Mau Tau 11 Adat Istiadat Suku Sunda, Ini Gambar dan Keteranganya

Posted on

Kumaha Damang? Itu adalah bahasa Sunda dan 11 Adat Istiadat Suku Sunda berikut ini akan membawa kamu lebih dalam mengenali bagaimana adat istiadat suku neng geulis ini. Ngomong-ngomong tentang sunda nih terkenal lho dengan para wanita nya yang cantik-cantik dan ngomongnya lemah lembut khas Sunda. Karena memang budaya atau adat istiadat Sunda memang begitu apalagi yang masih di daerah pedesaan.

Oleh karena itu jika kamu berniat ingin mempersunting gadis sunda atau ingin memiliki pasangan orang Sunda jangan lewatkan artikel berkikut ini karena sangat penting buat kamu. Bandung merupakan kota dimana Suku Sunda telah mendiami kota ini sejak ratusan tahun lalu atau bisa di bilang Sunda memang berasal dari Bandung Jawa Barat. Seperti Batak dari Medan, atau Suku Melayu dari Sumatera dengan  adat Istiadat suku Melayu yang sudah di bahas di artikel sebelumnya.

Berikut 11 adat istiadat suku Sunda yang perlu anda ketahui :

1. Humoris

phinemo.com

Orang sunda memang dikenal dengan gaya yang humoris dan akrab. Masyarakat sunda juga memiliki keunikan dalam berekspresi, Ketika dalam keadaan marah masih bisa menyampaikan kemarahannya dengan gaya yang humoris. Tak heran gaya humor masyarakat sunda ini menjadi ciri khas yang melekat pada orang-orang sunda.

2. Penambahan Kata “Teh” dan “Mah”

salamadian.com

Ada penyisipan kata dalam kalimat yang disampaikan merupakan kebiasaan orang Sunda. Kata itu adalah “Teh” dan “Mah”. Gaya bahasa dengan menambahkan kata tambahan ini menjadikan orang sunda memiliki keakraban dan begitu merendah dalam pergaulan sehari-hari.

3. Tidak Suka Merantau

bistro.com

Semangat untuk memajukan daerahnya sendiri memang menjadi prinsip bagi mayoritas orang Sunda. Dengan kreatifitas yang mereka miliki, maka wajar saja jika orang Sunda memiliki kemampuan untuk memajukan daerahnya sendiri. Namun ada juga  yang menyatakan mereka tidak suka dengan merantau, beda dengan masyarakat Minang.

Loading...

4. Hubungan Persaudaraan Mengacu Kepada Islam

Instagram@ashanty_ash

Masyarakat Sunda sangat identik dengan ajaran agama Islam. Hal itu terlihat dari konsep atau sistem kekeluargaan yang mereka terapkan didalam kehidupan. Sistem keluarga dalam suku Sunda bersifat bilateral, garis keturunan ditarik dari pihak bapak dan ibu. Yang menjadi kepala keluarga adalah Bapak.

5. Kreatif Menjadi Gaya Hidup

Suku Sunda Kreatif via mytrip123.com

Orang Sunda memiliki kemampuan mengubah apa saja menjadi sesuatu hal yang menarik dan bisa memiliki nilai ekonomis. Tak heran jika jawabarat khususnya kota bandung mendapat gelar paris van java, hal ini karna memang bandung dielukan sebagai pusat dari perkembangan mode di indonesia. Jika Anda berkunjung ke Bandung, maka akan banyak ditemukan model tas dan pakaian yang unik dan memiliki nilai inovasi yang tinggi.

6. Adat Seren Taun

Seren Taun via jawapos.com

Upacara adat  Seren Taun merupakan suatu kebiasaan adat khas tradisional Jawa Barat dimana masyarakat  mengangkut padi (ngangkut pare) dari sawah ke leuit (lumbung padi) dengan menggunakan pikulan khusus yang disebut rengkong dengan diiringi tabuhan musik tradisional. Lalu diadakan riungan (pertemuan) antara sesepuh adat/pemuka masyarakat dengan para pejabat pemerintah setempat.

Upacara Seren Taun dilakukan dengan membawa hasil tani sebagai bentuk syukur kepada Tuhan. Kehadiran pejabat setempat adalah untuk menyampaikan berita gembira mengenai keberhasilan panen padi (hasil tani) dan kesejahteraan masyarakat yang dicapai dalam kurun waktu yang telah dilalui.

