6 Alat Musik Tradisional Khas Batak Toba, Gambar dan Fungsinya

Posted on

Anda sedang cari informasi alat musik tradisional khas Batak Toba, gambar dan fungsinya? Atau Anda sedang cari kesenian musik yang berhubungan dengan Batak Toba? Anda sudah cari kemana – mana dan tidak menemukannya. Di artikel ini Anda akan menemukan apa yang Anda cari terkait dengan seni musik Batak Toba dalam hal alat musiknya.

Batak Toba adalah suku yang menjadi bagian dari propinsi Sumatera Utara (Sumut). Suku ini sangat berdekatan dengan suku Simalungun yang letak geografisnya bersebelahan. Dianggap wajar jika ada beberapa alat musik yang persis sama antara alat musik Batak Toba dengan alat musik Simalungun. Namun jika ditelusuri lebih jauh, akan dijumpai perbedaan yang sangat mendasar pula.

Tapi pada kesempatan ini kita tidak membahas lebih jauh tentang perbedaan alat musik, dilain waktu akan mungkin akan dibahas. Pada artikel alat musik batak Toba ini, kami akan perkenalkan satu persatu nama -namanya. Bisa saja sebagai warga Indonesia tidak mengetahui semuanya. Disebabkan beda suku atau letak tempat tinggal yang jauh.

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa suku Batak Toba mempunyai keunikan tersendiri. Apa saja itu?

Nama Toba Disematkan ke Danau

Ya, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Danau Toba. Sebuah danau terbesar se Asia dan menjadi destinasi wisata internasional. Banyak wisatawan asing yang datang kemari. Nah, pada nama danau tersebut disematkan kata “Toba”. Seolah memberikan kesan bahwa Danau tersebut adalah Danau milik suku Toba.  

Daerahnya Subur

Sebagian besar warga suku Toba adalah petani. Faktornya daerah Toba memang subur dan berbagai tanaman sayur mayur bisa tumbuh dengan mudahnya. Tentu saja, ini menjadi daya tarik selain pesana Danau Toba itu sendiri.

Loading...

Baca juga: Alat Musik suku Nias  

Begitu juga sempat ada film berjudul “Toba Dream” yang diproduksi oleh sutradara asli Indonesia. Film ini banyak disukai karena khas sekali dengan kearifan lokal di Toba. Anda bisa browsing di komunikasi daring untuk informasi lebih jauh.

Kembali kepada topik judul artikel ini, berikut adalah daftar nama – nama alat musik Batak Toba yang penting untuk diketahui.  

1. Hasapi

Hasapi Batak Toba (Silontong.com)

Hasapi adalah tergolong ke dalam instrument Chordofone bersenar dua (media bunyinya berasal dari dawai yang bergetar), lute (instrument berleher), dimainkan dengan cara dipetik (plucked) menggunakan alat bantu pick (zaman dulu terbuat dari tanduk kerbau, sekarang digantikan oleh pick gitar). Hasapi terbagi dua jenis yaitu Hasapi Ende / Indung (Hasapi yang berfungsi sebagai pembawa melodi; biasanya bentuknya lebih besar) dan Hasapi Doal (Hasapi yang berfungsi sebagai peniru bunyi gong dan memainkan ritem; biasanya bentuknya lebih kecil dari hasapi ende).

2. Hesek

Hesek termasuk dalam klasifikasi alat musik idiophone. Alat musik ini terbuat dari bahan pecahan logam atau besi yang terkadang dipukul dengan botol kosong. Hesek memiliki peran sebagai instrumen pembawa tempo dalam kesenian musik batak toba.

3. Odap

Odap (Mantabz.com)

Alat musik dari Batak Toba selanjutnya adalah Odap. Odap adalah berupa gendang yang memiliki dua sisi sebagai pembawa ritem variable. Alat musik ini terbuat dari bahan kayu nangka dan kulit lembu serta tali pengikatnya yang terbuat dari rotan. Odap memiliki ukuran  tingginya lebih kurang 34 –37 cm dengan diameter membran sisi satu 26 cm, dan diameter membran sisi 2 lebih kurang 12 –14 cm.

