut tahapan supaya artikel bisa masuk di halaman satu.

1.Cari kata kunci persaingan sedikit

Biasa dikenal dengan nama long tail keyword. Atau dalam bahasa sederhana kata kunci yang panjang. Contoh: Jasa edit video di Medan atau bisa juga judul yang begini: jasa pembuatan website di Medan.

Kedua kata kunci tersebut lebih mudah peluangnya masuk page one jika dibandingkan dengan kata kunci: Jasa edit video atau jasa pembuatan website.

Loading...

Kejar sampai ujung atau ekor daripada kata kunci tersebut untuk di optimasi.  

2. Tulis Artikel 800 – 1000 Kata

Semakin panjang semakin bagus. Ideal nya 800 kata sampai dengan 1000 kata sebuah artikel SEO. Jangan lupa sisipkan kata kunci yang di target. Anda bisa tulis sendiri atau bayar orang lain untuk menuliskan.  Harga artikel dengan jumlah kata 1000 biasanya untuk bahasa Indonesia berkisar Rp 20.000 – 30.000-an saja. Ingat, jangan salah dalam memilih penulis ya. Pilih yang sudah pengalaman yang ditandai dengan banyak klien.

3. Backlink secukupnya

Bancklink sangat urgen peranannya dalam menaikkan posisi artikel blog. Tanpa sebuah backlink ibaratnya raja tanpa ratu dalam sebuah istana. Tapi Anda harus paham karena tidak semua Backlink bagus di penilaian google. Maka dari itu biasakan cari backlink dalam bentuk content placement yang sudah diterapkan oleh para pemain SEO.

4. Pakai Plugin Yoast

Gunanya, Anda akan mudah menentukan indikator artikel SEO yang dimau oleh Google. Biasanya kalau artikel sudah memenuhi standart SEO, maka akan muncul tanda warna hijau.

Untuk instalasi plugin ini sangatlah mudah. Ada banyak panduannya yang dibagikan oleh para blogger. Sayangnya hanya terkhsusu untuk blog yang berplatform WordPress. Untuk blog yang memakai platform Blogger belum tersedia.

Baca: Tempat Beli Domain Terbaik

Loading...

Itulah beberapa cara untuk Anda yang ingin blog nya masuk di halaman satu Google. Selain cara diatas, Anda harus sering posting artikel terkait dengan judul artikel yang anda target. Istilahnya artikel pendukung.

Anda memang butuh melakukan eksperimen untuk beberapa artikel yang menandung kata kunci (keyword). Buatlah beberapa artikel dan tunggu bagaimana hasilnya. Karena hasil artikel yang satu dengan artikel yang lain belum tentu sama. Intinya, kalau artikel Anda memang benar- benar bermanfaat kepada para pembaca, secara otomatis Google akan menyukainya. Tulis artikel sesuai kebutuhan manusia, bukan robot. Selamat mencoba!

Loading...

Leave a Reply