7. Masak Sendiri Dan Makan Bersama

Papahare/ Papadangan via Inspirilo.com

Pada masyarakat Sunda dikenal sebuah istilah Papahare/ Papadangan: secara harafiah dapat diterjemahkan sebagai makan masakan sendiri secara bersama-sama di suatu tempat. Makan bareng ini umumnya dilakukan bersama keluarga, sahabat maupun tetangga. Suasana semakin rame jika diiringi oleh musik tradisional. kegiatan inilah yang membuat ikatan kekeluargaan, persahabatan semakin erat.

8. Tingkeban Untuk Ibu Hamil

Tingkeban via hadiakmallubis.gurusiana.id

Tingkeban berasal dari kata Tingkeb yang artinya “tutup”, maksudnya sang ibu yang sedang mengandung selama 7 bulan tidak boleh bercampur dengan suaminya hingga empat puluh hari sesudah persalinan dan sebagai tanda agar sang ibu tidak bekerja terlalu berat karena bayi yang dikandung sudah besar. Upacara ini akan dilakukan ketika  kehamilan sudah mencapai 7 bulan, maka biasanya di masyarakat Sunda akan dilakukan upacara yang bernama Tingkeban. Menurut keyakinan suku Sunda, kebiasaan memiliki tujuan sebagai bentuk permohonan atas keselamatan bagi sang bayi dan ibu yang melahirkan. Alasan melakukan hal ini disebabkan karena ingin menghindari segala hal buruk yang tidak diinginkan selama masa kehamilan.

Loading...

9. Pesta Laut

Pesta Laut via rijalsenjaya.blogspot.com

Masyarakat jawabarat banyak yang berpropesi sebagai nelayan. Masyarakat suku sunda sendiri sebagian besarnya berpenghasilan dengan mencari ikan dilaut. Hal ini menyebabkan mereka sangat perhatian dengan laut. Mereka pun selalu memelihara laut agar memberikan manfaat kepada nelayan dengan hasil tangkapan ikan yang banyak. Pesta laut adalah bentuk doa dan syukur masyarakat sunda atas hasil laut yang mereka dapat.

10. Sunatan dan Sepitan

Sunatan dan Sepitan via panglimatipurwakarta.wordpress.com

Upacara sunatan/khitanan merupakan hal yang wajib dilakuakn bagi umat Islam. Memang masyarakat sunda dikenal dengan masyarakat yang kehidupan nya banyak terpengaruh oleh ajaran islam.  Pada kepercayaan agama Islam, seorang anak yang telah melaksanakan ritual sunatan berarti telah melaksanakan salah satu syarat sebagai umat Islam. Sedangkan untuk kaum wanita bernama upacara Sepitan dilaksanakan pada saat anak itu berusia bayi agar tidak malu.

11. Menyapa Dengan Nada Romantis

tamanbahasa.com

Bukan dalam hubungan percintaan saja nuansa romantis diterapkan. Dalam hal menyapa siapa saja, orang Sunda memang diakui berbeda dengan yang lain dan khas. Inilah pula yang bisa membuat betah para pengunjung yang datang di tanah Sunda. Baik orang dari dalam negeri dan luar negeri. Meski tidak dengan kata-kata yang menggambarkan romantisme namun orang sunda memiliki gaya menyapa yang meninggalkan kesan kedekatan dengan orang yang disapanya.

Sangat sopan dan saling menghormati bukan? Itulah indahnya adat ketimuran kita, selain itu juga kebudayaan dan adat istiadat suku Sunda juga memiliki beragam keunikan seperti makanan tradisional dan pakaian tradisional mereka. Secara geografis memang Bandung atau puncak merupakan daerah yang dingin dan oleh sebab itu banyak penduduk yang ada di Bandung juga berprofesi sebagai petani khusus yang menanam buah atau sayur yang hanya bisa di tanam di daerah dingin.

Namun tidak semua suku Sunda itu merupakan petani, terbukti banyak juga mereka yang berprofesi sebagai wiraswasta yang sukses. Bisa kita lihat di kota Bandung dengan banyaknya industri kreatif yang tumbuh di sana. Hal ini tentu sangat bagus dan perlu di contoh oleh daerah lainnya di Indonesia. Sehingga negara kita bisa semakin maju dan bersaing. Hal ini membuktikan kalau orang Indonesia memang di akui oleh negara lain.

Selain 11 adat istiadat suku Sunda tadi masih banyak juga hal lain yang bisa kita pelajari dari suku Sunda seperti makanan tradisional dan juga pakaian tradisional mereka. Juga dengan berbagai tradisi budaya Sunda yang sangat memperkaya keanekaragaman budaya di tanah air. Demikianlah silahkan anda share dan bagikan ya..

Loading...

Loading...

Leave a Reply