Loading...

Odap terklasifikasi sebagai instrumen yang termasuk dalam golongan membranophone. Cara memainkannya adalah, bagian gendang dijepit dengan kaki, lalu dipukul dengan alat pemukul. Instrument ini biasanya dimainkan untuk lagu-lagu tertentu dalam gondang sabangunan yang sering digunakan ketika pawai.

4. Sarune Bolon

Sarune Bolon (Facebook)

Alat musik ini biasanya digunakan dalam ensambel musik paling besar yaitu gondang bolon. Sarune Bolon merupakan jenis alat musik tiup yang paling besar pada alat musik tradisional suku batak toba. Tehnik bermain alat musik ini adalah dengan menggunakan istilah marsiulak hosa, yang artinya seorang pemain.

Dalam sebuah ensambel musik, sarune bolon memiliki fungsi sebagai pembawa melodi utama. Pemain alat musik sarune bolon disebut “parsarune”. Dalam memainkan Sarune dapat ditiup tanpa putus-putus dengan mengatur pernapasan, sambil menghirup udara kembali lewat hidung sembari meniup Sarune.

5. Gondang

Gondang (obatak)

Gondang terdiri dari 6 hingga 9 gendang yang disusun secara berurutan mulai yang terkecil hingga yang paling besar. Alat musik ini terbuat dari bahan kayu yang salah satu bagian sisinya dilapisi oleh kulit binatang lembu ataupun kerbau.

Pada setiap gendang akan terdapat ukiran yang berbeda beda antara satu dan yang lainnya. Susunan dari alat musik ini adalah yang terkecil disebelah kiri hingga yang terbesar disebelah kanan untuk mendapatkan irama yang pas saat dimainkan. Alat musik i ni biasanya dimainkan dalam upacara-upacara adat suku batak toba

6. Ihutan

Ihutan adalah sebuah alat musik tradisional Batak Toba yang sejenis dengan gung. Ihutan biasanya digunakan bersamaan dengan 3 (tiga) gung berpencu lainnya dalam satu ensambel musik tradisional Batak Toba. Perbedaan dari ihutan dan jenis gung lainnya adalah bunyi dan tehnik memainkannya.

Loading...

Ihutan memiliki ukurn diameter 31 cm, dengan diameter pencu sekitar 11 cm dan tebal sekitar 8 cm. Ritme dari alat musik Ihutan ini adalah konstan dan bersahut-sahutan dengan gung oloan. Gung ini biasanya dimainkan dengan menggunakan satu stick yang terbuat dari kayu yang dibalut oleh kain ataupun karet.

Baca juga: Alat Musik Tradisional Suku Karo

Seringnya alat musik Toba di mainkan pada acara adat yang dihadiri oleh lapisan masyarakat, mulai dari rakyat biasa, tokoh adat sampai dari unsur pemerintah. Ada pula yang digelar guna di fungsikan untuk menghibur wisatawan yang datang ke Danau Toba. Sebagian wisatawan biasanya ada yang simpatik dan mau belajar untuk memainkan alat musiknya. Dan ini menjadi nilai jual tersendiri dalah hal promosi destinasi wisata yang ada di Danau Toba. Melakukan perawatan dengan baik terhadap kesenian musik Batak Toba menjadi kerjaan yang penting disaat animo masyarakat internasional simpatik. Selain menjaga, mensosialisasikan pun jadi pekerjaan yang tidak kalah pentignya juga.    

Itulah beberapa alat musik tradisonal khas Batak Toba. Masih ada lagi sebenarnya nama alat musik lainnya. Karena keterbatasan waktu, kami sampaikan saja seperti ini dahulu dan dilain waktu akan kami perbaharui atau tambahkan sesuai dengan situasi dan kondisi. Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman – teman Anda yang ada di media sosial (medsos) agar mereka juga merasakan manfaat yang Anda rasakan.

Saran kami untuk menambah wawasan, silahkan baca artikel kami yang berjudul upacara adat Sumatera Utara dan tarian tradisional Sumatera Utara yang sudah kamui publikasikan beberapa waktu yang lalu.    

Loading...
Loading...

Leave a Reply