Benarkah Orang Sunda Tidak Suka Merantau? Ini Jawaban Telaknya

Posted on

Kenapa orang Sunda tidak suka Merantau? Pertanyaan ini menjadi penting untuk dijawab karena banyak orang butuh kepastian apa alasannya. Berdasarkan dari penelusuran akhirnya ditemukan juga bahwa ada beberapa alasan kenapa orang Sunda tidak suka merantau.

Sebelumnya pengertian dari Merantau adalah berpindahnya seseorang/kelompok dari satu tempat ke tempat yang lain untuk tujuan pendidikan atau pekerjaan. Faktanya ada juga orang yang merantau karena ingin melakukan syiar dakwah kepada umat manusia.

Menurut laman Wikipedia, “Merantau adalah sebuah perjalanan seseorang menuju tempat tertentu dengan maksud tertentu, biasanya orang pergi merantau karena alasan pekerjaan dan mencari uang”.

Orang Sudan sedang olahraga Beladiri (Kompasiana)

Intinya kita sepakat bahwa merantau adalah perpindahan. Sebuah aktivitas yang juga banyak dilakukan para ulama sejak zaman dahulu kala. Bahkan Imam Syafii sangat menyarankan seseoarang untuk merantau alias keluar dari kampung halamanan menuju kampung orang lain. Hikmahnya agar manusia bisa banyak belajar, khususnya cara hidup mandiri.

Mengacu pada pesan Imam Syafii, maka bisa dibilang merantau adalah aktivtas yang sangatlah penting untuk dilakukan. Tentu saja tidak pula orang ang tidak merantau dapat disebut sebagai orang yang tidak penting ya. Singkatnya, merantau adalah pilihan hidup, mau merantau atau tidak, itu hak setiap orang.

Alasan Merantau ada 2 (dua), yaitu:

Loading...

1. Keinginan Sendiri

Keinginan karena memang lahir atas kesadaran diri sendiri. Pindahk dari satu lokasi kelokasi lain. Contohnya si A pindah karena habis kontrak rumah atau karena ingin mendapatkan lingkungan yang lebih baik.

2. Terpaksa

Kondisi ini biasanya karena peran serta pihak luar. Kita tahu zaman pemerintahan Soeharto dimana banyak orang Jawa melakukan transmigrasi dari pulau Jawa keluar pulau Jawa. Peran pemerintah menjadi stimulus warga melakukan aktivitas merantau. Bukan tanggung, jumlah orang yang merantau pun sangat banyak, tidak satu atau dua orang saja.

Nah, kembali kepada judul yang menyinggung kenapa orang yang Sunda tidak suka Merantau. Untuk menjawabnya, kami sudah melakukan sedikit kerja keras dalam bentuk penelitian sederhana yang menghasilkan dua jawaban, yaitu:

1. Rasa cinta terhadap tanah kelahirannya

Kecintaan ini membuat mereka (orang Sunda) enggan meninggalkan kapung halaman. Artinya orang Sunda lebih senang menetap di daerah khususnya Kota Bandung yang hari ini menjadi ibukota dari provinsi Jawa Barat. Jumlah keramaian warga Jawa Barat bisa dibilang tidak kalah dengan daerah DKI Jakarta yang dikenal sebagai ibukota Indonesia.

2. Karena Tujuan Merantau Sejatinya adalah Pulau Jawa

Ada yang membantah bahwa orang – orang Sunda tidaklah seperti yang dituduhkan. Orang Sunda sejatinya adalah perantau hanya saja untuk di negara kesatuan republik Indonesia (NKRI) tempat perantauan orang Indonesia adalah pulau Jawa di mana kalau tidak orang merantau ke Bandung ya ke Jakarta. Di kedua wilayah ini sangat banyak dijumpai orang Sunda. Itu alasan mereka kenapa pula orang Sunda tidak meninggalkan daerahnya untuk Merantau.

Baca: Adat Istiadat Suku Sunda

Loading...

Hanya saja yang di bicarakan di publik adalah kenapa orang Sunda tidak melakukan yang dilakukan oleh suku Jawa yaitu merantau ke luar pulau Jawa. Nah inilah yang menjadi pertanyaan. Kalaupun Anda mereka sebagai transmigrasi atau karena dinas atau terpaksa ikut suami keluar daerah.

Jumlah perantau yang besar adalah suku Jawa di mana beberapa daerah yang dulunya bukan basis Jawa kini menjadi mayoritas Jawa itu sendiri Ini contoh di kota Medan yang hari ini hampir 70% warga Medan suku Jawa.

Sementara untuk merantau ke luar negeri jumlah orang Sunda cukup diperhitungkan jumlahnya, berbanding dengan suku Jawa dan suku Madura. Artinya merantau jika tidak hanya dibatasi pada wilayah Indonesia saja maka tidaklah benar mengklaim bahwa suku Sunda tidak suka merantau.

Loading...

Leave a Reply